Pendidikan Teknik Otomotif
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Teknik Otomotif by Author "Angga Adi Prasetya"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
- ItemPengaruh Jenis Oli terhadap Daya dan Kecepatan Motor Honda Sonic 150 CC(Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-08-05) Angga Adi PrasetyaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Viskositas terhadap kecepatan dengan variasi putaran 5000 rpm dan 7000 rpm dan 9000 rpm pada Honda Sonic 150 CC. 2) Pengaruh viskositas terhadap daya dengan variasi putaran 5000 rpm dan 7000 rpm dan 9000 rpm pada Honda Sonic 150 CC.. Metode penelitian ini penelitian ini menggunakan metode penelitian metode penelitian deskriptif dan kuantitatif. Adapun Tempat pelaksanaan pengujian analisis dan penelitian dilakukan di bengkel Indra MX Shop N Dyno Test. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 unit sepeda motor Honda Sonic 150 CC dengan Minyak pelumas SAE 10W-30, SAE 10W-40, dan SAE 15W-50 untuk mengukur daya dan kecepatan dengan variasi putaran (rpm) mesin yaitu pada putaran 5000 rpm, 7000 rpm dan 9000 rpm. penelitian yang diperoleh dengan melakukan tiga kali replikasi pada setiap perlakuan, sehingga data yang diperoleh sebanyak 9 data penelitian. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik kajian putaka dan teknik eksperimen. Hasil penelitian terdapat 1) Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tingkat kekentalan oli berpengaruh terhadap daya yang dihasilkan, dimana daya yang dihasilkan berbanding terbalik dengan tingkat viskositas oli, penurunan daya seiring dengan bertambahnya viskositas oli, daya menurun pada setiap variasi putaran terlihat daya menurun pada putaran maksimum yaitu 9000 rpm dengan daya 15,59 hp pada SAE 10W-30, dan angka terus menuru sampai pada titik 14,39 hp pada SAE 15W-50. Sedangkan hal yang sama terjadi pada putaran 7000 rpm daya 14,27 hp pada SAE 10W-30, dan angka terus menuru sampai pada titik 13,17 hp pada SAE 15W-50. Pada putaran 5000 rpm daya yang dihasilkan 5,49 hp pada SAE 10W-30, dan angka menuru sampai pada titik 4,29 hp pada SAE 15W-50. Hai ini menunjukkan semakin kental oli yang digunakan maka daya yang dihasilkan semakin rendah. 2) Hasil dari peneitian menunjukkan bahwa tingkat kekentalan oli berpengaruh terhadap kecepatan yang dihasilkan, dimana kecepatan yang dihasilkan terjadi peningkatan dengan tingkat viskositas oli, peningkatan keceatan seiring dengan bertambahnya viskositas oli, kecepatan pada setiap variasi putaran terlihat kecepatan naik pada putaran maksimum yaitu 9000 rpm dengan kecepatan 119,30 kph pada SAE 10W-30, dan angka terus naik sampai pada titik 123,00 kph pada SAE 15W-50. Sedangkan hal yang sama terjadi pada putaran 7000 rpm kecepatan yang dihasilkan 95,67 kph pada SAE 10W-30, dan angka terus naik sampai pada titik 99,00 kph pada SAE 15W-50. Pada putaran 5000 rpm kecepatan yang dihasilkan 72,67 kph pada SAE 10W-30, dan angka terus naik sampai pada titik 76,00 kph pada SAE 15W-50.
- ItemPengaruh Jenis Oli terhadap Daya dan Kecepatan Motor Honda Sonic 150 CC(Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-09-03) Angga Adi PrasetyaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Viskositas terhadap kecepatan dengan variasi putaran 5000 rpm dan 7000 rpm dan 9000 rpm pada Honda Sonic 150 CC. 2) Pengaruh viskositas terhadap daya dengan variasi putaran 5000 rpm dan 7000 rpm dan 9000 rpm pada Honda Sonic 150 CC.. Metode penelitian ini penelitian ini menggunakan metode penelitian metode penelitian deskriptif dan kuantitatif. Adapun Tempat pelaksanaan pengujian analisis dan penelitian dilakukan di bengkel Indra MX Shop N Dyno Test. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 unit sepeda motor Honda Sonic 150 CC dengan Minyak pelumas SAE 10W-30, SAE 10W-40, dan SAE 15W-50 untuk mengukur daya dan kecepatan dengan variasi putaran (rpm) mesin yaitu pada putaran 5000 rpm, 7000 rpm dan 9000 rpm. penelitian yang diperoleh dengan melakukan tiga kali replikasi pada setiap perlakuan, sehingga data yang diperoleh sebanyak 9 data penelitian. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik kajian putaka dan teknik eksperimen. Hasil penelitian terdapat 1) Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tingkat kekentalan oli berpengaruh terhadap daya yang dihasilkan, dimana daya yang dihasilkan berbanding terbalik dengan tingkat viskositas oli, penurunan daya seiring dengan bertambahnya viskositas oli, daya menurun pada setiap variasi putaran terlihat daya menurun pada putaran maksimum yaitu 9000 rpm dengan daya 15,59 hp pada SAE 10W-30, dan angka terus menuru sampai pada titik 14,39 hp pada SAE 15W-50. Sedangkan hal yang sama terjadi pada putaran 7000 rpm daya 14,27 hp pada SAE 10W-30, dan angka terus menuru sampai pada titik 13,17 hp pada SAE 15W-50. Pada putaran 5000 rpm daya yang dihasilkan 5,49 hp pada SAE 10W-30, dan angka menuru sampai pada titik 4,29 hp pada SAE 15W- 50. Hai ini menunjukkan semakin kental oli yang digunakan maka daya yang dihasilkan semakin rendah. 2) Hasil dari peneitian menunjukkan bahwa tingkat kekentalan oli berpengaruh terhadap kecepatan yang dihasilkan, dimana kecepatan yang dihasilkan terjadi peningkatan dengan tingkat viskositas oli, peningkatan keceatan seiring dengan bertambahnya viskositas oli, kecepatan pada setiap variasi putaran terlihat kecepatan naik pada putaran maksimum yaitu 9000 rpm dengan kecepatan 119,30 kph pada SAE 10W-30, dan angka terus naik sampai pada titik 123,00 kph pada SAE 15W-50. Sedangkan hal yang sama terjadi pada putaran 7000 rpm kecepatan yang dihasilkan 95,67 kph pada SAE 10W-30, dan angka terus naik sampai pada titik 99,00 kph pada SAE 15W-50. Pada putaran 5000 rpm kecepatan yang dihasilkan 72,67 kph pada SAE 10W-30, dan angka terus naik sampai pada titik 76,00 kph pada SAE 15W-50.