Manajemen
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Manajemen by Title
Now showing 1 - 20 of 436
Results Per Page
Sort Options
- ItemAnalisis Dampak Penggunaan Teknologi Blockchain Terhadap Efisiensi Dan Profitabilitas Bank Permata(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2023-09-04) Nayla Fahiya Rahmawati.Saat ini era revolusi industri 4.0 secara fundamental telah mengubah hidup dan kerja manusia. Salah satu perkembangan teknologi yang menjadi trending topic saat ini adalah teknologi finansial atau financial technology (Fintech). Salah satu terobosan baru fintech dalam dunia perbankan saat ini adalah teknologi blockchain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak penggunaan blockchain pada efisiensi dan profitabilitas PT. Bank Permata Tbk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diambil dari laporan kuartalan PT. Bank Permata Tbk. periode tahun 2019-2023. Analisis data dilakukan dengan pengujian uji sampel berpasangan (paired sampel T-test) atau uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efisiensi dan profitabilitas Bank Permata sebelum dan sesudah penggunaan teknologi blockchain tidak sepenuhnya signifikan berbeda. Tingkat efisiensi dan profitabilitas Bank Permata sesudah penggunaan teknologi blockchain tidak sepenuhnya lebih tinggi dibandingkan sebelum penerapan tekhnologi blockchain. Hanya tingkat profitabilitas yang diproxy dengan profit margin saja yang signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan profitabilitas sebelum penggunaan blockchain.
- ItemAnalisis E-Trust, E-WOM, dan E-Service Quality dalam Keputusan Pembelian Online (Studi pada Konsumen Produk Eiger)(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-03-07) Daffa Faizah RahmadaniKeberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuan organisasi berkaitan dengan kinerja anggotanya, sehingga suatu organisasi dituntut untuk mengembangkan dan meningkatkan kinerja dari anggotanya. Ada beberpa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja pegawai diantaranya adalah komunikasi dan komitmen organisasional. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh komunikasi dan komitmen organisasional terhadap kinerja pegawai secara parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Purworejo berjumlah 149 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Instrument pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala likert. Kuesioner telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai.
- ItemAnalisis E-Trust, E-WOM, dan E-Service Quality dalam Keputusan Pembelian Online (Studi pada Konsumen Produk Eiger)(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-02-05) Daffa Faizah RahmadaniDisrupsi ekonomi identik dengan kemajuan perdagangan. Salah satunya adalah berbelanja secara online yang yang menjadi alternatif pilihan konsumsi karena mudah dan praktis sehingga tidak ada lagi batasan antar ruang dan waktu pada saat bertransaksi. Hal itu juga terjadi pada konsumen produk Eiger. Dalam bertransaksi, mereka akan menentukan keputusan pembelian secara online dengan mempertimbangkan beberapa hal. Pertama, ada atau tidaknya e-trust karena masih terdapat banyak penipuan dalam transaksi jual-beli online. Kedua, adanya keraguan terhadap keakuratan e–wom karena kesulitan dalam menilai tingkat kepercayaan sumber pesan tersebut. Ketiga, sejauhmana tingkat e–service quality yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh (1) E–trust terhadap keputusan pembelian online. (2) E–wom terhadap keputusan pembelian online. (3) E–service quality terhadap keputusan pembelian online. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah semua konsumen Eiger yang pernah melakukan pembelian secara online dan tidak diketahui jumlahnya. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 150 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang terjawab seacara lengkap, sesuai kriteria, dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, menunjukkan bahwa e–trust, e–wom, dan e–service quality berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian online produk Eiger di Purworejo.
- Item. Analisis fundamental serta pengaruhnya terhadap harga saham, studi empirik pada perusahaan pertambangan sektor (crude petroleum dan natural gas production)yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2009-2014)(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2023-08-29) WahadiHarga saham merupakan salah satu indikator keberhasilan pengelolaan perusahaan, jika harga saham suatu perusahaan selalu mengalami kenaikan, maka investor atau calon investor menilai bahwa perusahaan berhasil dalam mengelola usahanya. Kepercayaan investor atau calon investor sangat bermanfaat bagi emiten, karena semakin banyak orang yang percaya terhadap emiten maka keinginan untuk berinvestasi pada emiten semakin kuat. Semakin banyak permintaan terhadap saham suatu emiten maka dapat menaikkan harga saham tersebut. Jika harga saham yang tinggi dapat dipertahankan maka kepercayaan investor atau calon investor terhadap emiten juga semakin tinggi dan hal ini dapat menaikkan nilai emiten. Sebaliknya, jika harga saham mengalami penurunan terus-menerus berarti dapat menurunkan nilai emiten dimata investor atau calon investor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor fundamental yang mempengaruhi harga saham perusahaan pertambangan (crude petroleum dan natural gas production) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dalam penelitian ini digunakan current ratio (CR), inventory turnover (IT), debt to equity ratio (DER), return on asset (ROA) dan price earning ratio (PER) sebagai faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham. Objek penelitian ini adalah perusahaan pertambangan sektor (crude petroleum dan natural gas production) yang terdaftar di bursa efek indonesia yang laporan keuangannya selama tahun 2009-2014 terdapat di website www.idx.co.id. Sampel diambil dengan metode pursposive sampling, yaitu dengan mengambil sampel dari populasi perusahaan pertambangan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Hasil analisis regresi linier berganda secara parsial menunjukan bahwa CR berpengaruh positif signifikan terhadap Harga Saham, IT berpengaruh positif signifikan terhadap Harga Saham, DER berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Harga Saham, ROA berpengaruh positif signifikan terhadap Harga Saham, PER berpengaruh positif signifikan terhadap Harga Saham. Sedangkan secara simultan CR, IT, DER, ROA dan PER berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham,
- ItemAnalisis Kinerja Bank Umum Syariah Menggunakan Islamicity Performance Index (Studi Empirik Pada Bank BCA Syariah 2018 - 2022)(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2023-09-06) Siti AzizahPerbankan syariah memiliki suatu tuntutan syariat yang tidak terdapat pada bank konvensioanal yaitu dengan adanya sistem bagi hasil. Perbankan Syariah saat ini sedang mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Untuk itulah perlu dilakukan pengukuran kinerja bank syariah yang dibangun atas dasar nilainiai Islam. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja bank syariah adalah metode Islamicity Performance Index (IPI). Tujuan dari penelitian untuk mengidentifikasi kinerja Bank BCA Syariah apakah sudah memenuhi standar kinerja menurut standar syariah IPI. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menganalisis kinerja keuangan Bank BCA Syariah. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah rasio rata-rata dari profit sharing ratio, zakat performace ratio, equitable distribution ratio, dan Islamic income vs non Islamic income ratio dari Bank BCA Syariah tahun 209-2022. Data diolah dari laporan tahunan Bank BCA Syariah selama periode penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data Bank BCA Syariah dengan pendekatan Islamicity Performance Index menggunakan 5 rasio kinerja meliputi Profit Sharing Ratio, Zakat Performance Ratio, Equitable Distribution Ratio, Directores Employess Walfare Ratio dan Islamic Income vs Non Islamic Income dapat disimpulkan bahwa kinerja Bank BCA Syariah belum memenuhi semua standar kinerja menurut standar syariah Islamicity Performance Index. Dari lima rasio kerja yang digunakan tiga rasio telah memenuhi standar kinerja sedangkan sisanya belum memenuhi standar rasio Islamicity Performance Index Kata kunci : Kinerja Bank Syariah, Islamicity Performance Index, Bank BCA Syariah.
- ItemAnalisis Monday Effect Pada Saham Perusahaan Yang Termasuk Dalam Jakarta Islamic Index (JII) Periode Februari 2019 Januari 2020(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-08-13) Baskoro Widi PamungkasOrganisasi merupakan sebuah sistem sosial tempat berlangsungnya interaksi yang dinamis untuk mencapai tujuan bersama yang didalamnya terdapat salah satunya faktor sumber daya manusia. Organisasi tidak akan mampu berkompetisi, mengubah sumber-sumber, dan melayani para pemangku kepentingan jika karyawannya sekadar melaksanakan pekerjaan yang ada di uraian tugasnya. Karyawan harus memiliki rasa sukarela yang mendukung karyawan lainnya dalam konteks sosial, perilaku tersebut dapat disebut juga Organizational Citizenship Behavior (OCB) yang apabila dilakukan oleh para karyawan akan meningkatkan berfungsinya organisasi. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi Organizational Citizenship Behavior (OCB), diantaranya yaitu kepuasan kerja, dan komitmen organisasional. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior (OCB) karyawan, dan menguji pengaruh komitmen organisasional terhadap organizational citizenship behavior (OCB) karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan LAZISMU Kabupaten Purworejo sebanyak 115 Karyawan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria karyawan yang telah bekerja minimal 1 tahun, yaitu sebanyak 103 karyawan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan alternatif pilihan jawaban menggunakan skala likert yang telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior (OCB) karyawan dan komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior (OCB) karyawan.
- ItemAnalisis Pengaruh Content Marketing terhadap Purchase Decision dengan Consumer Engagement sebagai Variabel Pemediasi (Studi pada Pengguna Produk Somethinc(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2023-08-31) Siwi LestariDunia bisnis dibidang kecantikan saat ini semakin kompetitif. Banyaknya perusahaan produk kecantikan yang menawarkan varian produk yang hampir sama membuat persaingan semakin ketat. Sehingga setiap perusahaan harus melakukan strategi unggul agar dapat memenangkan persaingan. Adanya persaingan yang ketat membuat konsumen menjadi lebih selektif dalam memilih produk. Oleh karena itu, perusahaan dituntut harus memahami perilaku konsumen agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang beragam. Hal ini sangat menentukan keberhasilan produk agar dapat diterima baik oleh konsumen. Content marketing dan consumer engagement merupakan hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan agar dapat meningkatkan purchase decision. Perusahaan yang membuat konten dengan kualitas baik dan memberikan manfaat kepada konsumen, maka konten tersebut dapat lebih dipercaya dan akan meningkatkan engagement yang kuat dengan konsumen sehingga terjalin hubungan yang baik. Dengan upaya yang dilakukan tersebut dapat meningkatkan purchase decision. Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh content marketing terhadap purchase decision, 2) pengaruh content marketing terhadap consumer engagement, 3) pengaruh consumer engagement terhadap purchase decision, 4) pengaruh content marketing terhadap purchase decision melalui consumer engagement sebagai variabel mediasi. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna produk Somethinc. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan responden sebanyak 210 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert. Analisis data menggunakan Smart PLS 3.29. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabititas. Data diukur menggunakan outer model dan inner model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision, 2) content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap consumer engagement, 3) consumer engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision, 4) consumer engagement memediasi secara komplementer pengaruh content marketing terhadap purchase decision pada pengguna produk Somethinc
- ItemAnalisis Pengaruh Harga Saham, Invesment Opportunity Set, Nilai Perusahaan dan Risiko Terhadap Return Saham (Studi Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021)(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-07-11) Nabila Indah FebrianaPeran pasar modal salah satunya menjadi informasi untuk mengetahui perusahaan yang layak untuk melakukan investasi ditinjau dari faktor-faktor yang mempengaruhi return saham yang akan diperoleh investor. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data/fakta yang tepat dan dapat dipercaya tentang seberapa jauh pengaruh antara harga saham, invesment opportunity set, nilai perusahaan dan risiko terhadap return saham. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan data sekunder dengan jumlah sampel 8 perusahaan yang diambil berdasarkan metode purposive sampling. Periode penelitian yang digunakan yaitu lima tahun, mulai dari tahun 2017 sampai dengan 2021. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik dengan uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan software statistik SPSS 21. Hasil pengujian menunjukkan bahwa harga saham tidak berpengaruh terhadap return saham, invesment opportunity set berpengaruh negatif terhadap return saham, nilai perusahaan berpengaruh positif terhadap return saham dan risiko berpengaruh positif terhadap return saham.
- ItemAnalisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Pada Hone Industry Tahu Subagiya Kebumen(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-08-22) Yulfatun InnayahPersediaan bahan baku yang optimal merupakan faktor penting dalam proses prosduksi pada suatu perusahaan. Bahan baku ini dapat dikendalikan dengan menggunakan metode tertentu, salah satunya metode Eonomic Order Quantity (EOQ) yang memiliki tingkat keakuratan yang lebih baik daripada metode konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis dan mendeskripsikan pengendalian persediaan bahan baku yang optimal pada Home Industry Tahu Subagiya Kebumen dengan menerapkan metode Economic Order Quantity (EOQ) (2) Untuk mengetahui berapa besar Reorder Point persediaan bahan baku menggunakan metode EOQ Home Industry Tahu Subagiya Kebumen. (3) Untuk mengetahui berapa total biaya persediaan bahan baku tahu dengan menggunakan metode EOQ pada Home Industry Tahu Subagiya Kebumen. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Populasi penelitian ini data persediaan bahan baku tahun 2024. Sampel penelitian ini data persediaan bahan baku pada bulan Januari – Desember 2024. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner wawancara terbuka. Analisis data menggunakan kuantitatif berdasarkan rumus yang sesuai dan deksriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil perhitungan Metode EOQ diketahui bahwa total biaya persediaan bahan baku pada tahun 2024 sebesar Rp. 3.540,271 dengan 5 kali pembelian dalam satu tahun, sedangkan jika dihitung berdasarkan kebijakan perusahaan yang biaya persediaan bahan baku sebesar Rp. 4.585,602 dengan 12 kali pembelian bahan baku dalam satu tahun. Terjadi selisih sebesar Rp. 1.045,331 yang menunjukkan jika perusahaan menerapkan metode EOQ, maka dapat memberikan penghematan biaya persediaan bahan baku pada tahun 2024.
- ItemAnalisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Untuk Kelancaran Produksi Pada Home Industry Sumpia Lintang Kebumen(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-01-12) Zilfah NajihaKelancaran proses produksi merupakan salah satu tujuan yang sangat diharapkan perusahaan yang melakukan kegiatan produksi. Salah satu upaya untuk mewujudkan kelancaran proses produksi adalah dengan menerapkan metode pengendalian persediaan yang tepat. Objek penelitian ini adalah jumlah persediaan, jumlah pembelian, jumlah pemakaian bahan baku yang digunakan untuk proses produksi, serta biaya pemesanan dan penyimpanan bahan baku. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, digunakan untuk mengkaji secara mendalam tentang penerapan metode Economic Order Quantity (EOQ) dalam pengendalian persediaan bahan baku di Home Industry Sumpia Lintang Kebumen. Dari hasil penelitian diperoleh jumlah persediaan optimal dengan metode Economic Order Quantity (EOQ) pada tahun 2020 untuk bahan baku sumpia dalam jumlah 1.979/sak dengan 5 kali melakukan pemesanan dalam waktu satu tahun dan hanya menghabiskan biaya persediaan sebesar Rp Rp 4.875.112. Jika dibandingkan dengan kebijakan perusahaan yang melakukan pemesanan sebanyak 12 kali dalam waktu satu tahun dalam jumlah 888,5/sak yang menghabiskan biaya sebesar Rp 7.268.766 maka dengan menggunakan metode EOQ perusahaan dapat menghemat biaya persediaan sebesar Rp. 2.393.654. Home Indsutry Sumpia Lintang Kebumen tidak menetapkan adanya persediaan pengaman dalam kebijakannya. Sedangkan dengan metode EOQ perusahaan harus mengadakan persediaan pengaman untuk memperlancar proses produksi, dimana untuk bahan baku sebesar 20,5/sak. Adanya titik pemesanan kembali dengan metode EOQ untuk mengantisipasi keterlambatan pengiriman bahan baku kembali pada saat persediaan bahan baku berada dalam jumlah 91,5/sak.
- ItemANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA ALFAMART AHMAD YANI PURWOREJO(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2023-08-21) Gigih Dio ArafahZaman yang modern ini perekonomian semakin pesat. Begitu juga industri retail yang berkembang pada jaman ini yang menjadikan suatu tempat berbelanja untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Hal ini banyaknya orang berdatangan ke tempat retail dan juga mengakibatkan antrian. Maka dari itu sistem antrian perusahaan retail harus dikelola. Adanya sistem antrian maka perusahaan akan mengetahui bagaimana mereka dapat memberikan waktu pelayanan dan fasilitas pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh pelanggan Alfamart Ahad Yani Purworejo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan Alfamart Ahad Yani Purworejo pada jam tertentu, teknik pengambilan sampeldengan cara observasi. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Tujuan penelitian ini bermaksud untuk memperoleh gambaran dan bukti kinerja sistem antrian pada proses antrian Alfamart Ahmad Yani Purworejo. Objek penelitian ini adalah sistem antrian pada Alfamart Ahmad Yani Purworejo. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang digunakan untuk menganalisis tentang penerapan sistem antrian Multiple Channel System pada Alfamart Ahmad Yani Purworejo. Hasil penelitian ini diketahui bahwa sistem antrian Multiple Channel System yang diterapkan oleh Alfamart Ahmad Yani Purworejo sudah optimal.
