Pendidikan Teknik Otomotif
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Teknik Otomotif by Author "Anam Danu Rokhman"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
- ItemPengembangan Online (E-Modul) Teknologi Motor Diesel Dengan Pendekatan Problem Based Learning Pada Siswa Kelas XI TKRO SMK Pembaruan Purworejo(Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-07-09) Anam Danu RokhmanPenelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi prosedur pengembangan modul pembelaran berbasis online (E-modul) teknologi motor diesel 2) mengetahui kelayakan modul pembelaran berbasis online (E-modul) teknologi motor diesel 3) untuk mengetahu peningkatan prestasi belajar pada siswa setelah menggunakan Emodul pembelajaran berbasis online (E-modul) teknologi motor diesel. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan subjek penelitian yaitu kelas XI TKRO A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 siswa dan kelas XI TKRO B sebagai kelas control dengan jumlah 20 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian dan soal tes tertulis yang berbentuk pilihan ganda 20 soal. Uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t-test. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Prosedur pengembangan Emodul teknologi motor diesel meliputi pencarian identifikasi maslah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain dan revisi, uji terbatas dan revisi, uji lapangan dan revisi, dan produk jadi 2) E-modul teknologi motor diesel layak digunakan oleh ahli media dengan hasil validasi 88%, validasi ahli materi sebesar 92% 3) hasil uji t membuktikan bahma E-modul yang dibuat efektif untuk meningkatkan hasil belajar (thitung = 7.459 dan P = 0.000) siswa kelas XI TKRO SMK Pembaruan Purworejo. Hal ini ditunjukan oleh respon siswa yaitu meliputi uji kelompok kecil sebesar 97% yang meliputi 10 siswa, dan uji lapangan memperoleh skor 94% yang meliputi 40 siswa. Dengan demikian modul pembelajaran berbasis online (Emodul) teknologi motor diesel telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Pembaruan Purworejo
- ItemPengembangan Online (E-Modul) Teknologi Motor Diesel Dengan Pendekatan Problem Based Learning Pada Siswa Kelas XI TKRO SMK Pembaruan Purworejo(Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-09-04) Anam Danu RokhmanPenelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi prosedur pengembangan modul pembelaran berbasis online (E-modul) teknologi motor diesel 2) mengetahui kelayakan modul pembelaran berbasis online (E-modul) teknologi motor diesel 3) untuk mengetahu peningkatan prestasi belajar pada siswa setelah menggunakan E- modul pembelajaran berbasis online (E-modul) teknologi motor diesel. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan subjek penelitian yaitu kelas XI TKRO A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 siswa dan kelas XI TKRO B sebagai kelas control dengan jumlah 20 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian dan soal tes tertulis yang berbentuk pilihan ganda 20 soal. Uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t-test. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Prosedur pengembangan E- modul teknologi motor diesel meliputi pencarian identifikasi maslah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain dan revisi, uji terbatas dan revisi, uji lapangan dan revisi, dan produk jadi 2) E-modul teknologi motor diesel layak digunakan oleh ahli media dengan hasil validasi 88%, validasi ahli materi sebesar 92% 3) hasil uji t membuktikan bahma E-modul yang dibuat efektif untuk meningkatkan hasil belajar (thitung = 7.459 dan P = 0.000) siswa kelas XI TKRO SMK Pembaruan Purworejo. Hal ini ditunjukan oleh respon siswa yaitu meliputi uji kelompok kecil sebesar 97% yang meliputi 10 siswa, dan uji lapangan memperoleh skor 94% yang meliputi 40 siswa. Dengan demikian modul pembelajaran berbasis online (E- modul) teknologi motor diesel telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Pembaruan Purworejo