Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 5 of 115
  • Item
    Implementasi Mode Learning untuk Meningkatakan Keterampilan Leaderships Siswa Pada Materi Keliling dan luas bangun datar kelas IV SD Negeri 1 Pohkumbang
    (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-09-13) Syifa Apriyanti
    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan Leadership siswa pada materi keliling dan luas bangun datar dengan mengimplementasikan model Learning Together untuk siswa kelas IV SD Negeri 1 Pohkumbang. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis, serta refleksi. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara, tes, serta dokumentasi dengan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi pra siklus, wawancara, tes dengan cara subjektif berupa lembar kerja siswa dan objektif berupa penilaian sikap mengenai keterampilan Leadership. Hasil pengukuran peningkatan leaderships siswa dengan menerapkan model learning together pada siklus I diperoleh 35% dengan jumah siswa tuntas 7 anak dan 13 siswa belum tuntas. Pada siklus ke II diperoleh persentase 85% dengan jumlah siswa tuntas 17 siswa , ini berarti target yang ingin dicapai adalah 80% telah terpenuhi, sehingga tindakan berhenti pada siklus II. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model learning together dapat meningkatan keterampilan leadership siswa Dibuktikan dari pencapain siklus I dan II, hal ini dinilai kuat dan berpengaruh positif bagi peningkatan keterampilan leadership siswa, sehingga indikator-indikator keterampilan leadership siswa dapat diterapkan dengan model learning together pada pengelolaan kelas yang dirancang baik oleh guru.
  • Item
    Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Kontekstual dan Karakter Pada Materi Hak dan Kewajiban Anak Kelas IV Di Sekolah Dasar
    (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-09-13) Akhadiyah Dwi Kusumaningtyas
    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui prosedur mengembangkan media pembelajaran scrapbook berbasis kontektual dan karakter materi hak dan kewajiban anak untuk kelas IV Sekolah Dasar. 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran scrapbook berbasis kontektual dan karakter materi hak dan kewajiban anak untuk kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan Penelitian Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Wirun yang berjumlah 32 peserta didik. Penelitian ini mengacu pada model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry pada tahun 1996. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation . Instrumen dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli media dan ahli materi, angket respon peserta didik, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penelitian pengembangan media pembelajaran scrapbook menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 (Lima) tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. 2) Kelayakan media pembelajaran scrapbook pada aspek kelayakan dari ahli media 96,6% dan ahli materi 93,75% dengan kategori sangat layak. Pada aspek kepraktisan dari hasil respon peserta didik saat uji coba terbatas mendapat 100%, uji coba lebih luas mendapat 99,6%. Hasil keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan 1 oleh observer I dan II mendapat 93,3%, dan pada pertemuan II oleh observer I dan II mendapat 100% dengan kriteria sangat praktis. Aspek keefektifan dari hasil tes peserta didik mendapat 92% dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan dari hasil kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan maka media pembelajaran scrapbook berbasis konteksstual dan karakter dapat dikatakan layak untuk digunakan.
  • Item
    Pengembangan Komik Berbasis Kearifan Lokal Terintegrasi profil Pelajar Pancasila Materi Energi Untuk Kelas IV Di SDN Kertojayan
    (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-09-04) Qomairoh Dinda Eva Z
    Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan produk benipa komik sebagai media pembelajaran kelas IV pada materi energi. 2) Mengetfi.ui kelayakan koinik sebagai media pembelajaran kelas IV pada materi energi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian dan pengembangan {Research and development) dengan menggunakan model 4-D {DeJine, Design, Develop, dan D“useminate). Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV SDN Kliwonan tahun pelajaran 2023/2024 dengan jumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data ddam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket, dan lembar tes. Data yang diperoleh yaitu validasi, respon peserta didik, dan keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian pengembangan ini adalah: I) penelitian ini mengbasilkan produk berupa komik berbasis kearifan lokal terintegrasi profil pelajar Pancasila. 2) hasil analisis validasi oleh ahli media memperoleh persentase 91% dengan kategori sangat layak, ahli materi memperoleh persentase 92% dengan kategori sangat layak, ahli pendidikan memperolehpersentase 87% dengan kategori sangat layak. Hasil analisis respon peserta didik diperoleh persentase keseluruhan 91% dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran diperoleh persentase keselunihan 95% dengan kategori sangat pniktis. Hasil score gaf‘n memperoleh rerata 82,5 dengan kategori tinggi sekali. Sehingga komik berbasis keañfan lokal profil pelajar Pancasila pada mata pelajaian lPAS materi energi untuk kelas IV sangat efektif digunakan sebagai altematif sumber belajardi sekolah dasar.
  • Item
    Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Peninggalan Sejarah kelas IV SD Negeri Sukowuwuh
    (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-09-03) Naili Lilya
    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan produk berupa Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Peninggalan Sejarah Kelas IV Sekolah Dasar yang sesuai prosedur pengembangan research and development. 2) Mengetahui kelayakan Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Peninggalan Sejarah Kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model penelitian menggunakan ADDIE terdiri dari 5 tahapan pengembangan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri Sukowuwuh tahun pelajaran 2023/2024 dengan jumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar observasi, wawancara, angket validasi ahli media, ahli materi, respon guru respon siswa dan tes. Teknik analisis data terdiri dari analisis kelayakan, analisis kepraktisan dan analisis keefektifan. Hasil dari penelitian pengembangan media Pop Up Book adalah: 1) Penelitian ini menghasilkan produk Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Peninggalan Sejarah Kelas IV Sekolah Dasar. 2) Hasil kelayakan produk memperoleh skor rata-rata 82,5% memiliki kategori “sangat layak”, hasil kepraktisan memperoleh skor rata-rata (90%) memiliki kategori “sangat praktis”, hasil keefektifan memperoleh skor rata-rata 0,72 memiliki kategori “sangat efektif”. Berdasarkan kajian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Pop Up Book layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar.
  • Item
    Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam menemukan Ide Pokok Pada teks Narasi kelas IV SD Negeri Babadsari
    (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-09-03) Bayu Fatah Alam
    Penelitian ini bertujuan 1) Kesulitan yang dialami peserta didik adalah belum menguasainya ide pokok, kesulitan saat menentukan kalimat utama dan kesulitan saat menemukan kalimat yang terlalu panjang dalam suatu Paragraf. 2)Peserta didik kesulitan dalam menentukan gagasan utama serta gagasan penjelas/gagasan pendukung.mengetahui kesulitan peserta didik dalam menentukan Ide Pokok Pada Teks Cerita Narasi Kelas IV SD Negeri Babadsari. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 18 siswa kelas IV SD Negeri Babadsari. Objek penelitian adalah hasil tes siswa pada materi ide pokok paragraf pada teks bacaan “Lingkungan” penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan peserta didik dalam menentukan ide pokok paragraf serta mengetahui faktor kesulitan peserta didik dalam menentukan ide pokok paragraf. Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, dan observasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Analisis data meliputi 1) Pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data; 4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah peserta didik memiliki kemampuan menentukan ide pokok paragraf pada teks narasi yaitu peserta didik beranggapan bahwa ide pokok paragraf pada teks narasi itu selalu terdapat pada paragraf pertama. Faktor yang menyebabkan kesulitan peserta didik dalam menentukan ide pokok paragraf diantaranya yaitu kurangnya membaca teks narasi sampai selesai dan juga banyak peserta didik yang pada saat pembelajaran berlangsung tidak memperhatikan. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan dengan 3 soal 1 teks narasi terdapat 11 peserta didik mampu menjawab dengan benar, sedangkan 7 peserta didik yang lain masih belum mampu menjawab dengan benar.