“Pengaruh Atribut Kredibilitas Influencer Media Sosial terhadap Purchase Intention The Originote yang Dimediasi oleh Brand Image (Studi pada Gen Z)
No Thumbnail Available
Date
2024-08-27
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Prodi. Manajemen Fak. Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo
Abstract
Penggunaan internet di Indonesia yang semakin meningkat sebanding dengan
banyaknya pengguna media sosial. Segala informasi akan mudah didapatkan melalui media
sosial bahkan dapat digunakan untuk strategi pemasaran dan jual beli. Gen Z adalah populasi
tertinggi yang menggunakan media sosial dan merupakan target pasar potensial yang memiliki
pengaruh terhadap purchase intention. Kegiatan promosi, sebagai bagian dari strategi
pemasaran, khususnya melalui media sosial membutuhkan influencer sebagai endorser.
Pemanfaatan iklan di media sosial yang menggunakan influencer banyak digunakan pebisnis
skincare strategi promosi yang tepat untuk produknya. Penelitian ini menggunakan objek The
Originote, karena The Originote merupakan skincare yang memiliki kandungan untuk
menyelesaikan permaslahan kulit namun dengan harga yang affordable. Penelitian ini
bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi atribut kredibilitas influencer
(attractive, expertise, trustworthy) sebagai variabel yang mempengarui purchase intention
dengan brand image sebagai mediasi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada
penelitian ini adalah responden yang mengetahui Tasya Farasya Influencer Media Sosial,
mengetahui produk The Originote dan usia Gen Z. Sampel yang digunakan dalam penelitian
ini sebanyak 150 responden, dengan Teknik purpose sampling. pengumpulan data
menggunakan kuesioner dan jawaban dinilai menggunakan skala likert. Analisis data yang
digunakan adalah SmartPLS dengan metode analisis SEM (Structural Equation Modeling).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa attractive, expertise, dan trustworthy
berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, attractive, expertise, dan
trustworthy berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image, brand image
berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, attractive, expertise, dan
trustworthy berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention yang dimediasi
oleh brand image, dalam hal ini berupa mediasi komplementer.