Analisis Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan SMP Kelas IX
No Thumbnail Available
Date
2024-09-02
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo
Abstract
Kemampuan numerasi adalah kemampuan menggunakan angka dan simbol dalam menganalisis informasi dengan menginterpretasi hasil analisis untuk mengambil keputusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaikan soal pola bilangan SMP kelas IX.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Bhakti Karya Gebang tahun pelajaran 2023/2024 dengan jumlah 6 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan subjek adalah teknik purposive sampling. Pemilihan subjek berdasarkan tingkat kemampuan matematika siswa dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes pola bilangan, lembar pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan numerasi siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampu memenuhi 3 indikator kemampuan numerasi yaitu menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari, mampu menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, diagram dan lain sebagainya), dan mampu menafsirkan hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan. (2) kemampuan numerasi siswa dengan kemampuan matematika sedang mampu memunculkan 2 indikator kemampuan numerasi yaitu menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari dan mampu menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, diagram dan lain sebagainya), (3) kemampuan numerasi siswa dengan kemampuan matematika rendah hanya mampu memunculkan 1 indikator kemampuan numerasi yaitu menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, diagram dan lain sebagainya).