Pengaruh Jenis Oli terhadap Daya dan Kecepatan Motor Honda Sonic 150 CC
No Thumbnail Available
Date
2024-09-03
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Viskositas terhadap
kecepatan dengan variasi putaran 5000 rpm dan 7000 rpm dan 9000 rpm pada
Honda Sonic 150 CC. 2) Pengaruh viskositas terhadap daya dengan variasi
putaran 5000 rpm dan 7000 rpm dan 9000 rpm pada Honda Sonic 150 CC..
Metode penelitian ini penelitian ini menggunakan metode penelitian metode
penelitian deskriptif dan kuantitatif. Adapun Tempat pelaksanaan pengujian
analisis dan penelitian dilakukan di bengkel Indra MX Shop N Dyno Test. Subjek
dalam penelitian ini adalah 1 unit sepeda motor Honda Sonic 150 CC dengan
Minyak pelumas SAE 10W-30, SAE 10W-40, dan SAE 15W-50 untuk mengukur
daya dan kecepatan dengan variasi putaran (rpm) mesin yaitu pada putaran 5000
rpm, 7000 rpm dan 9000 rpm. penelitian yang diperoleh dengan melakukan tiga
kali replikasi pada setiap perlakuan, sehingga data yang diperoleh sebanyak 9 data
penelitian. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik
kajian putaka dan teknik eksperimen.
Hasil penelitian terdapat 1) Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa
tingkat kekentalan oli berpengaruh terhadap daya yang dihasilkan, dimana daya
yang dihasilkan berbanding terbalik dengan tingkat viskositas oli, penurunan daya
seiring dengan bertambahnya viskositas oli, daya menurun pada setiap variasi
putaran terlihat daya menurun pada putaran maksimum yaitu 9000 rpm dengan
daya 15,59 hp pada SAE 10W-30, dan angka terus menuru sampai pada titik
14,39 hp pada SAE 15W-50. Sedangkan hal yang sama terjadi pada putaran 7000
rpm daya 14,27 hp pada SAE 10W-30, dan angka terus menuru sampai pada titik
13,17 hp pada SAE 15W-50. Pada putaran 5000 rpm daya yang dihasilkan 5,49 hp
pada SAE 10W-30, dan angka menuru sampai pada titik 4,29 hp pada SAE 15W-
50. Hai ini menunjukkan semakin kental oli yang digunakan maka daya yang
dihasilkan semakin rendah. 2) Hasil dari peneitian menunjukkan bahwa tingkat
kekentalan oli berpengaruh terhadap kecepatan yang dihasilkan, dimana kecepatan
yang dihasilkan terjadi peningkatan dengan tingkat viskositas oli, peningkatan
keceatan seiring dengan bertambahnya viskositas oli, kecepatan pada setiap
variasi putaran terlihat kecepatan naik pada putaran maksimum yaitu 9000 rpm
dengan kecepatan 119,30 kph pada SAE 10W-30, dan angka terus naik sampai
pada titik 123,00 kph pada SAE 15W-50. Sedangkan hal yang sama terjadi pada
putaran 7000 rpm kecepatan yang dihasilkan 95,67 kph pada SAE 10W-30, dan
angka terus naik sampai pada titik 99,00 kph pada SAE 15W-50. Pada putaran
5000 rpm kecepatan yang dihasilkan 72,67 kph pada SAE 10W-30, dan angka
terus naik sampai pada titik 76,00 kph pada SAE 15W-50.