Student Papers (SP)
Permanent URI for this community
Browse
Browsing Student Papers (SP) by Author "Abdul Rasyid"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemPenerapan model pembelajaran think talk write untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menuls teks berita pada kelas XI SMK Pembaharuan Purworejo(Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025) Abdul RasyidPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi (1) proses pembelajaran menulis teks berita dengan metode Think Talk Write (TTW) terhadap siswa kelas XI SMK Pembaharuan Purworejo, (2) pengaruh pembelajaran menulis teks berita dengan metode Think Talk Write (TTW) terhadap siswa kelas XI SMK Pembaharuan Purworejo, (3) peningkatan keterampilan menulis teks berita pada Siswa kelas XI SMK Fembaharuan Purworejo sesudah mengikuti pembelajaran menulis teks berita dengan metode Think Talk Write Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Pembaharuan Purworejo sebanyak 21 siswa. Tahap pengumpulan data menggunakan instrumen pengumpulan data berupa instrumen tes kemampuan menulis teks berita dan instrumen nontes pengaruh metode Think Talk Write. Dalam teknik analisis data digunakan teknik kuantitatif dan kualitatif Pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) triangulasi sumber data, (2) triangulasi metode, dan (3) triangulasi teori. Penyajian data dilakukan dengan teknik informal. Dalam teknik penyajian hasil analisis, penulis menggunakan teknik gabungan antara informal dan formal. Dari hasıl analisis data disimpulkan proses pembelajaran menulis teks berita menggunakan metode Think Talk Write antara lain pembagian kelompok secara acak, penejalasan materi teks berita dan tugas kelompok, setiap kelompok tugas secara kooperatif, dan masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. Pengaruh belajar siswa dalam pembelajaran menulis teks berita menjadi lebih baik dengan metode Think Talk Write, dilihat dari hasil pengamatan siklus I ke siklus II Pada aspek tanggung jawab siswa sebanyak 12 siswa atau 57.14% menjadi 17 siswa atau 80,95%. Aspek keaktifan siswa sebnayak 12 siswa atau 57,14% menjadi 15 siswa atau 71.42 Aspek perhatian siswa dalam proses pembelajaran sebanyak 11 siswa 52% menjadi 18 siswa atau 85.71. Peningkatan kemampuan menulis teks berita dapat dilihat dari hasil tes siswa pada prasiklus dengan rerata tes mencapai 62,9, siklus I meningkat menjadi 73,1, dan siklus II meningkat menjadi 80,0. Jumlah ketuntasan nilai siswa pada prasiklus terbilang rendah yaitu satu orang dari 21 siswa, pada siklus I meningkat menjadi 10 siswa, dan siklus II tuntas keseluruhan. Berdasarkan indikator ketercapaian keberhasilan siswa telah mencapai lebih dari 75% siswa yang mendapat nilai 75 yang pada kenyataanya jumlah ketuntasan pada siklus II mencapai keseluruhan sehingga tidak dilanjutkan pada tindakan siklus III.