Browsing by Author "Gisra Putri Prasasti"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemAnalisis Numerasi Siswa SMP pada Tipe Kepribadian Keirsey(PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO, 2023-08-13) Gisra Putri PrasastiTujuan penelitian untuk menganalisis kemampuan numerasi pada tipe kepribadian keirsey siswa SMP, mengetahui level 1 hingga 6 numerasi sesuai PISA dan mengetahui numerasi dalam merumuskan, menerapkan, serta menafsirkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini yaitu kelas VIII D SMP Negeri 1 Purworejo diambil dari siswa yang memenuhi Tes Keirsey Temparement Sorter (KTS) dan nilai PTS Matematika Semester 2 lebih dari 80 yaitu 2 siswa dari masing masing tipe kepribadian keirsey. Teknik pengambilan subjek menggunakan purposive sampling. Teknik pengambilan data yaitu tes tertulis dan wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dengan membandingkan data lembar jawab dengan wawancara. Analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa artisan mampu memenuhi hingga level numerasi 4 dan memiliki ciri khas dalam mengerjakan soal numerasi dengan tergesa-gesa serta aktif bertanya terkait soal numerasi. Pada siswa guardian mampu memenuhi hingga level numerasi 4 dan memiliki ciri khas mengerjakan dengan struktur yang teratur dan terorganisir. Pada siswa rational mampu memenuhi semua 6 level numerasi dan memiliki ciri khas mengerjakan dengan secara acak sangat aktif dalam menjelaskan hasil pemikirannya secara detail. Pada siswa idealist mampu memenuhi semua 6 level numerasi dan memiliki ciri khas mengerjakan dengan sikap yang tenang dan kreatif saat menafsirkan hasil jawaban numerasi. Dalam penelitian ini siswa termasuk kategori sedang dan tinggi dalam mengerjakan soal level numerasi baik dalam merumuskan, menerapkan, serta menafsirkan soal numerasi, sehingga yang di kategori sedang perlu latihan soal numerasi yang lebih.