Browsing by Author "Ima Fitri Yani"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemAnalisis Kesulitan Belajar Geometri Materi Bangun Datar pada Siswa SMP(PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO, 2023-12-23) Ima Fitri YaniKesulitan belajar geometri adalah suatu kondisi dimana siswa tidak dapat belajar secara wajar dan mengalami kelambatan dalam proses belajar khususnya pada materi geometri, kondisi tersebut disebabkan karena adanya masalah- masalah yang dialami siswa yang menghambat proses belajar sehingga tidak dapat belajar sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengetahui kesulitan belajar geometri yang dialami siswa SMP Ma’arif Kalibawang khususnya materi bangun datar dan mengetahui faktor penyebabnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dengan menggunakan purposive. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Ma’arif Kalibawang yang sudah memperoleh materi bangun datar, dan terpilih 2 siswa dengan kategori nilai di atas KKM dan 2 siswa dengan kategori nilai di bawah KKM. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan (1) mereduksi data (2) penyajian data (3) verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian dengan kategori nilai di atas KKM mengalami (1) Permasalahan pada penggunaan prosedur dan konsep (2) Miskonsepsi terhadap proses penyelesaian soal bangun datar yang bentuknya soal cerita (3) Lemahnya koneksi dan penalaran dalam geometri. Kemudian subjek dengan kategori nilai di bawah KKM mengalami (1) Permasalahan pada penggunaan prosedur, konsep, dan prinsip (2) Permasalahan persepsi dalam memahami jenis-jenis bangun datar (3) Permasalahan penggunaan deduktif aksiomatif (4) Lemahnya koneksi dan penalaran dalam geometri. Adapun faktor internal yang menyebabkan kesulitan belajar geometri siswa terdiri dari minat dan bakat siswa terhadap pembelajaran, serta faktor intelegensi pada siswa itu sendiri. Sedangkan faktor eksternal meliputi faktor keluarga, kualitas pembelajaran, fasilitas/sarana dan prasarana serta metode pembelajaran yang diterapkan.