Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VII A SMP Negeri 27 Purworejo Tahun Akademik 2022/2023

No Thumbnail Available
Date
2024-07-02
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, (1) pengaruh model project based learning terhadap motivasi belajar siswa, (2) pengaruh model project based learning terhadap keterampilan menulis surat dinas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 27 Purworejo. Sampel penelitian ini berupa kelas VII A (32 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII B (31 siswa) sebagai kelompok kontrol. Peneliti menguji kualitas instrumen sebelum menggunakan instrumen untuk lebih lanjut. Peneliti melakukan uji prasyarat analisis data untuk mengetahui data yang dikumpulkan berdistribusi normal (uji normalitas), homogen (uji homogenitas), dan ada tidaknya perbedaan yang signifikan (uji hipotesis). Dari hasil analisis data disimpulkan, (1) terdapat pengaruh model project based learning terhadap motivasi belajar siswa, dengan motivasi sebelum dan sesudah perlakuan mencapai skala 3 menjadi skala 4 dari 4 subvariabel, (2) terdapat pengaruh model project based learning terhadap keterampilan menulis surat dinas, dengan rata-rata kelompok kontrol pretest 71.032 < posttest 73.484 dan rata-rata kelompok eksperimen pretest 66.531 < posttest 75.281. Uji hipotesis Paired Sample T-Test memperoleh thitung (-7.517) > ttabel (-1.6955) dan nilai Sig-(2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05, maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Description
Keywords
Citation