Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 5 of 237
  • Item
    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA TEMA UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN KELAS V SD MUHAMMADIYAH MARGOYOSO
    (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2020-08-20) Ramadlanur Khomsah 162180102
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran role playing pada tema udara bersih bagi kesehatan subtema pentingnya udara bersih bagi pernapasan dan mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran role playing. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan rancangan tindakan dari Arikunto yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan menggunakan 2 siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Margoyoso yang berjumlah 13 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran role playing mengalami peningkatan dari 77% pada siklus I menjadi 91% pada siklus II. Penerapan model pembelajaran tersebut dapat diterapkan pada mata pelajaran temarik. Hasil penelitian juga menunjukkan tingkat keaktifan belajar siswa pada prasiklus masih rendah yaitu 54% dengan kategori kurang aktif. Setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 68% dengan kategori cukup aktif. Meningkat secara signifikan pada siklus II yakni 82% dengan kategori aktif. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menggunakan model pembelajaran role playing pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa
  • Item
    PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN ONLINE DI RUMAH DITINJAU DARI FASE KELAS DI SEKOLAH DASAR
    (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2020-12-08) Nur Khasanah 162180007
    Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana partisipasi orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran online pada siswa dan (2) mengetahui apakah terdapat perbedaan partisipasi yang orang tua berikan pada siswa kelas tinggi dan kelas rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode komparatif yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Seren. Jumlah subjek dalam penelitian ini yaitu 60 orang tua siswa yang terdiri dari kelas I sampai dengan kelas VI tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan tipe stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kuesioner (angket). Selanjutnya, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan menggunakan rumus persentase dan uji beda dua rerata (Uji T). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran online pada siswa diberikan dalam bentuk orang tua sebagai: pendidik, pembimbing, motivator, dan fasilitator. Selanjutnya hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 dan nilai Thitung (5,0597) > Ttabel (2,0003) hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan partisipasi orang tua terhadap pembelajaran online di rumah ditinjau dari fase kelas di Sekolah Dasar. Rata-rata persentase partisipasi orang tua terhadap pembelajaran online di kelas rendah yaitu 75,14% lebih besar dibandingkan rata- rata partisipasi orang tua terhadap pembelajaran online di kelas tinggi yaitu 61,85% sehingga tingkat partisipasi orang tua terhadap pembelajaran online di kelas rendah lebih tinggi dibanding di kelas tinggi.
  • Item
    Efektivitas Modul Pembelajaran IPA Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Peserta Didik Pada Materi Suhu dan Kalor Kelas V di SD Negeri Kepatihan.
    (PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO, 2022-10-12) Ulfa Mubarokah
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan modul IPA berbasis kontekstual pada materi suhu dan kalor terhadap hasil belajar dan aktivitas peserta didik Kelas V SD Negeri Kepatihan Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan menggunakan dua kelas sebagai sample, yaitu kelas ekperimen dengan jumlah peserta didik sebanyak 25 peserta didik dan kelas kontrol berjumlah 25 peserta didik. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest dan posttest group. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar wawancara, lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan validitas sampai uji hipotesis menggunakan uji t independent dan uji pihak kanan. Hasil penelitian dikategorikan efektif jika hasil hipotesis uji t terdapat perbedaan dan uji pihak kanan lebih besar. Hal ini dibuktikan nilai aktivitas peserta didik sebelum perlakuan dengan rerata 2,67 dengan kriteria baik dan sesudah perlakuan 3,52 dengan kriteria sangat baik, nilai hasil belajar dari hasil pretest dengan rerata 52 dengan kriteria baik dan hasil posttest dengan rerata 93 dengan kriteria sangat baik, analisis uji t Modul Pembelajaran IPA terhadap hasil belajar menunjukkan bahwa Thitung>Ttabel yaitu 7,537 > 2,064; sementara uji t Modul Pembelajaran IPA terhadap aktivitas peserta didik menunjukan bahwa Thitung>Ttabel yaitu 36,527 > 2,064. Analisis uji pihak kanan Modul Pembelajaran IPA terhadap hasil belajar menunjukkan bahwa Thitung>Ttabel yaitu 15,495 > 2,013; sementara uji pihak kanan Modul Pembelajaran IPA terhadap aktivitas peserta didik menunjukan bahwa Thitung>Ttabel yaitu 36,755 > 2,013. Disimpulkan bahwa Modul Pembelajaran IPA Berbasis Kontekstual Pada Materi suhu dan Kalor efektif karena hasil uji t terdapat perbedaan yang signifikan dan uji pihak kanan lebih baik dilihat dari hasil rata- ratanya lebih besar daripada nilai KKM kelas klasikal.
  • Item
    Analisis Kesalahan Konseptual Siswa SD Negeri Purworejo dalam Menyelesaikan Soal Cerita Perkalian Pecahan.
    (PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO, 2022-09-30) Vina Damayanti
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan konseptual yang dilakukan oleh siswa Negeri Purworejo dan mengetahui faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan konseptual. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri Purworejo kelas V tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Pemilihan subjek berdasarkan pada nilai ulangan materi pecahan terendah. Subjek yang diambil 6 siswa yaitu 2 laki-laki dan 4 perempuan. Pengumpulan data menggunakan soal materi perkalian pecahan dan lembar wawancara yang telah divalidasi oleh ahli. Analisis data yang digunakan yaitu Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 6 subjek telah melakukan kesalahan konseptual yaitu 1) semua subjek tidak dapat menentukan tujuan soal, 2) semua subjek tidak dapat menuliskan rumus dengan benar, dan 3) semua subjek tidak dapat menghubungkan fakta-fakta yang ada pada soal. Adapun faktor yang mempengaruhi kesalahan konseptual yang ditemukan ketika penelitian yaitu terbagi menjadi 3 kondisi yaitu 1) kondisi siswa saat mengerjakan soal, 2) kondisi tidak memahami konsep dan materi, dan 3) kondisi tidak serius dalam belajar.
  • Item
    Pengembangan E-Modul Interaktif dengan Pendekatan CTL Berbasis Kearifan Lokal Kelas V Tema 6 Panas dan Perpindahannya
    (PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO, 2022-11-02) Ulfa Nurvitasari
    Penelitian Pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan E-Modul Interaktif dengan Pendekatan CTL Berbasis Kearifan Lokal Kelas V Tema 6 Panas dan Perpindahannya (2) Mengetahui Kelayakan E- Modul Interaktif dengan Pendekatan CTL Berbasis Kearifan Lokal Kelas V Tema 6 Panas dan Perpindahannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, desain penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kledungkradenan tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar angket respon peserta didik, lembar keterlaksanaan pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan: (1) E-Modul Interaktif dengan Pendekatan CTL Berbasis Kearifan Lokal Kelas V Tema 6 Panas dan Perpindahannya. (2) Kelayakan E-Modul Interaktif dengan Pendekatan CTL Berbasis Kearifan Lokal Kelas V Tema 6 Panas dan Perpindahannya yang dapat dilihat berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Pada aspek kevalidan dilakukan dengan validasi dosen dan guru mendapatkan rata-rata persentase 94,2%. Hasil keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan I oleh observer I dan observer II mendapatkan rata-rata persentase 95,2% dan pada pertemuan II oleh observer I dan observer II mendapatkan rata-rata persentase sebesar 96,8%. Dilihat dari persentase hasil respon peserta didik dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran E-Modul Interaktif dengan Pendekatan CTL Berbasis Kearifan Lokal Kelas V Tema 6 Panas dan Perpindahannya mendapatkan kriteria sangat praktis. Keefektifan e-modul dilihat dari ketuntasan hasil belajar diperoleh persentase sebesar 91,7% dengan kategori tuntas sehingga E-Modul Interaktif dengan Pendekatan CTL Berbasis Kearifan Lokal Kelas V Tema 6 Panas dan Perpindahannya dinyatakan efektif untuk digunakan dalam sebuah pembelajaran.