Pengembangan Asesmen Pembelajaran Roda Putar Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila Materi Sejarah Kerajaan di Indonesia Kelas IV SD Negeri Kedungkamal
No Thumbnail Available
Date
2025-01-13
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk; Pertama menghasilkan produk berupa pengembangan asesmen pembelajaran roda putar terintegrasi profil pelajar pancasila materi sejarah kerajaan di Indonesia kelas IV SD Negeri Kedungkamal. Kedua mengetahui kelayakan asesmen pembelajaran roda putar terintegrasi profil pelajar pancasila materi sejarah kerajaan di Indonesia kelas IV SD Negeri Kedungkamal.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu R&D (Research and Development) model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan. Subjek penelitian yaitu 14 peserta didik kelas IV SD Negeri Kedungkamal tahun pelajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data yaitu dengan pendekatan kualitatif (observasi, wawancara) dan kuantitatif (angket validasi ahli media, ahli materi, respon peserta didik dan respon guru). Analisis data dilakukan dengan menghitung kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Hasil penelitian yaitu; Pertama penelitian ini menghasilkan produk berupa Asesmen Pembelajaran Roda Putar Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila Materi Sejarah Kerajaan di Indonesia Kelas IV SD Negeri Kedungkamal. Kedua hasil kevalidan produk memperoleh persentase 91% kategori sangat valid. Ketiga hasil kepraktisan memperoleh persentase 99% kategori sangat praktis. Aspek keefektifan dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa pada uji terbatas mendapatkan skor 0,8 kategori tinggi dan uji coba luas skor 0,69 kategori sedang. Berdasarkan kajian tersebut dapat disimpulkan bahwa Asesmen Pembelajaran Roda Putar Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila Materi Sejarah Kerajaan di Indonesia Kelas IV SD Negeri Kedungkamal layak digunakan sebagai asesmen pembelajaran di sekolah dasar.