Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 5 of 70
  • Item
    Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model PBL Materi Kubus dan Balok Kelas VI SDN Bener
    (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-02-28) Efa Suryana
    Penelitian bertujuan 1) mengetahui model pembelajaran PBL meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI SDN Bener, 2) mengetahui model pembelajaran PBL meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Bener. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK dilaksanakan dua siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian pada kelas VI SDN Bener jumlah siswa 23. Pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Instrumen dengan lembar observasi dan tes evaluasi. Analisis data menggunakan rerata dan presentase Hasil analisis diperoleh 1) hasil persentase kemampuan berpikir kritis siswa pra siklus 66,96% kategori baru berkembang meningkat 75,65% kategori layak pada siklus I, meningkat 85,48% kategori cakap pada siklus II. Nilai sudah mencapai kriteria keberhasilan yaitu minimal 75% dari jumlah seluruh siswa kriteria kategori cakap. 2) hasil belajar siswa pra siklus 63,74 ketuntasan 26,09%. Rerata hasil belajar siklus I meningkat 68,48 ketuntasan mencapai 34,78% , siklus II meningkat 80,00 ketuntasan 80,95% kriteria keberhasilan tercapai ≥75% . Jadi, model PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa di kelas VI SDN Bener .
  • Item
    Analisis Kemampuan Siswa Dalam Mengerjakan Soal STS Seni Rupa Ditinjau Dari Aspek HOTS Pada Kelas VI-B SDIT Ulul Albab 01 Purworejo
    (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-02-28) Bambang Pamungkas
    Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan Kemampuan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Sumatif Tengah Semester Seni Rupa ditinjau dari aspek HOTS pada kelas VI-B SDIT Ulul Albab 01 Purworejo., 2) Mendeskripsikan Perbedaan Tingkat Kemampuan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Sumatif Tengah Semester Seni Rupa ditinjau dari aspek HOTS pada kelas VI-B SDIT Ulul Albab 01 Purworejo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menganalisis dokumen. Subjek dan objek penelitian adalah 29 siswa kelas VI-B SDIT Ulul Albab 01 Purworejo dan soal beserta jawaban hasil pekerjaan siswa terkait Sumatif Tengah Semester Seni Rupa yang terdiri dari 15 soal pilihan ganda, 10 uraian singkat dan 5 essai. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah wawancara siswa dan dokumentasi berupa analisis dokumen. Kemudian, hasil dari analisis data akan dituangkan dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Kemampuan HOTS siswa terbagi menjadi empat kemampuan. Kemampuan itu meliputi Sangat Baik, Baik, Cukup dan Kurang. 2) Terdapat perbedaan tingkat kemampuan siswa kelas VI-B SDIT Ulul Albab 01 Purworejo. Perbedaan kemampuan tersebut diketahui berdasarkan hasil analisis data dimana terdapat 3 siswa masuk dalam ketegori Sangat Baik, terdapat 16 siswa masuk dalam ketegori Baik, terdapat 6 siswa masuk dalam ketegori Cukup dan terdapat 4 siswa masuk dalam ketegori Kurang.
  • Item
    Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Berbasis HOTS dan Profil Pelajar Pancasila Pada Materi Ekosistem Untuk Kelas V SD N Kunir
    (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-03-19) Anissa Fitria Ningsih
    Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menghasilkan produk media pembelajaran monopoli berbasis HOTS dan profil pelajar pancasila pada materi ekosistem untuk kelas V SD N Kunir yang sesuai dengan prosedur pengembangan research and development, 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran monopoli berbasis HOTS dan profil pelajar pancasila pada materi ekosistem kelas V SD N Kunir. . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap pengembangan. Subjek penelitian yaitu murid kelas V SD N Kunir tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah 12 murid. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Instrument yang ada dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, wawancara, validasi ahli materi, media, guru dan respon murid serta soal tes. Analisis data yaitu analisis validitas, analisis kepraktisan, analisis keefektifan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran monopoli berbasis HOTS dan profil pelajar pancasila pada materi ekosistem untuk kelas V SD N Kunir, 2) Hasil validitas produk memperoleh skor rata-rata 3,6 dengan kriteria sangat valid, hasil kepraktisan 3,65 dengan kriteria sangat praktis, hasil keefektifan 0,62 dengan kriteria efektif. Berdasarkan kajian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran monopoli berbasis HOTS dan profil pelajar pancasila pada materi ekosistem layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar.
  • Item
    Media Display Dari Bahan Limbah An-Organik Sebagai Media Pembelajaran IPA Kelas V Di SD Negeri 2 Banyumudal
    (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-07-26) Achmat Iwan Wanandi
    Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media display dari bahan limbah an-organik, (2) mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pengembangan media display dari bahan limbah an-organik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 2 Banyumudal. Penelitian dilakukan pada tahun pelajaran 2023/2024. Uji coba terbatas dilakukan terhadap 9 peserta didik, uji coba luas dilakukan terhadap 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Instrumen pembelajaran berupa silabus dan modul ajar sedangkan instrumen penilaian berupa lembar validasi ahli media, materi dan praktisi. dan angket respons peserta didik. Teknik analisis data kelayakan media display berdasarkan hasil validasi ahli media, ahli materi, dan praktisi. Kepraktisan media display diukur berdasarkan hasil angket respons peserta didik, keefektifan diukur berdasarkan nilai evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian pengembangan media display: (1) dihasilkan produk berupa media display yang dapat digunakan sebagai bahan referensi sumber dan media belajar, (2) hasil kevalidan media display dari mendapat rata-rata 3.6 dengan kriteria valid, (3) kepraktisan media display dilihat dari respons peserta didik pada tahap uji coba luas mendapat persentase 89,55% dengan kategori sangat praktis. (4) keefektifan media display dilihat dari nilai evaluasi pada tahap uji coba luas mendapat rata - rata 87.2 dengan kategori sangat efektif. Maka, disimpulkan bahwa media display dari bahan limbah an-orga nik dapat dikategorikan valid, praktis, dan efektif sebagai sumber belajar untuk pembelajaran di SD.
  • Item
    Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Pembelajaran Mind Mapping Pada Materi Negara Maritim dan Agraris Kelas V SDN Pekutan
    (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-03-28) Revel Krisna Saputra
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran Mind Mapping terhadap peningkatan hasil belajar pada materi Negara Maritim dan Agraris pada siswa kelas V SD Negeri Pekutan Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo Jawa Tengah. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2023/2024 dalam dua siklus setiap siklus ada 2 pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas V SD Negeri Pekutan yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes evaluasi, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, metode pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Pekutan. Hal tersebut dibuktikan dengan data yang diperoleh melalui observasi dan tes evaluasi. Obsrvasi yang telah dilakukan, menunjukkan hasil yang baik, hal ini terbukti dari peningkatan presentase pada prasiklus dan tiap siklusnya. Pada tahap prasiklus hasil tes evaluasi yang diperoleh mencapai 35% siswa yang tuntas KKTP, pada postest 1 di siklus I naik dengan presentase menjadi 65% siswa tuntas KKTP, pada postest 2 di siklus II Presentase ketuntatsan siswa naik menjadi 90%. Dengan demikian ketercapaian kompetensi yang dihasilkan dengan presentase 90% siswa berkategori tuntas, melebihi indikator keberhasilan dengan pencapaian kompetensi kelas mencapai lebih dari 80%. Hasil belajar peserta didik selalu mengalami peningkatan pada setiap tahapannya sehingga penerapan metode pembelajaran Mind Mapping dapat dikatakan berhasil.