Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "Anjar Dwi Wahyuni"

Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
  • No Thumbnail Available
    Item
    Analisis Kemampuan Numerasi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada High Self-Efficacy Siswa SMP
    (Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-08) Anjar Dwi Wahyuni
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa yang memiliki high self-efficacy dalam menyelesaikan masalah matematika pada skala tingkatan kemampuan numerasi dari level 1 sampai level 6. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengidentifikasi bagaimana self-efficacy berperan pada kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, mulai dari penguasaan konsep dasar hingga penerapan dalam situasi yang kompleks. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP di Purworejo tahun pelajaran 2023/2024. Teknik pengambilan subjek yang digunakan yaitu purposive sampling, subjek yang diambil adalah 4 subjek dari 7 calon subjek. Instrumen yang digunakan berupa angket self-efficacy, lembar tes, dan lembar wawancara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angekt, tes, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif menggunakan reduksi data dengan triangulasi teknik, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki high self-efficacy mampu mengidentifikasi informasi pada masalah matematika dan menyelesaikannya menggunakan pengetahuan matematika maupun menggunakan prosedur rutin. Hal ini masuk dalam skala tingkatan kemampuan numerasi level 1 dan level 2, namun siswa tidak mampu menentukan strategi pemecahan masalah matematika mengenai persentase, pecahan, angka desimal, model matematika, dan representasi simbolik yang termasuk skala tingkatan kemampuan numerasi level 3 sampai level 6. Hasil penelitian sesuai dengan temuan PISA yang menunjukkan sebagian besar siswa Indonesia hanya mencapai level 2 dalam kemampuan numerasi.

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback