Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Kontekstual dan Karakter Pada Materi Hak dan Kewajiban Anak Kelas IV Di Sekolah Dasar
No Thumbnail Available
Date
2024-09-13
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui prosedur mengembangkan media
pembelajaran scrapbook berbasis kontektual dan karakter materi hak dan kewajiban anak
untuk kelas IV Sekolah Dasar. 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran scrapbook
berbasis kontektual dan karakter materi hak dan kewajiban anak untuk kelas IV Sekolah
Dasar.
Penelitian ini merupakan Penelitian Research and Development (R&D) atau
penelitian pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Wirun yang
berjumlah 32 peserta didik. Penelitian ini mengacu pada model ADDIE yang
dikembangkan oleh Dick and Carry pada tahun 1996. Model pengembangan ADDIE
terdiri dari 5 tahap, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation
. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli media dan ahli materi, angket
respon peserta didik, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan soal tes. Teknik
analisis data menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penelitian pengembangan media
pembelajaran scrapbook menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 (Lima) tahapan
yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. 2) Kelayakan
media pembelajaran scrapbook pada aspek kelayakan dari ahli media 96,6% dan ahli
materi 93,75% dengan kategori sangat layak. Pada aspek kepraktisan dari hasil respon
peserta didik saat uji coba terbatas mendapat 100%, uji coba lebih luas mendapat 99,6%.
Hasil keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan 1 oleh observer I dan II mendapat
93,3%, dan pada pertemuan II oleh observer I dan II mendapat 100% dengan kriteria
sangat praktis. Aspek keefektifan dari hasil tes peserta didik mendapat 92% dengan
kriteria sangat efektif. Berdasarkan dari hasil kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan
maka media pembelajaran scrapbook berbasis konteksstual dan karakter dapat dikatakan
layak untuk digunakan.