Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "Fathin Hidayati"

Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
  • No Thumbnail Available
    Item
    Analisis Kesulitan Murid Dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Polya Materi Operasi Hitung Pada Bilangan Cacah Kelas V SDN 1 Mranti
    (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-02-20) Fathin Hidayati
    Penelitian ini bertujuan untuk analisis kesulitan murid dalam mengerjakan soal cerita matematika berdasarkan polya materi operasi hitung pada bilangan cacah kelas V SDN 1 Mranti. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian yaitu murid kelas V SD Negeri 1 Mranti tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 23 murid. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan. Data yang diperoleh adalah kesulitan memahami masalah, kesulitan menyusun rencana, kesulitan melaksanakan rencana, dan kesulitan memeriksa kembali. Analisis data menggunakan dengan triangulasi teknik guna mendapatkan data hasil penelitian yang akan dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan data kesimpulan. Hasil penelitian dari data yang telah diambil pada saat observasi dan wawancara menunjukkan bahwa SDN 1 Mranti kesulitan murid terdapat pada langkah kesulitan memahami masalah, kesulitan menyusun rencana, kesulitan melaksanakan rencana, kesulitan memeriksa kembali. Murid mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi informasi penting dan memahami konteks soal cerita. Pada langkah merencanakan, murid kurang mampu menentukan strategi penyelesaian yang tepat. Penyebab kesulitan meliputi kurangnya pemahaman konsep dasar, kemampuan membaca yang rendah, dan minimnya latihan soal cerita. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar guru memberikan pembelajaran berbasis strategi Polya secara urut, meningkatkan latihan soal cerita, serta memberikan pendampingan kepada murid yang mengalami kesulitan.

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback