Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "Ulfa Nurvitasari"

Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
  • No Thumbnail Available
    Item
    Pengembangan E-Modul Interaktif dengan Pendekatan CTL Berbasis Kearifan Lokal Kelas V Tema 6 Panas dan Perpindahannya
    (PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO, 2022-11-02) Ulfa Nurvitasari
    Penelitian Pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan E-Modul Interaktif dengan Pendekatan CTL Berbasis Kearifan Lokal Kelas V Tema 6 Panas dan Perpindahannya (2) Mengetahui Kelayakan E- Modul Interaktif dengan Pendekatan CTL Berbasis Kearifan Lokal Kelas V Tema 6 Panas dan Perpindahannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, desain penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kledungkradenan tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar angket respon peserta didik, lembar keterlaksanaan pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan: (1) E-Modul Interaktif dengan Pendekatan CTL Berbasis Kearifan Lokal Kelas V Tema 6 Panas dan Perpindahannya. (2) Kelayakan E-Modul Interaktif dengan Pendekatan CTL Berbasis Kearifan Lokal Kelas V Tema 6 Panas dan Perpindahannya yang dapat dilihat berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Pada aspek kevalidan dilakukan dengan validasi dosen dan guru mendapatkan rata-rata persentase 94,2%. Hasil keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan I oleh observer I dan observer II mendapatkan rata-rata persentase 95,2% dan pada pertemuan II oleh observer I dan observer II mendapatkan rata-rata persentase sebesar 96,8%. Dilihat dari persentase hasil respon peserta didik dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran E-Modul Interaktif dengan Pendekatan CTL Berbasis Kearifan Lokal Kelas V Tema 6 Panas dan Perpindahannya mendapatkan kriteria sangat praktis. Keefektifan e-modul dilihat dari ketuntasan hasil belajar diperoleh persentase sebesar 91,7% dengan kategori tuntas sehingga E-Modul Interaktif dengan Pendekatan CTL Berbasis Kearifan Lokal Kelas V Tema 6 Panas dan Perpindahannya dinyatakan efektif untuk digunakan dalam sebuah pembelajaran.

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback