Browse
Recent Submissions
Now showing 1 - 5 of 437
- ItemPengaruh Diferensiasi Produk terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Rita Jamur Krispi di Purworejo)(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-09-22) Widhi KhairunissaMunculnya berbagai macam perusahaan yang bergerak dibidang kuliner khususnya pada usaha jamur krispi mengakibatkan adanya persaingan ketat diantara produsen jamur krispi untuk menjadi nomer satu. Diferensiasi Produk merupakan bagaimana produsen memberikan ciri khas tersendiri untuk produk yang ditawarkan agar memiliki perbedaan dari produk lain agar mampu menarik perhatian masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara: (1) Diferensiasi Produk terhadap Loyalitas Konsumen, (2) Diferensiasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen, (3) Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen, (4) Kepuasan Konsumen memediasi antara Diferensiasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang melakukan pembelian produk Rita Jamur Krispi di Purworejo. Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling, dan sampling yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan memilih sampel 150 responden konsumen Rita Jamur Krispi di Purworejo. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Instrument utama yang digunkaan untuk memperoleh data kuesioner masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas reliabilitas. Analisis data untuk penguhian hipotesis ini menggunakan hierarchical regression analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diferensiasi produk dan kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Selain itu kepuasan konsumen juga memediasi secara penuh (full mediated) untuk pengaruh diferensiasi produk terhadap loyalitas konsumen.
- ItemPengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja (Studi Pada Karyawan Bagian Produksi CV. Asa Putra Promosindo Kabupaten Purworejo)(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-12-20) Yuni SulistyowatiMotivasi kerja merupakan salah satu hal yang sangat penting di dalam sebuah perusahaan karena memiliki peranan bagi terciptannya kualitas sumber daya manusia. Faktor eksternal yang dapat mempengaruhi motivasi seseorang yaitu kondisi lingkungan kerja dan kompensasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kompensasi dan lingkungan kerja baik secara parsial maupun simultan terhadap motivasi kerja karyawan di CV. Asa Putra Promosindo Kabupaten Purworejo. Sampel penelitian berupa sampel sensus yang terdiri dari 138 karyawan CV. Asa Putra Promosindo Kabupaten Purworejo. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data penelitian menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 24.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja, lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja, dan kompensasi dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan secara simultan terhadap motivasi kerja
- ItemPengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Kebutuhan Mencari Variasi dan Word of Mouth terhadap Perpindahan Merek (Studi pada perpindahan merek skincare lain ke skincare MS Glow di Purworejo)(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-01-11) Wiwit WidyaningsihSekarang ini banyak merek produk skincare yang muncul dan bersaing di pasar sehingga konsumen memiliki beragam pilihan dan alternative produk skincare yang dapat memenuhi kebutuhannya. Seiring berjalannya waktu, brand baru bermunculan dan mencoba meneliti pangsa pasar skincare MS Glow. Pada penelitian ini peneliti memfokuskan penelitian pada konsumen yang berpindah merek dari skincare lain ke skincare MS Glow. Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen terhadap Perpindahan Merek, (2) Kebutuhan Mencari Variasi terhadap Perpindahan Merek, (3) Word of Mouth terhadap Perpindahan Merek. Objek Penelitian ini adalah skincare MS Glow. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang berpindah merek dari skincare lain ke skincare MS Glow di Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 responden. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrument pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ketidakpuasan konsumen, kebutuhan mencari variasi dan word of mouth secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek pada konsumen skincare lain yang berpindah ke skincare MS Glow di Purworejo. Dengan demikian, seluruh hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terbukti dan dapat diterima.
- ItemPengaruh Service Quality terhadap Customer Loyalty dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna J&T Express di Purworejo)(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-01-13) Umi SilfanaPerkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju membuat industri jasa semakin meningkat. Hal ini menyebabkan banyak persaingan diantara perusahaan jasa, salah satunya perusahaan jasa pengiriman barang. Adanya keluhan konsumen juga menjadikan persaingan dengan kompetitor lain semakin ketat. Oleh sebab itu perusahaan harus meningkatkan service quality yang tinggi. Akan tetapi tidak setiap konsumen memiliki penilaian yang sama pada service quality. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh (1) service quality terhadap customer loyalty (2) service quality terhadap customer satisfaction (3) customer satisfaction terhadap customer loyalty (4) service quality terhadap customer loyalty yang dimediasi customer satisfaction. Metode penelitian ini menggunakan kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan survei. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna J&T Express di Purworejo. Sampel penelitian ini berjumlah 125 responden. Pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Analisis data menggunakan hierarchical regression analysis dan sobel test. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan hierarchical regression analysis dapat disimpulkan bahwa: service quality dan customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty pada konsumen J&T Express di Purworejo, service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction pada konsumen J&T Express di Purworejo. Selain itu, customer satisfaction juga memediasi pengaruh service quality terhadap customer loyalty pada konsumen J&T Express di Purworejo. Dari hasil perhitungan sobel test menunjukkan bahwa secara tidak langsung service quality mempunyai pengaruh signifikan terhadap customer loyalty dengan dimediasi oleh customer satisfaction pada konsumen J&T Express di Purworejo.
- ItemPengaruh Penggunaan Celebrity Endorsement terhadap Brand Image Pada produk Honda (Studi Pada Konsumen Honda di Kebumen)(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2021-11-09) Sutomo Hendro SaputroPerkembangan perekonomian saat ini berjalan sangat pesat dengan dampak perkembangan teknologi, hal tersebut juga berjalan seiring dengan ketatnya persaingan dalam dunia kerja ataupun industri untuk mendapatkan penghasilan, terutama di bidang otomotif.Masyarakat Indonesia maupun dunia tak lepas dari kendaraan bermotor seperti halnya untuk bekerja maupun kegiatan sehari-hari, kendaraan bermotor sudah seperti sudah kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh (1) Trustworthiness terhadap brand image (2) Expertise terhadap brand image (3) Attractiveness terhadap brand image (4) Respect terhadap brand image (5) Similarity terhadap brand image Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen Honda di Kebumen dengan sampel penelitian berjumlah 120 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner melalui Google Form dengan menggunakan skala likert yang sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan metode analisis regresi linear berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Trustworthiness, Expertise, Attractiveness, Respect, Similarity berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Image.