Pendidikan Teknik Otomotif
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Teknik Otomotif by Author "Farhan Alawy"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemImplementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kelistrikan Sepeda Motor Kelas XII TBSM 2 SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo(Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-02-20) Farhan AlawyPenelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan peserta didik pada kompetensi sistem kelistrikan sepeda motor di kelas XII TBSM 2 SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada kompetensi sistem kelistrikan sepeda motor setelah diterapkannya model pembelajaran problem based learning di kelas XII TBSM 2 SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas (PTK). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah modul ajar, materi, lembar observasi keaktifan peserta didik dan soal hasil belajar peserta didik. Cara yang digunakan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik adalah menggunakan implementasi Problem Based Learning (PBL) dengan tahapan planning (perencanaan), acting (tindakan), observing (pengamatan) dan reflecting (refleksi). Kelas yang digunakan sebagai sampel adalah kelas 12 TBSM 2 SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo yang memiliki jumlah peserta didik sebanyak 32 peserta didik. Data presentase keaktifan dan ketuntasan nilai peserta didik kelas XII TBSM 2 SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo mengalami peningkatan, ditandai dengan meningkatnya presentase keaktifan peserta didik dari 70,2% naik menjadi 83,3% pada siklus II. Presentase ketuntasan hasil belajar kognitif pada pra tindakan sebesar 21,8% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 65%, pada siklus II hasil akhir presentase ketuntasan sebesar 84,3%. Peningkatan pada setiap siklusnya, dari pra tindakan ke siklus I sebesar 36,9%. Kemudain dari siklus I ke siklus II meningkat lagi dengan selisih sebesar 19,3%. Peningkatan nilai rata-rata dan presentase ketuntasan peserta didik yang terjadi pada setiap siklusnya menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XII TBSM 2 pada kompetensi Sistem Kelistrikan Sepeda Motor.