Pendidikan Fisika
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Fisika by Author "Ardiyansyah Fahriza"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemPengembangan E-LKPD Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Thunkable untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Kalor di SMA N 5 Purworejo(Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-08-22) Ardiyansyah FahrizaPenelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan yang ditinjau dari aspek valid, praktis, dan efektif dari e-LKPD. Berbasis android menggunakan aplikasi thunkable yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian ADDIE yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Purworejo dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 5 peserta didik dan pada tahap penerapan berjumlah 36 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar keterlaksanaan modul ajar, lembar Respon Peserta didik dan Soal Pretest Postest. Hasil pembahasan yaitu: 1) Validitas e-LKPD. Berbasis android menggunakan aplikasi thunkable yang dilihat dari dua validator memperoleh nilai rata-rata Aiken V sebesar 1 dengan kategori valid oleh ahli materi dan 1 dengan kategori valid oleh ahli media. Sehingga dapat dikatakan valid dan dapat digunakan untuk uji coba terbatas dan tahap penerapan. 2) Kepraktisan e-LKPD. Berbasis android menggunakan aplikasi thunkable dapat dilihat dari lembar keterlaksanaan modul ajar serta hambatan dan halangan, memperoleh rata-rata persentase dengan kategori sangat praktis dan reliabilitas secara keseluruhan termasuk kategori reliabel. 3) Keefektifan e-LKPD. Berbasis android menggunakan aplikasi thunkable dapat dilihat dari peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang memperoleh skor N-gain sebesar 0,72 yang termasuk signifikan dalam kategori tinggi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa e-LKPD. Berbasis android menggunakan aplikasi thunkable yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.