Pendidikan Teknik Otomotif
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Teknik Otomotif by Author "Ashari"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
- ItemImplementasi Model Pembelajaran Simulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK VIP Ma’arif NU 1 Kemiri Pada Materi Perawatan Dan Perbaikan Sistem Rem Kendaraan(Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-08-05) AshariPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Sistem Chassis Kendaraan Ringan dengan menggunakan metode pengajaran simulasi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas XI Jurusan Ototronik di SMK VIP Ma'arif NU 1 Kemiri pada bulan April sampai dengan bulan Juli 2024 dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data meliputi tes, lembar observasi, dan panduan wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I, nilai rata-rata pretest siswa 43,13 dengan persentase ketuntasan 6,67%, sedangkan pada posttest nilai rata-rata siswa 67,33 dengan persentase ketuntasan 46,67%. Pada siklus II, nilai rata-rata pretest siswa 71,33 dengan persentase ketuntasan 56,67%, sedangkan pada posttest nilai rata-rata siswa 88,67 dengan persentase ketuntasan 100%. Selain itu, terjadi peningkatan N-Gain dari tiap siklus. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran simulasi dapat meningkatkan hasil belajar Sistem Chasis Kendaraan Ringan pada siswa kelas XI Jurusan Ototronik SMK VIP Ma'arif NU 1 Kemiri.
- ItemImplementasi Model Pembelajaran Simulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK VIP Ma’arif NU 1 Kemiri Pada Materi Perawatan Dan Perbaikan Sistem Rem Kendaraan(Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-08-28) AshariPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Sistem Chassis Kendaraan Ringan dengan menggunakan metode pengajaran simulasi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas XI Jurusan Ototronik di SMK VIP Ma'arif NU 1 Kemiri pada bulan April sampai dengan bulan Juli 2024 dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data meliputi tes, lembar observasi, dan panduan wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I, nilai rata-rata pretest siswa 43,13 dengan persentase ketuntasan 6,67%, sedangkan pada posttest nilai rata-rata siswa 67,33 dengan persentase ketuntasan 46,67%. Pada siklus II, nilai rata-rata pretest siswa 71,33 dengan persentase ketuntasan 56,67%, sedangkan pada posttest nilai rata-rata siswa 88,67 dengan persentase ketuntasan 100%. Selain itu, terjadi peningkatan N-Gain dari tiap siklus. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran simulasi dapat meningkatkan hasil belajar Sistem Chasis Kendaraan Ringan pada siswa kelas XI Jurusan Ototronik SMK VIP Ma'arif NU 1 Kemiri.