Browsing by Author "Dwi Wiranti"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemANALISIS KEMAMPUANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KOLB(PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO, 2023-12-22) Dwi WirantiPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar kolb. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Purworejo sebanyak 32 siswa. Dari 32 subjek penelitian dipilih 2 subjek dari masing-masing gaya belajar kolb (diverger, asimilator, konverger, dan akomodator). Instrumen penlitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes uraian, dan wawancara. Angket digunakan untuk mengelompokkan subjek menjadi 4 kelompok tipe gaya belajar, tes uraian digunakan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis, dan wawancara digunakan untuk memperkuat hasil jawaban tes uraian subjek. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukakan bahwa setiap tipe gaya belajar memiliki kamampuan komunikasi matematis yang berbeda-beda pada materi bangun ruang. Siswa dengan tipe gaya belajar akomodator lebih dominan dalam menguasai semua aspek kemampuan komunikasi matematis, siswa tipe gaya belajar diverger menguasai satu aspek kemampuan komunikasi matematis, sedangkan tipe gaya belajar asimilator dan konverger menguasai dua aspek kemampuan komunikasi matematis, yaitu (i) kemampuan menyataka ide-ide matematis berupa informasi yang diketahui, ditanyakan serta mengggambarkan ilustrasi bangun ruang dalam soal dominan dikuasai oleh siswa tipe gaya belajar diverger, asimilator, dan akomdator, (ii) kemampuan menginterpretasikan dan mengevaluasi ide-ide matematis berupa rumus volume bangun ruang dominan dikuasai oleh siswa tipe gaya belajar asimilator, konverger dan akomdator, dan (iii) kemampuan menggunakan istilah-istilah dan simbol-simbol matematika untuk memodelkan rumus volume bangun ruang yang digunakan dominan dikuasai oleh siswa tipe gaya belajar konverger dan akomdator.