Manajemen

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 5 of 135
  • Item
    Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Purchase intention Dimediasi Brand Awareness” (Studi pada Konsumen Skincare Kahf di Kabupaten Kebumen)
    (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-02-27) Akhmad Hozali
    Di era digital saat ini, persaingan di pasar perawatan diri semakin ketat. Banyaknya brand skincare yang ada dipasaran tersebut, tentunya akan mendorong perusahaan untuk mengubah dan mengembangkan strategi pemasaran. Berbagai strategi pemasaran yang dilakukan para pelaku usaha skincare seperti promosi berupa iklan, kerjasama dengan mengkontrak brand ambassador, dan sebagainya yang tentunya bertujuan agar masyarakat tertarik dan memiliki keinginan untuk membeli produk yang dipasarkan, atau dengan kata lain memiliki purchase intention. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh brand ambassador terhadap purchase intention dimediasi brand awareness. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh brand ambassador terhadap purchase intention, pengaruh brand ambassador terhadap brand awareness, pengaruh brand awareness terhadap purchase intention, dan brand awareness dalam memediasi pengaruh brand ambassador terhadap purchase intention. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah responden yang mengetahui iklan skincare Kahf dan belum pernah membeli produk skincare Kahf. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden yang diambil dengan menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert yang masing-masing sudah diuji coba dan memenuhi syarat validitas dan realibilitas. Analisis data yang digunakan adalah SmartPLS dengan metode analisis SEM (Structural Equation Modelling). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan: brand ambassador berpengaruh positif terhadap purchase intention, brand ambassador berpengaruh positif terhadap brand awareness, brand awareness berpengaruh positif terhadap purchase intention, dan brand awareness memediasi pengaruh brand ambassador terhadap purchase intention.
  • Item
    Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Pelatihan, dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai (Studi pada Dinas Perindustrian, Transmigrasi, dan Tenaga Kerja Kabupaten Purworejo)
    (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-02-25) Destin Fadhillah Ramadhani
    Pada era globalisasi, instansi pemerintah harus terus berkembang dan beradaptasi dengan perubahan zaman agar tetap kompetitif dan relevan. Namun, di lapangan masih terdapat kendala yang menghambat produktivitas instansi tersebut. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu faktornya adalah masih adanya ketidaksesuaian latar belakang pendidikan dengan pekerjaan yang diemban. Sehingga menyebabkan kinerja pegawai menjadi kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji kualitas sumber daya manusia terhadap kinerja pegawai (2) menguji pengaruh pelatihan terhadap kinerja pegawai (3) menguji pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Perindustrian, Transmigrasi, dan Tenaga Kerja Kabupaten Purworejo yang berjumlah 66 pegawai. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan sampel jenuh, dimana semua pegawai menjadi responden penelitian. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket kuesioner dengan skala likert. Analisis data menggunakan teknik regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kualitas sumber daya manusia berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai (2) pelatihan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai (3) motivasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai.
  • Item
    Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Perawat (Studi Pada Perawat RSUD dr. Tjitrowardojo Purworejo)
    (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-02-28) Dwi Cahyono
    Manajemen kepegawaian dan sumber daya manusia sangat penting bagi perusahaan dalam mengelola, mengatur, dan memanfaatkan pegawai sehingga dapat berfungsi secara produktif untuk tercapainya tujuan perusahaan. Sumber daya manusia di perusahaan perlu dikelola secara professional agar terwujud keseimbangan antara kebutuhan pegawai dengan tuntutan dan kemampuan organisasi perusahaan. Kinerja karyawan diidentifikasi mampu dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dapat meningkatkan atau bahkan menurunkan kinerja karyawan. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja perawat diantaranya beban kerja, stres kerja, dan lingkungan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh beban kerja, stres kerja, dan lingkungan kerja terhadap kinerja perawat. Populasi pada penelitian ini adalah perawat RSUD dr. Tjitrowardojo Purworejo. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 perawat yang bekerja di ruang IGD, ICU, dan ruang rawat inap. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Jawaban dinilai menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) beban kerja berpengaruh negatif terhadap kinerja perawat. (2) stres kerja berpengaruh negatif terhadap kinerja perawat. (3) lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja perawat.
  • Item
    Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja dan Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Pos Indonesia (Persero) Kabupaten Purworejo.
    (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-02-28) Syahrul Ramadhani
    Keberhasilan organisasi sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia. Manajemen sumber daya manusia tetap menjadi fokus utama bagi perusahaan untuk menjaga keberlangsungan mereka dalam mengelola, mengatur, dan memanfaatkan karyawan agar bekerja secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan perusahaan. Kinerja merupakan hal yang penting dalam suatu organisasi. Dengan memiliki kinerja yang baik, seorang karyawan mampu bekerja sesuai dengan tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Adapun beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan diantaranya lingkungan kerja, disiplin kerja, dan beban kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji (1) pengaruh lingkungan kerja, (2) pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan, (3) pengaruh beban kerja terhadap kinerja karyawa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sensus atau sampling total. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 87 orang karyawan PT Pos Indonesia Kabupaten Purworejo. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Jawaban dinilai dengan skala likert. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan alat bantu software IBM SPSS 29 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. (2) disiplin kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. (3) beban kerja berpengaruh negatif terhadap kinerja karyawan.
  • Item
    Pengaruh Advertising dan Celebrity Endorsement terhadap Purchase Intention dengan Brand Awareness sebagai Variabel Intervining (Studi pada Smartphone Samsung A05s
    (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-02-25) Umul Latifah
    Perubahan gaya hidup masyarakat membuat pelaku usaha di Indonesia harus memahami kebutuhan konsumen di era modern saat ini. Dimana untuk saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih juga dapat mendukung pelaku usaha untuk menghadirkan produk baru dan dapat memudahkan masyarakat dalam menjalankan aktivitas dan berpengaruh terhadap perilaku konsumen, dimana konsumen akan lebih selektif dalam memilih produk yang digunakan. Hal ini menjadikan perusahan Samsung sebagai perusahaan pembuat smartphone Samsung A05s menggunakan strategi pemasaran yaitu advertising dan celebrity endorsement. Advertising yang kreatif dan inovatif serta mampu memuat informasi mengenai produk dan celebrity endorsement yang mampu penyampaikan keunggulan-keunggulan produk dapat memiliki pengaruh positif dalam mendukung produk. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Advertising dan Celebrity Endorsement terhadap Purchase Intention dengan Brand Awereness sebagai Variabel Intervining. Pada penelitian ini yang menjadi populasi yaitu masyarakat yang memiliki pengetahuan tentang smartphone Samsung A05s. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 150 responden, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan SmartPLS dengan metode analisis SEM (Structural Equation Modeling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa advertising berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, celebrity rendorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Selain itu brand awareness mampu memediasi sebagian hubungan antara advertising terhadap purchase intention dan brand awareness mampu memediasi sebagian hubungan antara celebrity endorsement terhadap purchase intention produk smartphone Samsung A05s.