- ItemAyu Tika Rustiyani(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2023-08-01) PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATIONS, AVAILABILITY OF TIME DAN AVAILABILITY OF MONEY TERHADAP IMPULSE BUYING (Studi pada Jogja City Mall)Saat ini bisnis ritel sudah berkembang pesat dengan persaingan yang semakin ketat. Terlebih dengan munculnya beragam platform jual beli online yang menawarkan produk-produk seperti yang dijual di toko ritel luring (offline). Hal ini menjadi fakta yang mendukung bahwa adanya tren pergeseran belanja masyarakat di mall. Semula mereka berbelanja membeli baju di toko offline, sekarang mereka cenderung mencari hiburan jenis lain ketika pergi ke sebuah mall atau pusat perbelanjaan. Bergesernya minat masyarakat ke belanja online tidak diragukan lagi ikut memainkan peran mempengaruhi keberadaan mall. Oleh sebab itu, pihak ritel modern harus memiliki strategi yang tepat agar konsumen tertarik untuk melakukan pembelian dan terlebih konsumen memiliki pembelian impulsif (impulse buying) yang tinggi. Impulse buying dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti hedonic, availability of time, dan availability of money. Tujuan penelitian ini, yaitu menguji pengaruh: hedonic shopping motivations terhadap impulse buying, availability of time terhadap impulse buying, dan availability of money terhadap impulse buying. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh masyarakat Purworejo yang pernah berbelanja di Jogja City Mall. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 150 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diuji menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka disimpulkan: hedonic shopping motivations berpengaruh positif terhadap impulse buying pada masyarakat Purworejo yang pernah berbelanja di Jogja City Mall, availability of time berpengaruh positif terhadap impulse buying pada masyarakat Purworejo yang pernah berbelanja di Jogja City Mall, availability of money berpengaruh positif terhadap impulse buying pada masyarakat Purworejo yang pernah berbelanja di Jogja City Mall.
- ItemEfektivitas kerja merupakan keberhasilan seseorang di dalam melakukan suuatu pekerjaan secara maksimal sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya, sehingga tidak menimbulkan pemborosan baik itu waktu, tenaga, biaya maupun segala sesuatu yang berakibat tidak berhasilnya suatu pekerjaan sehingga apa yang menjadi tujuan dari organisasi dapat tercapai. Beberapa faktor yang mempengaruhi efektivitas kerja, yaitu: lingkungan kerja fisik, motivasi kerja. Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh motivasi kerja meguji lingkungan kerja fisik terhadap efektivitas kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah perangkat desa di kecamatan Bener. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Nonprobability Sampling yaitu dengan random sampling cara pengambilan sampel dimana semua objek atau elemen populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel 120. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa motivsi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas kerja, dan lingkungan kerja fisik berpengaruh positif terhadap efektivitas kerja(Prodi. Manajemen Fak. Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-03-28) Aminatul HidayahEfektivitas kerja merupakan keberhasilan seseorang di dalam melakukan suuatu pekerjaan secara maksimal sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya, sehingga tidak menimbulkan pemborosan baik itu waktu, tenaga, biaya maupun segala sesuatu yang berakibat tidak berhasilnya suatu pekerjaan sehingga apa yang menjadi tujuan dari organisasi dapat tercapai. Beberapa faktor yang mempengaruhi efektivitas kerja, yaitu: lingkungan kerja fisik, motivasi kerja. Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh motivasi kerja meguji lingkungan kerja fisik terhadap efektivitas kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah perangkat desa di kecamatan Bener. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Nonprobability Sampling yaitu dengan random sampling cara pengambilan sampel dimana semua objek atau elemen populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel 120. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa motivsi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas kerja, dan lingkungan kerja fisik berpengaruh positif terhadap efektivitas kerja.
- Itemengaruh Citra Destinasi, Fasilitas Wisata, dan Experiential marketing Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Pengunjung Wisata Kawah Sikidang, Dieng Kabupaten Banjarnegara)(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-08-22) Muhamad Rizki MardiansyahKepariwisataan Indonesia selama beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang signifikan menjadi industri pariwisata dan juga industri bisnis yang semakin berkembang. Industri bisnis pariwisata yang semakin berkembang membuat persaingan antar destinasi pariwisata semakin tajam. Pengelolaan destinasi wisata saling berlomba untuk meningkatkan jumlah kunjungan Objek Wisata Kawah Sikidang yang merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di Dataran Tinggi Dieng diharapkan akan terus mengalami peningkatan jumlah kunjungan wisata. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra destinasi, fasilitas wisata, dan experiential marketing terhadap kepuasan konsumen. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 120 responden yang merupakan pengunjung domestik Wisata Kawah Sikidang, instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala likert yang sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis dilakukan menggunakan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan: citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen wisata Kawah Sikidang, fasilitas wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen wisata Kawah Sikidang, dan experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen wisata Kawah Sikidang.
- Itemengaruh Country Of Origin dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening (Studi Pembelian Produk Kosmetik Maybelline di Purworejo)(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-07-11) Lis SholikhaMunculnya berbagai macam perusahaan yang bergerak dibidang kosmetik mengakibatkan adanya persaingan yang ketat diantara produsen kosmetik untuk menjadi nomor satu. Country of origin merupakan negara asal produk yang dapat mempengaruhi cara pandang masyarakat mengenai kualitas suatu produk sehingga sering kali digunakan sebagai pertimbangan untuk memilih sebuah produk dan mampu mempengaruhi konsumen ketika mengevaluasi produk saat pengambilan suatu keputusan. Dalam hal ini, biasanya perusahaan dalam lingkup besar akan menggunakan duta produk sebagai brand ambassador atau orang yang diberikan kepercayaan untuk ikut mempromosikan suatu produk agar mampu menarik perhatian masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara: (1) country of origin terhadap keputusan pembelian (2) brand ambassador terhadap keputusan pembelian (3) country of origin terhadap brand image (4) brand ambassador terhadap brand image (5) brand image terhadap keputusan pembelian (6) brand image memediasi antara country of origin terhadap keputusan pembelian, (7) brand image memediasi antara brand ambassador terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang melakukan pembelian produk Maybelline di Purworejo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling, dan sampling yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan memilih sampel 150 responden konsumen kosmetik Maybelline di Purworejo. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Instrumen utama yang digunakan untuk memperoleh data kuesioner masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan hierarchical regression analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa country of origin, brand ambassador, dan brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Selain itu, brand image juga memediasi secara parsial untuk pengaruh country of origin dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian
- Itemengaruh Disiplin Kerja Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Guru PPPK SD Negeri Se-Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-08-27) Anisa Sephia Pratiwi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja dan pengalaman kerja terhadap kinerja guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di SD Negeri se-Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini didasarkan pada hasil observasi awal yang menunjukkan adanya berbagai bentuk ketidaktertiban dan kurangnya kesiapan guru dalam melaksanakan tugas mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 174 guru PPPK, dengan jumlah sampel sebanyak 121 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Selanjutnya pengalaman kerja juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru
- Itemengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Karyawan dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening (Studi pada Karyawan CV. Aulia Fajar Collection(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-08-09) Muhammad Yazid Baha’urifqi.Peran sumber daya manusia menjadi sangat penting dan strategis didalam organisasi manapun untuk menjaga keseimbangan antara kebutuhan organisasi dan potensi karyawan. Seorang karyawan yang memiliki kinerja baik akan mampu bekerja sesuai dengan tujuan perusahaan yang telah ditetapkan. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan diantaranya gaya kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan dengan motivasi kerja sebagai variabel intervening. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan CV. Aulia Fajar Collection. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 80 karyawan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas dan jawaban dinilai menggunakan skala likert. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan alat bantu SmartPLS 3.0 windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (2) gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja, (3) motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (4) motivasi kerja memediasi pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan.
- Itemengaruh Iklim Organisasi dan Kecerdasan Emosional terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) (studi pada pegawai Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Purworejo(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2023-08-31) Tri YulianaOrganisasi adalah suatu unit sosial yang dikoordinasi secara sadar, terdiri atas dua orang atau lebih orang-orang, yang berfungsi dalam suatu basis yang kontinu untuk mencapai suatu tujuan bersama atau serangkaian tujuan dimana didalamnya terdapat salah satu faktornya seperti sumber daya manusia. Sumber daya manusia merupakan sumber daya utama sebagai penggerak suatu organisasi. Organisasi tidak akan mampu berkompetensi, mengubah sumber-sumber dan melayani para pemangku kepentingan jika pegawainya hanya sekadar melaksanakan pekerjaan sesuai uraian tugasnya. Pegawai harus memiliki rasa sukarela yang mendukung pegawai lainnya dalam konteks sosial, perilaku tersebut dapat disebut juga Organizational Citizenship Behavior (OCB). Ada beberapa faktor yang mempengaruhi Organizational Citizenship Behavior (OCB), diantaranya yaitu iklim organisasi dan kecerdasan emosional. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh iklim organisasi terhadap organizational citizenship behavior (OCB) pegawai, dan menguji pengaruh kecerdasan emosional terhadap organizational citizenship behavior (OCB) pegawai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Purworejo. Teknik pengambilan sampel pada penelitian inimenggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria pegawai yang telah bekerja minimal 1 tahun, yaitu sebanyak 140 pegawai. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan alternatif pilihan jawaban menggunakan skala likert yang telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa iklim organisasi berpengaruh positifterhadap organizational citizenship behavior (OCB) pegawai dan kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap organizational citizenship behavior (OCB) pegawai.
- Itemengaruh Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai dengan Organizational Citizenship Behavior sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pegawai Negeri Sipil Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan Kabupaten Purworejo)(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2023-08-23) Suci Rahmawati.Setiap organisasi atau instansi memerlukan sumber daya manusia untuk mencapai tujuannya. Dalam mewujudkan tujuan tersebut, kinerja merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh organisasi atau instansi. Kinerja berhubungan dengan beberapa aspek seperti iklim organisasi dan organizational citizenship behavior. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja pegawai, menguji pengaruh iklim organisasi terhadap organizational citizenship behavior, menguji pengaruh organizational citizenship behavior terhadap kinerja pegawai, dan menguji pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja pegawai dengan organizational citizenship behavior sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah Pegawai Negeri Sipil Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan Kabupaten Purworejo. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh dan diperoleh sampel sebanyak 91 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jawaban dinilai menggunakan skala likert. Untuk mengetahui keakuratan pengukuran serta kestabilan parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan alat bantu SmartPLS 3.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklim organisasi berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai, iklim organisasi berpengaruh positif terhadap organizational citizenship behavior, organizational citizenship behavior berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai, dan organizational citizenship behavior memediasi pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja pegawai.
- Itemengaruh In-Store Promotion Terhadap Impulse Buying Melalui Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Produk Fashion di Matahari department store Mall Artos Magelang)(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-08-25) Nafa Uswatul NgazimahIndustri ritel pada pasar modern Indonesia mengalami pertumbuhan dan berkembang pesat sehingga membuat perusahaan ritel bersaing dapat mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Dalam usaha mencapai tujuan tersebut, maka setiap perusahaan ritel harus mampu menarik konsumen untuk tetap berbelanja di toko ritel, khususnya produk fashion. Strategi yang dilakukan yaitu dengan memahami perilaku konsumen berupa impulse buying. Matahari department store Mall Artos Magelang merupakan salah satu ritel modern dalam bidang fashion yang ada di Kabupaten Magelang yang menyediakan berbagai macam merek produk fashion dengan kualitas yang baik yang dapat mengikuti trend saat ini. Untuk itu, perlunya aktivitas in-store promotion (promosi di dalam toko) yang akan memicu positive emotion diri konsumen sehingga akan terciptanya impulse buying. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) menguji pengaruh in-store promotion terhadap impulse buying pada konsumen Matahari department store Mall Artos Magelang (2) menguji pengaruh in-store promotion terhadap positive emotion pada konsumen Matahari department store Mall Artos Magelang (3) menguji pengaruh positive emotion terhadap impulse buying pada konsumen Matahari department store Mall Artos Magelang (4) menguji apakah positive emotion memediasi in-store promotion terhadap impulse buying pada konsumen Matahari department store Mall Artos Magelang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu pada konsumen produk fashion di Matahari department store Mall Artos Magelang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik judgement sampling dan diperoleh sampel sebanyak 130 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing item sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan Hierarchical Regression Analysis dengan alat bantu SPSS Statistic versi 20.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa in-store promotion dan positive emotion berpengaruh terhadap impulse buying pada konsumen produk fashion Matahari department store Mall Artos Magelang. Selain itu, positive emotion juga memediasi secara parsial pengaruh in-store promotion terhadap impulse buying pada konsumen produk fashion di Matahari department store Mall Artos Magelang