Repository logo
  • English
  • Catalร 
  • ฤŒeลกtina
  • Deutsch
  • Espaรฑol
  • Franรงais
  • Gร idhlig
  • Latvieลกu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Portuguรชs
  • Portuguรชs do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Tรผrkรงe
  • าšะฐะทะฐา›
  • เฆฌเฆพเฆ‚เฆฒเฆพ
  • เคนเคฟเค‚เคฆเฅ€
  • ฮ•ฮปฮปฮทฮฝฮนฮบฮฌ
  • Yะบั€ะฐั—ฬะฝััŒะบะฐ
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Catalร 
  • ฤŒeลกtina
  • Deutsch
  • Espaรฑol
  • Franรงais
  • Gร idhlig
  • Latvieลกu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Portuguรชs
  • Portuguรชs do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Tรผrkรงe
  • าšะฐะทะฐา›
  • เฆฌเฆพเฆ‚เฆฒเฆพ
  • เคนเคฟเค‚เคฆเฅ€
  • ฮ•ฮปฮปฮทฮฝฮนฮบฮฌ
  • Yะบั€ะฐั—ฬะฝััŒะบะฐ
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "Agus Setiyani"

Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
  • No Thumbnail Available
    Item
    "Eksperimen Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sadang"
    (Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-08-20) Agus Setiyani
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat setelah menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Laarning). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre-Experimental design yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol dengan desain One Group Pretest-posttest Design untuk mengetahui efek sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sadang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII C SMP Negeri 1 Sadang jumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Analisis data menggunakan paired sample t-test. Hasil perhitungan menunjukkan nilai rata-rata pemahaman konsep siswa sebelum perlakuan sebesar 41,7857 Sedangkan nilai rata-rata setelah perlakuan sebesar 69,2142. Sehingga diperoleh selisih rata-rata sebasar 27,4285. Berdasarkan hasil analisis statistika menggunakan Analysis tool pack diperoleh ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” = 11,2288 > 2,0518 = ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™, dengan taraf signifikansi ๐›ผ = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat setelah menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning).
  • No Thumbnail Available
    Item
    Eksperimen Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sadang
    (Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-08-20) Agus Setiyani
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat setelah menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Laarning). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre-Experimental design yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol dengan desain One Group Pretest-posttest Design untuk mengetahui efek sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sadang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII C SMP Negeri 1 Sadang jumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Analisis data menggunakan paired sample t-test. Hasil perhitungan menunjukkan nilai rata-rata pemahaman konsep siswa sebelum perlakuan sebesar 41,7857 Sedangkan nilai rata-rata setelah perlakuan sebesar 69,2142. Sehingga diperoleh selisih rata-rata sebasar 27,4285. Berdasarkan hasil analisis statistika menggunakan Analysis tool pack diperoleh ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” = 11,2288 > 2,0518 = ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™, dengan taraf signifikansi ๐›ผ = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat setelah menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning).

DSpace software copyright ยฉ 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback