Pendidikan Teknik Otomotif

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 5 of 103
  • Item
    Pengembangan Media Pembelajaran Audio Video Pada Sistem Stater Sepeda Motor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKRO SMK Muhammadiyah Wanareja
    (Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-09-05) Gilang Wisnu Yudhatama
    Pendidikan memiliki dua subjek pokok yang saling berinteraksi yaitu pendidik dan subjek didik. Subjek-subjek itu tidak harus selalu manusia, tetapi dapat berupa media atau alat-alat pendidikan, sehingga pada pendidikan terjadi interaksi antara pendidik dengan subjek didik guna mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Membuat pengembangan media pembelajaran audio video system starter; (2) Mengetahui kelayakan proses pengembengan media pembelajaran audio vidio pada materi system starter; (3) Mengetahui efektivitas media audio video pada materi system starter. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian Research and Development. Langkah-langkah dalam metode R & D meliputi: potensi dan masalah; pengumpulan data; desain produk; validasi desain; dan uji coba. Data hasil belajar kelas eksperimen dapat dilihat dengan jumlah data sebanyak 20 siswa. Dengan pembelajaran menggunakan media yang telah dikembangkan mendapat hasil berupa nilai rata-rata sebesar 51,75 pada pre-test dan 76,25 pada post-test. Data hasil tanggap media oleh siswa didapatkan nilai rata-rata presentase sebesar 78,35 % yang menunjukkan bahwa media pembelajaran audio video materi system starter yang telah dikembangkan dikatakan baik. Data Hasil uji Mann Whitney diperoleh nilai p 0,04 < 0.05 hal tersebut menujukan bahwa ada perbedaan hasil belajar pada saat pre-test dan post- test. Dengan data tersebut dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis video system starter mendapat hasil yang sangat baik dan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran
  • Item
    Penerapan Program Magang Industri Terhadap Peningkatan Soft Skill Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
    (Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-09) Sendy Diaz Erlangga
    Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui seperti apa penerapan program magang industri terhadap peningkatan softskill; (2) seberapa besar magang industri berpengaruh terhadap peningkatan softskill; Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto dan dilakukan pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo dengan jumlah sampel sebanyak 39 Mahasiswa. Data pada penelitian ini diambil dengan menggunakan angket. Teknik analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah teknik analisis regresi linear sederhana dan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan program magang industri terealisasikan dengan baik dan sejalan dengan peningkatan softskill (2) magang industri berpengaruh terhadap peningkatan softskill mahasiswa, dengan Dari hasil pengujian hipotesis yang di lakukan pada Peningkatan Soft Skill terdapat nilai sig sebesar, 0,00 < 0,05 / 4,238 > 2,056, maka terdapat pengaruh
  • Item
    Penerapan Program Magang Industri Terhadap Peningkatan Soft Skill Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
    (Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-09-05) Sendy Diaz Erlangga
    Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui seperti apa penerapan program magang industri terhadap peningkatan softskill; (2) seberapa besar magang industri berpengaruh terhadap peningkatan softskill; Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto dan dilakukan pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo dengan jumlah sampel sebanyak 39 Mahasiswa. Data pada penelitian ini diambil dengan menggunakan angket. Teknik analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah teknik analisis regresi linear sederhana dan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan program magang industri terealisasikan dengan baik dan sejalan dengan peningkatan softskill (2) magang industri berpengaruh terhadap peningkatan softskill mahasiswa, dengan Dari hasil pengujian hipotesis yang di lakukan pada Peningkatan Soft Skill terdapat nilai sig sebesar, 0,00 < 0,05 / 4,238 > 2,056, maka terdapat pengaruh.
  • Item
    Pengaruh Gaya Belajar Visual Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Kelas XI Teknik Otomotif di SMK Ma’arif 9 Kebumen
    (Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-09-05) Soni Mahendra
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar visual terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran kelistrikan otomotif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan tehnik analisis deskriptif, yakni penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data yang dibutuhkan dan berhubungan dengan masalah penelitian dengan subjek penelitian yaitu kelas XI Teknik Otomotif dengan jumlah 22 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) untuk mengetahui pengaruh gaya belajar visual terhadap prestasi belajar siswa yang digunakan untuk penelitian dan soal tes tertulis yang berbentuk pilihan ganda 20 soal. Uji analisis data menggunakan Uji Korelasi, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t-test. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian maka dapat dikemukakan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar visual terhadap prestasi belajar mata pelajaran kelistrikan otomotif siswa kelas XI Teknik Otomotif SMK 9 Ma’arif Kebumen. Hal ini dikuatkan oleh hasil uji korelasi sebesar 0,00 yang artinya antara dua variable tersebut mempunyai hubungan berkorelasi karena signifikan < 0,05 berarti gaya belajar visual dan koefisien determinasi atau koefisien penentu (KP) variabel gaya belajar visual terhadap kenaikan prestasi belajar sebesar 67,1% yang artinya pengaruh gaya belajar visual terhadap prestasi belajar temasuk kategiri tinggi maka dari itu akan meningkatkan prestasi belajar listrik otomotif.
  • Item
    Pengaruh Penggunaan Variasi Berat Roller Cvt Terhadap Kecepatan Pada Sepeda Motor Honda Scoopy
    (Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-09-05) Arief Dharmawan
    ujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variasi berat roller terhadap daya (power) pada motor Honda Scoopy 110 cc?, Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variasi berat roller terhadap torsi pada sepeda motor Honda Scoopy 110 cc? Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen yang merupakan penelitian kuantitatif. Suatu penelitian eksperimen (experimental research), dan menggunakan uji T. Berdasarkan hasil analisis uji dynotest. didapatkan daya (power) tertinggi oleh roller 11 gram dengan daya 9.4 HP di 3114 rpm. Daya di dapatkan di berat roller 9 gram dengan 9.2 hp di 3285 rpm, dalam uji T terjadi perubahan signifkan di uji 2 dengan nilai sig 0.00 < dari 0.05 maka dapat disimpulkan uji 2 menggunakan berat roller 9 gram mengalami kenaikan uji daya secara signifikan. Dan pada uji 4 dengan nilai sig 0.00 < dari 0.05 maka dapat disimpulkan uji 4 menggunakan berat roller 11 gram mengalami kenaikan uji daya secara signifikan Dan pada uji 6 dengan nilai sig 0.00 < dari 0.05 maka dapat disimpulkan uji 6 menggunakan berat roller 13 gram mengalami kenaikan uji daya secara signifikan..hasil analisi uji torsi N.m didapatkatkan torsi paling tinggi di berat roller 8 gram dengan torsi 30.56 N.m pada putaran 1386 rpm. Adapun hasil uji T terjadi perubahan signifkan di uji 1 dengan nilai sig 0.00 < dari 0.05 maka dapat disimpulkan uji 9 menggunakan berat roller 8 gram mengalami kenaikan uji torsi N.m secara signifikan. Dan pada uji 2 dengan nilai sig 0.00 < dari 0.05 maka dapat disimpulkan uji 2 menggunakan berat roller 9 gram mengalami kenaikan uji daya secara signifikan.