Pendidikan Teknik Otomotif
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Teknik Otomotif by Author "Fajar Nursodik"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemImplementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKRO Pada Mata Pelajaran Dasar Kejuruan di SMK PN 2 Purworejo(Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-01-20) Fajar NursodikPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dari hasil belajar siswa kelas X TKRO di SMK PN 2 Purworejo pada mata pelajaran dasar kejuruan dan mengetahui seberapa besar peningkatan hasil pembelajaran siswa kelas X TKRO di SMK PN 2 Purworejo pada mata pelajaran dasar kejuruan Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas untuk mengatasi permasalahan yang ada di dalam kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas X TKRO SMK PN 2 Purworejo tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 20 siswa. Analisis data yang dilakukan untuk mengetahui apakah data yang diperoleh menunjukan peningkatan dari hasil belajar dan besar peningkatan hasil pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Inkuiri Terbimbing, teknik pengumpulan data yaitu menggunakan metode tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan dari hasil belajar siswa dan besar peningkatan pembelajaran siswa pada kompetensi mata pelajaran dasar kejuruan setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri terbimbing pada siklus I diperoleh hasil yang meningkat dimana siswa yang tuntas adalah 11 siswa dengan persentase ketuntasan kelas 55%. Pada siklus II diperoleh hasil yang semakin meningkat dimana siswa yang tuntas adalah 16 siswa dengan persentase ketuntasan kelas 80%. Dengan data yang didapat sudah segnifikan dan mencapai indikator keberhasilan.