Pendidikan Teknik Otomotif
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Teknik Otomotif by Author "Amirudin"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemPengaruh Penggunaan Busi Standar, Platinum, Dan Iridium Terhadap Torsi Pada Sepeda Motor Honda Verza 150 Cc Tahun 2013(Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-01-23) AmirudinPenelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh pemakaian busi standar terhadap torsi sepeda motor, mengetahui pengaruh pemakaian busi platinum terhadap torsi sepeda motor, mengetahui pengaruh pemakaian busi iridium terhadap terhadap torsi sepeda motor. Penelitian ini menggunakan sepeda motor Honda Verza 150 cc tahun 2013. Penelitian ini menggunakan tiga jenis busi yaitu busi standar, platinum, dan iridium. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode experimen. Penelitian dilakukan sebanyak tiga kali dengan mengubah busi yang berjenis standar, paltinum, dan iridium. Pengujian ini menggunakan alat dynamometer yang akan menghasilkan data yang berbentuk grafik dari besaran torsi yang dikeluarkan sepeda motor honda verza 150 cc. Bahan bakar yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan bahan bakar jenis pertalite. Data dari pengujian yang diperoleh dari dynotest akan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan data hasil pengujian, busi standar menghasilkan pengaruh yang rendah terhadap torsi pada sepeda motor honda verza 150 cc hal ini dibuktikan dengan rata-rata torsi tertinggi yang dihasilkan menggunakan alat dynotest sebesar 12,853 N.m pada rasio putaran mesin 6000 Rpm. Busi platinum menghasilkan pengaruh yang tinggi terhadap torsi pada sepeda motor honda verza 150 cc hal ini dibuktikan dengan rata-rata torsi tertinggi yang dihasilkan menggunakan alat dynotest sebesar 13,596 N.m pada rasio putaran mesin 5000 Rpm.Busi iridium menghasilkan pengaruh yang sedang terhadap torsi pada sepeda motor honda verza 150 cc hal ini dibuktikan dengan rata-rata torsi tertinggi yang dihasilkan menggunakan alat dynotest sebesar 13,376 N.m pada rasio putaran mesin 5000 Rpm.