Manajemen
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Manajemen by Issue Date
Now showing 1 - 20 of 436
Results Per Page
Sort Options
- ItemPengaruh Keadilan Organisasional, Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Organisasional (Studi pada Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purworejo(Prodi. Manajemen, FE, Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2019-08-28) Galang Putra PradanaGalang Putra Pradana. Pengaruh Keadilan Organisasional, Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Organisasional (Studi pada Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purworejo). Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini dilakukan di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purworejo sebagai salah satu Kantor Dinas yang bergerak dalam bidang Kebersihan dan Pertamanan. Berkaitan dengan sumber daya manusia, permasalahan yang dihadapi adalah Komitmen Organisasional pegawai Bidang Kebersihan dan Pertamanan pada DINLH Kabupaten Purworejo masih rendah. Keadilan mengenai prosedur yang tidak konsisten dalam melibatkan pegawai dalam pengambilan keputusan, pegawai dirasakan kurang mendapatkan perhatian individual dari pemimpin, Kepuasan Kerja juga menjadi penyebab rendahnya Komitmen Organisasional karena kesempatan promosi yang selalu menjadi alasan para pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh antara keadilan organisasional, kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional secara parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai tetap dan tidak tetap bidang kebersihan dan pertamanan sebanyak 150 orang, jumlah sampel yang diambil yaitu 100 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tekhnik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan alternatif pilihan jawaban menggunakan Skala Likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban. Kuesioner telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian dilakukan menggunakan program SPSS 19. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji signifikansi parsial. Berdasarkan hasil analisis data diketahui keadilan organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional. Kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional. Sedangkan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purworejo. Kata kunci: Keadilan Organisasional, Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional
- ItemPengaruh Beauty Vlogger Tasya Farasya di Youtube Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Maybelline New York(Prodi. Manajemen, FE, Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2019-08-31) Pramitha Ninda Harnika EmsaPramitha Ninda Harnika Emsa, Pengaruh Beauty Vlogger Tasya Farasya di Youtube Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Maybelline New York. Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo. Persaingan bisnis antara perusahaan kosmetik yang satu dengan perusahaan kosmetik lain semakin ketat. Hal ini menjadi tantangan bagi perusahaan kosmetik untuk melihat keinginan konsumen yang dapat menimbulkan keputusan pembelian terhadap produk kosmetik yang diproduksi. Keputusan Pembelian dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis. Sumber paling efektif berasal dari berbagai sumber pribadi seperti kelompok referensi, keluarga, tetangga, teman, dan lain sebagainya. Beauty vlogger merupakan salah satu sumber yang termasuk ke dalam konsep kelompok referensi. Beauty vlogger memiliki beberapa karakteristik seperti kepercayaan, daya tarik, dan keahlian. Adanya beauty vlogger di Youtube dapat membantu konsumen lebih mudah mencari informasi dan mengetahui spesifikasi produk-produk kecantikan dan pada akhirnya akan menimbulkan keputusan pembelian produk kosmetik tertentu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) pengaruh kepercayaan beauty vlogger terhadap keputusan pembelian, 2) pengaruh daya tarik beauty vlogger terhadap keputusan pembelian, 3) pengaruh keahlian beauty vlogger terhadap keputusan pembelian. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purworejo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 120 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jawaban dinilai menggunakan skala Likert. Untuk mengetahui keakuratan pengukuran serta kestabilan parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan pengujian kuesioner dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pengujian dilakukan dengan regresi linier berganda dengan program SPSS 24.0. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan kepercayaan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Daya tarik berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dan keahlian berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci : Beauty vlogger, kepercayaan, daya tarik, keahlian, keputusan pembelian.
- ItemPengaruh Kepercayaan, Kepuasan dan Website Customization Terhadap Loyalitas Pelanggan Secara Online (Studi pada Pengguna E-commerce Lazada di Purworejo)(Prodi. Manajemen, FE, Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2019-08-31) Nida AlydaNida Alyda. Pengaruh Kepercayaan, Kepuasan dan Website Customization Terhadap Loyalitas Pelanggan Secara Online (Studi pada Pengguna E-commerce Lazada di Purworejo). Perkembangan dunia teknologi informasi yang semakin maju dan pesat menjadikan masyarakat beralih menjadi masyarakat modern diantaranya melakukan kegiatan jual beli atau perdagangan secara elektronik (e-commerce). Hal tersebut memunculkan banyak sekali marketplace di Indonesia. Dengan banyaknya marketplace di Indonesia menyebabkan persaingan dalam memperoleh pelanggan semakin ketat. Dalam sebuah bisnis, loyalitas pelanggan merupakan salah satu hal yang sangat penting. Berkaitan dengan hal ini, perlu diketahui seberapa besar loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh kepercayaan, kepuasan dan website customization. Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan. 2) pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan. 3) pengaruh website customization terhadap loyalitas pelanggan. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna situs belanja online Lazada. Teknik penentuan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan sampel yang digunakan sebanyak 120 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jawaban dinilai menggunakan Skala Likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban. Untuk mengetahui keakuratan pengukuran serta kestabilan parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan pengujian kuesioner dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan program SPSS 19 for Windows. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan kepercayaan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan dan website customization berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Kata kunci: Kepercayaan, Kepuasan, Website Customization dan Loyalitas Pelanggan
- ItemPengaruh Brand Image, Perceived Quality, Perceived Price dan Perceived Value Terhadap Purchase Intention Mobil MPV Mitsubishi Xpander(Prodi. Manajemen, FE, Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2019-08-31) Distrina Isnaeni FauziDistrina Isnaeni Fauzi. Pengaruh Brand Image, Perceived Quality, Perceived Price dan Perceived Value Terhadap Purchase Intention Mobil MPV Mitsubishi Xpander. Skripsi. Program Studi Manajemen. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2019. Pertumbuhan industri otomotif saat ini tidak lepas dari gaya hidup, budaya kolektif dan mobilitas masyarakat modern. Mobilitas yang tinggi menyebabkan transportasi dan gaya hidup masyarakat modern tidak dapat dipisahkan. Mobilitas yang tinggi membutuhkan kendaraan yang dapat diandalkan maka kendaraan pribadi menjadi solusi utama yang mendorong keinginan masyarakat memiliki minat beli produk MPV. Berkaitan dengan hal ini perlu diketahui seberapa besar minat beli dipengaruhi oleh brand image, perceived quality, perceived price dan perceived value. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh brand image terhadap purchase intention. 2) pengaruh perceived quality terhadap purchase intention. 3) pengaruh perceived price terhadap purchase intention. 4) pengaruh perceived value terhadap purchase intention. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kebumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan sampel sebanyak 120 orang. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan skala Likert yang sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian dilakukan dengan regresi linier berganda dengan program SPSS 25.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan brand image berpengaruh positif terhadap purchase intention. Perceived quality berpengaruh positif terhadap purchase intention. Perceived price berpengaruh positif terhadap purchase intention dan perceived value berpengaruh positif terhadap purchase intention. Kata kunci: Brand Image, Perceived Quality, Perceived Price, Perceived Value dan Purchase Intention.
- ItemPengaruh Persepsi Nilai terhadap Minat Beli Ulang yang dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen (Studi ada Pengguna Samsung Smartphone di Purworejo)(Prodi. Manajemen, FE, Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2020-01-18) Sefri MaryaniSefri Maryani: Pengaruh Persepsi Nilai terhadap Minat Beli Ulang yang dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen (Studi ada Pengguna Samsung Smartphone di Purworejo). Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Unniversitas Muhammadiyah Purworejo 2020. Semakin canggihnya teknologi di era digital modern ini membuat globalisasi semakin terasa pengaruhnya, kemajuan teknologi informasi menjadikan konsumen lebih kritis dalam membeli produk untuk mereka gunakan, seperti halnya dengan smartphone, banyaknya vendor (supplier) smartphone lama seperti Samsung, Apple yang saat ini bersaing dengan produk smartphone dari vendor (supplier) baru seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, dan Realme. Untuk itu, perusahaan harus memahami perilaku konsumen dalam membuat keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian yang dirasakan konsumen. Perusahaan juga harus membuat konsumen puas karena kepuasaan konsumen tersebut dapat memunculkan minat konsumen untuk kembali membeli produk yang perusahaan tawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara (1) persepsi nilai terhadap minat beli ulang (2) persepsi nilai terhadap kepuasan konsumen (3) kepuasan konsumen terhadap minat beli ulang (4) persepsi nilai terhadap minat beli ulang yang di mediasi kepuasan konsumen. Populasi penelitian ini adalah pengguna Samsung smartphone di Purworejo. Sampel penelitian ini berjumlah 120 orang. Pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pada penelitian ini untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan hierarchical regresion analysis. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa persepsi nilai berpengaruh positif terhadap minat beli ulang, persepsi nilai berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap minat beli ulang, dan kepuasan konsumen dapat memediasi pengaruh persepsi nilai dengan minat beli ulang secara penuh (full mediation). Sehingga dapat di simpulkan bahwa keseluruhan hipotesis yang diajukan terbukti dapat diterima. Kata kunci : Persepsi nilai, kepuasan konsumen dan minat beli ulang.
