“Pemerolehan Morfem Kompleks Anak Usia 4 Tahun si TK Az-Zahra Kedung Pomahan Kulon Tahun Ajaran 2024/2025 serta Relevansinya dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini
No Thumbnail Available
Date
2025-07-09
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Prodi Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Muhammadiyah Purworejo
Abstract
Yuliyanti, Aminah. 2025. “Pemerolehan Morfem Kompleks Anak Usia 4 Tahun
si TK Az-Zahra Kedung Pomahan Kulon Tahun Ajaran 2024/2025 serta
Relevansinya dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah
Purworejo.
Kemampuan berbahasa merupakan keterampilan persiapan yang paling
penting, karena di lingkungan TK anak-anak mulai belajar berkomunikasi,
berinteraksi, dan bersosialisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1)
pemerolehan morfem kompleks anak usia 4 tahun di TK Az-Zahra Kedung
Pomahan Kulon Tahun Ajaran 2024/2025, 2) pemerolehan kelas kata pada anak
usia 4 tahun di TK Az-Zahra Kedung Pomahan Kulon Tahun Ajaran 2024/2025,
dan 3) keterkaitan kajian psikolinguistik dalam pengembangan bahasa anak usia
dini. Adapun jenis penelitian yang digunakan termasuk kualitatif. Lokasi
penelitian ini di TK Az-Zahra Kedung Pomahan Kulon, Kec. Kemiri, Kab.
Purworejo. Instrumen penelitian yang digunakan diantaranya kartu pencatat data,
alat perekam, dan lembar observasi. Data diperoleh dari sampel 9 anak yang
berusia 4 tahun di TK Az-Zahra Kedung Pomahan Kulon. Populasi di TK AzZahra Kedung Pomahan Kulon sejumlah 24 anak. Teknik pengumpulan data
diantaranya meliputi observasi, wawancara, teknik rekam, dan teknik catat.
Selanjutnya, teknik analisis data penelitian ini berupa metode agih. Teknik
penyajian hasil analisis data disajikan menggunakan teknik informal. Hasil
penelitian ini di antaranya: 1) pemerolehan morfem kompleks pada anak usia 4
tahun di TK Az-Zahra Kedung Pomahan Kulon telah mengalami bentuk
penambahan, pengulangan, dan pemajemukan, selain itu, ditemukan bentuk ujaran
yang kurang tepat penggunaannya seperti penambahan afiks –in yang membuat
kata tersebut tidak baku dan bentuk infiks tidak ditemukan; 2) pemerolehan jenis
kelas kata yang didapatkan pada anak usia 4 tahun di TK Az-Zahra Kedung
Pomahan Kulon adalah verba sebanyak 52 kata, nomina 51 kata, adjektiva 2 kata,
adverbia 2 kata, dan numeralia 10 kata; 3) relevansi kajian psikolinguistik pada
pengembangan bahasa anak usia keterkaitannya pada pendidik, media
pembelajaran, dan KD. 4.11 Siswa dapat menunjukkan kemampuan berbahasa
ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan nonverbal). Selanjutnya,
peran penting kajian psikolinguistik pada pengembangan bahasa anak usia dini
adalah dengan mengetahui kemampuan berbahasa anak sejak awal dapat
memaksimalkan kemampuan berbahasa mereka yang mencakup kemampuan
mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Selain itu, dijadikan pertimbangan
dalam menentukan media pembelajaran yang disesuaikan dengan kognitif dan
kemampuan berbahasa anak.
Kata kunci: Pemerolehan bahasa, Morfem Kompleks, Anak Usia Dini