Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dalam Soal Numerasi Pada Materi Himpunan Siswa SMP
No Thumbnail Available
Date
2024-08-05
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan memahami konsep sehingga siswa menguasai materi pembelajaran matematika dimana siswa tidak sekedar mengenal dan mengerti saja namun siswa dapat mengungkapkan kembali konsep serta mampu mengaplikasikannya menggunakan prosedur yang tepat. Kemampuan numerasi adalah kemampuan yang berkaitan dengan erat dengan pembelajaran matematika, yang merupakan sebuah ketrampilan siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari dengan mengaitkan konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil deskripsi dari tes kemampuan pemahaman konsep matematis dalam soal numerasi padamateri himpunan siswa SMP.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Aswaja Terpadu yang beralamat di Krungsung, Burat, Kepil, Wonosobo. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs Aswaja Terpadu sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Tes Pemahaman Konsep Matematis Dalam Soal Numerasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dalam Soal Numerasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji hipotesis.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan oleh peneliti, dari uji normalitas diperoleh 𝐿ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔=0,109 dimana 𝐿𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙=0,1591, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima. Hal ini berarti sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Dari uji hipotesis diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔= 3,120 dan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙=1,697, sehingga dapat disimpulkan bahwa 𝐻0 ditolak. Hal ini berarti hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis dalam soal numerasi lebih dari 70. Rata-rata dari nilai tes kemampuan pemahaman konsep matematis dalam soal numerasi adalah 74, 065, variansi = 52, 662, standar deviasi = 7, 257. Dari hasil rata-rata hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis sebesar 74, 065 maka hasil tes kemampuan pemahaman konsep berkategori “Baik”.