- ItemPengaruh Human Relations dan Beban kerja terhadap Kinerja Pegawai (Studi pada Kantor Pos Di Purworejo)(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2020-02-20) Wulan Riana SaputriPegawai merupakan sumber daya yang menentukan keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuannya. Sedangkan kinerja pegawai merupakan hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya. Seorang pegawai akan memiliki kinerja yang baik apabila pimpinan mereka mampu menerapkan kerja sama yang tinggi antar pegawai sesuai tujuan perusahaan. Oleh sebab itu, tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh human relations dan beban kerja terhadap kinerja pegawai Kantor Pos di Purworejo, secara parsial. Populasi penelitian ini adalah Pegawai Kantor Pos Di Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 93 responden yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Instrument telah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel human relations berpengaruh positif dan beban kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja pegawai.
- ItemPengaruh Kepuasan Kerja, Job Insecurity, dan Komitmen Organisasional Terhadap Turnover Intention pada PT. Perkebunan Teh Tambi Unit Tambi Wonosobo(Prodi. Manajemen, FE, Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2020-03-05) Ari ArdiantoAri Ardianto. Pengaruh Kepuasan Kerja, Job Insecurity, dan Komitmen Organisasional Terhadap Turnover Intention pada PT. Perkebunan Teh Tambi Unit Tambi Wonosobo. Di era globalisasi ini persaingan antar perusahaan menjadi semakin ketat. Persaingan ini memaksa perusahaan untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas karyawan yang berkompeten agar tidak memiliki niat untuk meninggalkan perusahaan. Perusahaan perlu mengendalikan turnover intention dengan meningkatkan kepuasan kerja karyawan, menurunkan tingkat job insecurity, dan meningkatkan komitmen organisasional karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepusan kerja, job insecurity¸ dan komitmen organisasional terhadap turnover intention. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan bagian produksi PT. Perkebunan Teh Tambi Unit Tambi Wonosobo. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 85 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan alternatif pilihan jawaban menggunakan skala likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban. Kuesioner telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian dilakukan dengan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa kepuasan kerja berpengaruh negatif terhadap turnover intention, job insecurity berpengaruh positif terhadap turnover intention, dan komitmen organisasional berpengaruh negatif terhadap turnover intention. Kata Kunci: Kepuasan Kerja, Job Insecurity¸ Komitmen Organisasional, dan Turnover Intention
- ItemPengaruh Budaya Organisasi, Locus Of Control, dan Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Bagian Produksi PT. Lembah Tidar Jaya Magelang(Prodi. Manajemen, FE, Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2020-03-26) Fanny Kristina DewiFanny Kristina Dewi. Pengaruh Budaya Organisasi, Locus Of Control, dan Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Bagian Produksi PT. Lembah Tidar Jaya Magelang. Berdasarkan informasi yang diperoleh berkaitan dengan permasalahan sumber daya manusia yang dihadapi bagaimana cara meningkatkan kepuasan kerja karyawan di perusahan. Kepuasan kerja di pengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya budaya organisasi, locus of control, dan kepemimpinan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi, locus of control, dan kepemimpinan terhadap kepuasan kerja. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan bagian produksi PT. Lembah Tidar Jaya Magelang yang berjumlah 113 karyawan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 103 karyawan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan alternative pilihan jawaban menggunakan skala likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban. Kuesioner telah di uji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda, Berdasarkan hasil analisi disimpulkan bahwa budaya organisasi berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja, locus of control berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja, dan kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja. Kata Kunci : Budaya Organisasi, Locus of Control, Kepemimpinan, dan Kepuasan Kerja
- ItemPengaruh Penggunaan Celebrity Endorsement terhadap Brand Image Pada produk Honda (Studi Pada Konsumen Honda di Kebumen)(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2021-11-09) Sutomo Hendro SaputroPerkembangan perekonomian saat ini berjalan sangat pesat dengan dampak perkembangan teknologi, hal tersebut juga berjalan seiring dengan ketatnya persaingan dalam dunia kerja ataupun industri untuk mendapatkan penghasilan, terutama di bidang otomotif.Masyarakat Indonesia maupun dunia tak lepas dari kendaraan bermotor seperti halnya untuk bekerja maupun kegiatan sehari-hari, kendaraan bermotor sudah seperti sudah kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh (1) Trustworthiness terhadap brand image (2) Expertise terhadap brand image (3) Attractiveness terhadap brand image (4) Respect terhadap brand image (5) Similarity terhadap brand image Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen Honda di Kebumen dengan sampel penelitian berjumlah 120 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner melalui Google Form dengan menggunakan skala likert yang sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan metode analisis regresi linear berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Trustworthiness, Expertise, Attractiveness, Respect, Similarity berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Image.
- ItemPengaruh Kualitas Bahan Baku Dan Proses Produksi Terhadap Kualitas Produk (Studi pada Pengrajin Industri Genteng Sokka Desa Giwangretno, Kebumen(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2021-12-21) Ida MuslihaPada dasarnya suatu usaha yang dapat menghasilkan kualitas produk sesuai dengan tuntutan pelanggan dapat memenangkan persaingan. Persaingan tidak hanya terletak pada seberapa tinggi tingkat produktivitas suatu usaha ataupun seberapa rendah harga produk, tetapi juga pada kualitas produk. Suatu usaha harus mampu berkomitmen menghasilkan produk berkualitas tinggi dalam setiap kegiatan produksinya. Action untuk meningkatkan kualitas produk diantaranya dengan selalu memperhatikan segala prosesnya secara detail mulai dari kualitas bahan baku serta proses produksinya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji pengaruh kualitas bahan baku terhadap kualitas produk, (2) menguji pengaruh proses produksi terhadap kualitas produk. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengrajin industri genteng Sokka Desa Giwangretno Kabupaten Kebumen yang berjumlah 112 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 112 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi dengan alat bantu SPSS 22.0 for windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) kualitas bahan baku berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas produk, (2) proses produksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas produk
- ItemPengaruh Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian dengan Customer Trust sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Pstore di Instagram)(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022) Rahmadhanty SetyowatiPerkembangan bisnis yang sangat pesat saat ini tidak luput dari perkembangan teknologi yang sangat pesat pula, hal ini menyebabkan pemasar harus jeli dalam memanfaatkan teknologi dan terus berinovasi terhadap produk dan strategi pemasarannya. Hal ini mengubah strategi pemasaran yang tadinya tradisional menjadi digital. Salah satu Teknik yang digunakan adalah teknik pemasaran Viral Marketing, pemasar berupaya meningkatkan kepercayaan konsumen menggunakan digital agar konsumen melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Viral Marketing mampu memberikan kepercayaan dan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Pada penelitian ini yang menjadi populasi konsumen Pstore di Instagram. Sampel yang digunaka pada penelitian ini sebanyak 150 orang, Teknik pengambilan sampel meggunakan purposive sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan jawaban dinilai menggunakan skala likert. Untuk mengetahui keakuratan pengukur serta kestabilan parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan pengujian kuesioner dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, untuk analisis data menggunakan regresi dengan alat bantu SPSS 22.0 for windows dan untuk mendukung hasil mediasi menggunakan Sobel Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Viral Marketing berpengaruh positif dan signifikan tergadap Keputusan pembelian, Viral Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian yang dimediasi oleh Customer Trust, dalam hal ini berupa memediasi Sebagian (partial mediation).
- ItemPengaruh Website Quality Terhadap Purchase Intention Yang Dimediasi Oleh Trust Pada Website Sociolla.Com(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-01-11) Fifin MasrurohPertumbuhan Industri e-commerce yang semakin pesat menjadikan para pengusaha e-commerce berlomba-lomba untuk memenangkan pangsa pasar di Indonesia. Hal ini mengharuskan seorang pemasar membuat berbagai pengembangan strategi pemasaran untuk dapat bersaing. Sociolla.com merupakan website e-commerce asal Indonesia yang menawarkan produk kecantikan dan perawatan kulit. Berbagai macam penjualan dam usaha yang dilakukan oleh Sociolla.com dalam menarik pelanggan terutama kaum hawa dengan mendesain website semenarik mungkin untuk mempertahankan website quality dan meningkatkan costumer online purchase intention. Peningkatan keamanan dan layanan yang bagus dari tim Sociolla.com juga dapat mendorong costumer trust pada website tersebut. Dengan menciptakan website quality yang bagus akan tercipta kepercayaan (trust) dalam diri konsumen sehingga dapat mendorong terjadinya purchase intention. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara (1) website quality terhadap purchase intention (2) website quality terhadap trust (3) trust terhadap purchase intention (4) trust memediasi pengaruh website quality terhadap purchase intention. Populasi penelitian ini adalah konsumen Sociolla.com yang pernah melakukan purchase intention di website Sociolla.com. Sampel penelitian ini berjumlah 125 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling (judgement sampling). Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang terjawab lengkap, sesuai kriteria dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan pengujian Baron & Kenny (1986). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel website quality dan trust berpengaruh terhadap purchase intention. Selain itu, trust juga memediasi secara parsial untuk pengaruh website quality terhadap purchase intention.
- ItemPengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Kebutuhan Mencari Variasi dan Word of Mouth terhadap Perpindahan Merek (Studi pada perpindahan merek skincare lain ke skincare MS Glow di Purworejo)(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-01-11) Wiwit WidyaningsihSekarang ini banyak merek produk skincare yang muncul dan bersaing di pasar sehingga konsumen memiliki beragam pilihan dan alternative produk skincare yang dapat memenuhi kebutuhannya. Seiring berjalannya waktu, brand baru bermunculan dan mencoba meneliti pangsa pasar skincare MS Glow. Pada penelitian ini peneliti memfokuskan penelitian pada konsumen yang berpindah merek dari skincare lain ke skincare MS Glow. Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen terhadap Perpindahan Merek, (2) Kebutuhan Mencari Variasi terhadap Perpindahan Merek, (3) Word of Mouth terhadap Perpindahan Merek. Objek Penelitian ini adalah skincare MS Glow. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang berpindah merek dari skincare lain ke skincare MS Glow di Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 responden. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrument pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ketidakpuasan konsumen, kebutuhan mencari variasi dan word of mouth secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek pada konsumen skincare lain yang berpindah ke skincare MS Glow di Purworejo. Dengan demikian, seluruh hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terbukti dan dapat diterima.
- ItemPengaruh Sales Promotion dan Store Atmophere terhadap Impulse Buying dengan Positive Emotion sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Guardian di Malioboro Mall Yogyakarta)(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-01-12) Angki Yustica WedarningtyasPerkembangan perusahaan ritel nasional semakin meningkat. Tingkat persaingan yang semakin tinggi menuntut perusahaan menyusun strategi terbaik untuk dapat bertahan dan memenangkan persaingan di dalam bisnis ritel. Berkembangnya ritel-ritel tersebut tentu akan berimbas terhadap konsumen, yang mana konsumen akan lebih konsumtif dalam berbelanja. Berbelanja merupakan hal yang sangat dibutuhkan konsumen untuk memuaskan emosionalnya. Perilaku memuaskan emosional inilah yang menjadi pergerseran perilaku pada konsumen yaitu perilaku berbelanja secara terencana menjadi tidak terencana (impulse buying). Impulse buying dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya yaitu sales promotion, store atmophere, dan positive emotion. Penelitian ini disusun untuk menguji pengaruh: sales promotion terhadap impulse buying, store atmosphere terhadap impulse buying, sales promotion terhadap positive emotion, store atmosphere terhadap positive emotion, positive emotion terhadap impulse buying, positive emotion dalam memediasi pengaruh sales promotion terhadap impulse buying, dan positive emotion dalam memediasi pengaruh store atmosphere terhadap impulse buying. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah pelanggan Guardian di Malioboro Mall Yogyakarta. Sampel pada penelitian ini sebanyak 120 responden. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah valid dan reliabel. Pembuktian hipotesis menggunakan analisis hierarchical regression procedures. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: sales promotion berpengaruh positif terhadap impulse buying konsumen Guardian Malioboro Mall Yogyakarta, store atmosphere berpengaruh positif terhadap impulse buying konsumen Guardian Malioboro Mall Yogyakarta, sales promotion berpengaruh positif terhadap positive emotion konsumen Guardian Malioboro Mall Yogyakarta, store atmosphere berpengaruh positif terhadap positive emotion konsumen Guardian Malioboro Mall Yogyakarta, positive emotion berpengaruh positif terhadap impulse buying konsumen Guardian Malioboro Mall Yogyakarta, positive emotion dapat memediasi pengaruh sales promotion terhadap impulse buying, dapat diterima dengan bentuk berupa partial mediation, dan positive emotion memediasi store atmosphere terhadap impulse buying, dapat diterima dengan bentuk berupa partial mediation.
- ItemAnalisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Untuk Kelancaran Produksi Pada Home Industry Sumpia Lintang Kebumen(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-01-12) Zilfah NajihaKelancaran proses produksi merupakan salah satu tujuan yang sangat diharapkan perusahaan yang melakukan kegiatan produksi. Salah satu upaya untuk mewujudkan kelancaran proses produksi adalah dengan menerapkan metode pengendalian persediaan yang tepat. Objek penelitian ini adalah jumlah persediaan, jumlah pembelian, jumlah pemakaian bahan baku yang digunakan untuk proses produksi, serta biaya pemesanan dan penyimpanan bahan baku. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, digunakan untuk mengkaji secara mendalam tentang penerapan metode Economic Order Quantity (EOQ) dalam pengendalian persediaan bahan baku di Home Industry Sumpia Lintang Kebumen. Dari hasil penelitian diperoleh jumlah persediaan optimal dengan metode Economic Order Quantity (EOQ) pada tahun 2020 untuk bahan baku sumpia dalam jumlah 1.979/sak dengan 5 kali melakukan pemesanan dalam waktu satu tahun dan hanya menghabiskan biaya persediaan sebesar Rp Rp 4.875.112. Jika dibandingkan dengan kebijakan perusahaan yang melakukan pemesanan sebanyak 12 kali dalam waktu satu tahun dalam jumlah 888,5/sak yang menghabiskan biaya sebesar Rp 7.268.766 maka dengan menggunakan metode EOQ perusahaan dapat menghemat biaya persediaan sebesar Rp. 2.393.654. Home Indsutry Sumpia Lintang Kebumen tidak menetapkan adanya persediaan pengaman dalam kebijakannya. Sedangkan dengan metode EOQ perusahaan harus mengadakan persediaan pengaman untuk memperlancar proses produksi, dimana untuk bahan baku sebesar 20,5/sak. Adanya titik pemesanan kembali dengan metode EOQ untuk mengantisipasi keterlambatan pengiriman bahan baku kembali pada saat persediaan bahan baku berada dalam jumlah 91,5/sak.
- ItemPengaruh Service Quality terhadap Customer Loyalty dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna J&T Express di Purworejo)(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-01-13) Umi SilfanaPerkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju membuat industri jasa semakin meningkat. Hal ini menyebabkan banyak persaingan diantara perusahaan jasa, salah satunya perusahaan jasa pengiriman barang. Adanya keluhan konsumen juga menjadikan persaingan dengan kompetitor lain semakin ketat. Oleh sebab itu perusahaan harus meningkatkan service quality yang tinggi. Akan tetapi tidak setiap konsumen memiliki penilaian yang sama pada service quality. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh (1) service quality terhadap customer loyalty (2) service quality terhadap customer satisfaction (3) customer satisfaction terhadap customer loyalty (4) service quality terhadap customer loyalty yang dimediasi customer satisfaction. Metode penelitian ini menggunakan kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan survei. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna J&T Express di Purworejo. Sampel penelitian ini berjumlah 125 responden. Pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Analisis data menggunakan hierarchical regression analysis dan sobel test. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan hierarchical regression analysis dapat disimpulkan bahwa: service quality dan customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty pada konsumen J&T Express di Purworejo, service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction pada konsumen J&T Express di Purworejo. Selain itu, customer satisfaction juga memediasi pengaruh service quality terhadap customer loyalty pada konsumen J&T Express di Purworejo. Dari hasil perhitungan sobel test menunjukkan bahwa secara tidak langsung service quality mempunyai pengaruh signifikan terhadap customer loyalty dengan dimediasi oleh customer satisfaction pada konsumen J&T Express di Purworejo.
- ItemPengaruh Supply Chain Management dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja UMKM (Studi Pada UMKM Opak di Desa Cledok Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-01-14) Atika Dewi AndrianiPerkembangan dunia saat ini semakin pesat, terutama dalam bidang industri atau usaha. Hal ini berdampak pada persaingan yang semakin tinggi antar industri yang ada. Berbagai upaya dilakukan untuk menjadi industri atau usaha yang terbaik. salah satu permasalahan yang berkaitan dengan UMKM adalah kinerja UMKM itu sendiri. Terdapat beberapa strategi yang dapat diterapkan melalui Supply Chain Management (SCM) dan keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja operasi UMKM itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penerapan SCM dan keunggulan bersaing terhadap kinerja UMKM. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UMKM opak yang berada di Desa Cledok Kecamatan Kaliwiro Kabuoaten Wonosobo yang berjumlah 98 UMKM. Pengambilan sampel menggunakan metode sampel jenuh yaitu sampel diambil dari seluruh populasi yang ada pada UMKM opak di Desa Cledok. Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei dan pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Instrumen utama yang digunakan untuk memperoleh data kuesioner masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisi data dilakukan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; (1) Supply Chain Management (SCM) berpengaruh positif terhadap kinerja UMKM; dan (2) Keunggulan Bersaing berpengaruh positif terhadap Kinerja UMKM
- Itempengaruh Kecerdasan Emosional dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Perawat (Studi pada Perawat Rumah Sakit Harapan Magelang)(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-01-17) Tiwi Novitasari.Kinerja perawat merupakan salah satu hal yang sangat penting di dalam Rumah Sakit. Kinerja perawat yang baik merupakan kinerja yang mengikuti tata cara atau prosedur sesuai standar yang telah ditetapkan demi mencapai suatu tujuan organisasi. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja seseorang yaitu kemampuan kecerdasan emosional dan stres kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kecerdasan emosional dan stres kerja terhadap kinerja perawat pada Rumah Sakit Harapan Magelang. Sampel penelitian dengan menggunakan teknik sampling jenuh yang terdiri dari 92 orang perawat Rumah Sakit Harapan Magelang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data penelitian menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 24.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perawat, stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja perawat.
- ItemPengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Perawat (Studi Pada Perawat RSUD Prembun)(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-01-17) Yayank Praharesti EryaniKinerja Perawat merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan di dalam sebuah Rumah Sakit karena perawat memiliki peranan yang sangat penting dalam penanganan langsung terhadap pasien. Motivasi kerja dan disiplin kerja menunjukkan faktor yang mampu mempengaruh kinerja seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh motivasi kerja dan disiplin kerja baik secara parsial maupun simultan terhadap kinerja perawat RSUD Prembun. Sampel penelitian dengan menggunakan teknik sampling total yang terdiri dari 137 perawat RSUD Prembun. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data penelitian menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 24.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perawat, disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perawat, dan motivasi kerja dan disiplin kerja berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kinerja perawat.
- Itempengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Yang dimediasi Oleh Kepuasan Kerja (Studi pada CV. Navil Natural Bantul)(Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-01-17) Toni SetiawanSuatu organisasi yang baik pemerintah maupun non pemerintahan banyak ditentukan oleh kualitas dari sumber daya manusia yang ada, dimana sumber daya manusia tersebut berperan merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan organisasi yang bersangkutan. Kualitas dari sumber daya manusia dapat diukur melalui kinerjanya. Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja seorang karyawan diantaranya motivasi kerja dan kepuasan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh motivasi kerja terhaap kinerja karyawan yang dimediasi oleh kepuasan kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan CV. Navil Natural Bantul yang berjumlah 65 orang. Pengambilan sampel ini menggunakan metode sampel jenuh yaitu sampel diambil dari seluruh populasi yang ada pada CV. Navil Natural Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan Hierarchical Regression Analysis dan diperkuat dengan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. (2) Motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja. (3) Kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. (4) Kepuasan kerja memediasi pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan (Partial Mediation)