Pengaruh Model Active Learning Tipe Peer Teaching dan Team Quiz Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siwa SMP.

No Thumbnail Available
Date
2023-08-03
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Abstract
ujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model active learning tipe peer teaching dan team quiz terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Kemampuan komunikasi matematis yang dimaksud yaitu komunikasi matematis lisan dan tulis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Purworejo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas yang digunakan sebagai sampel adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan dua metode yaitu tes dan dokumentasi. Metode tes dilakukan untuk memperoleh data kemampuan komunikasi matematis siswa setelah perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, data dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen dalah 83,563 dan kelas kontrol adalah 66,031. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa thitung = 6,543 > 1,960 = ttabel. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model model active learning tipe peer teaching dan team quiz terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model active learning tipe peer teaching dan team quiz lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model ekspositori, hal tersebut sesuai dengan nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis yang diperoleh.
Description
Keywords
Citation