Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "Gigih Anggita."

Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
  • No Thumbnail Available
    Item
    engembangan E-Modul Collaborative Teamwork Learning Berbantuan Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik
    (PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO, 2023-09-11) Gigih Anggita.
    Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan yang ditinjau dari aspek valid, praktis, dan efektif dari e-modul CTL berbantuan Flip PDF Professional yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian ADDIE yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Purworejo dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 5 peserta didik dan pada tahap penerapan berjumlah 71 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket keterampilan kolaborasi, lembar keterlaksanaan modul ajar, lembar observasi keterampilan kolaborasi, dan angket respon peserta didik. Hasil pembahasan yaitu: 1) Validitas e-modul CTL berbantuan Flip PDF Professional yang dilihat dari dua validator memperoleh nilai rata-rata Aiken V sebesar 0,89 dengan kategori valid oleh ahli materi dan 0,88 dengan kategori valid oleh ahli media. Sehingga dapat dikatakan valid dan dapat digunakan untuk uji coba terbatas dan tahap penerapan. 2) Kepraktisan e-modul CTL berbantuan Flip PDF Professional dapat dilihat dari lembar keterlaksanaan modul ajar, lembar observasi keterampilan kolaborasi, dan angket respon peserta didik memperoleh rata-rata persentase dengan kategori sangat praktis dan reliabilitas secara keseluruhan termasuk kategori reliabel. 3) Keefektifan e-modul CTL berbantuan Flip PDF Professional dapat dilihat dari peningkatan keterampilan kolaborasi yang memperoleh skor N-gain sebesar 0,68 yang termasuk signifikan dalam kategori sedang. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa e-modul CTL berbantuan Flip PDF Professional yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik.

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback