Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Berbasis HSSC (Honda Studen Skill Contes) Untuk meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Kelas XI TBSM 1 di SMK Muhammadiyah 1 Kertosono
No Thumbnail Available
Date
2024-07-09
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui apakah Pembelajaran dengan menggunakan tutor sebaya berbasis honda student skill contest dapat meningkatkan Hasil belajar siswa kelas XI Teknik dan Bisnis sepeda motor di SMK Muhammadiyah 1 Kertosono. 2) Mengetahui apakah Pembelajaran dengan menggunakan tutor sebaya berbasis honda student skill contest dapat meningkatkan Keaktifan siswa kelas XI TBSM di SMK Muhammadiyah 1 Kertosono
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi penelitian Adalah seluruh kelas XI TBSM 1 yang berjumlah 25 Siswa dan 1 Siswi, sampel yang digunakan oleh peneliti adalah seluruh siswa kelas XI TBSM 1 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling jenuh/Total Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode Observasi dan Tes. Teknik analisis data diolah dengan cara menghitung rerata dan Menggunakan Prosentase Rerata.
Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa setelah Siklus I dan Siklus II. Pada saat siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 11 siswa 42%, Keaktiafan 8 siswa 31%, Siklus 2 siswa yang mencapai KKM Sebanyak 22 siswa 85%, keaktifan 22 siswa 85%