Pendidikan Fisika
Permanent URI for this collection
Browse
Recent Submissions
- ItemPengaruh Kreativitas Mengajar Guru dan Cara Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XI IPS SMA Negeri 7 Purworejo Tahun Ajaran 2021/2022(Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-03-29) Annisa Ashlichati.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru dan cara belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Purworejo Tahun Ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Purworejo sebanyak 108 siswa. Sampel berjumlah 84 siswa di tentukan dengan pedoman penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dalam Sugiyono (2016: 128) dengan tingkat kesalahan 5%. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode analisis dokumen dan metode angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Untuk uji validitas menggunakan validitas konstruk dan reliabilitasnya dengan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan korelasi parsial dan korelasi ganda. Berdasarkan analisis deskriptif, kreativitas mengajar guru memiliki kategori tinggi (45,2%), cara belajar memiliki kategori cukup (38,1%), dan hasil belajar memiliki kategori kurang (31,0%). Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar siswa sebesar 16,74% dengan rhitung = 0,237, t = 2,197, sig (0.031 < 0,05 maka siginifikan); (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara cara belajar siswa terhadap hasil belajar siswa sebesar 15,46% dengan rhitung = 0,219, t = 2,024, sig = 0,046 (0,046 < 0,05 maka signifikan); (4) ada pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru dan cara belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa sebesar 32,2% dan 67,80% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini (R = 0,568 ; Fhitung = 19,262 ; sig 0,000 (0,000 < 0,05 maka signifikan) dengan demikian seluruh hipotesis yang diajukan diterima.
- ItemPengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan Edugame untuk Meningkatkan Critical Thinking Skills Peserta Didik(Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-07-29) Tariska WidiastutiPenelitian pengembangan media pembelajaran fisika berbantuan edugame bertujuan untuk mengetahui kelayakan yang ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media pembelajaran fisika berbantuan edugame yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 3 Kebumen dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 5 peserta didik dan pada tahap penerapan berjumlah 56 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket respon peserta didik, lembar observasi, dan tes critical thinking skills. Hasil pembahasan yaitu: 1) Kevalidan media pembelajaran fisika berbantuan edugame yang dilihat dari dua validator mendapat nilai 4,00 dengan kategori sangat valid oleh ahli materi dan 3,80 dengan kategori sangat valid oleh ahli media. Sehingga dapat dikatakan valid dan dapat dipakai untuk uji coba terbatas dan tahap penerapan. (2) Kepraktisan media pembelajaran fisika berbantuan edugame yang dapat dilihat dari angket respon peserta didik terhadap media dengan persentase sebesar 82,75% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. (3) Keefektifan media pembelajaran fisika berbantuan edugame dapat dilihat dari peningkatan kemampuan critical thinking skills yang memperoleh nilai N-gain sebesar 0,67 yang termasuk kategori sedang. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika berbantuan edugame yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan critical thinking skills
- ItemPengembangan E-Modul Fisika Berbasis Etnosains Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik(Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-09-27) Endang YulyantiTelah dilakukan penelitian pengembangan e-modul fisika berbasis etnosains menggunakan kvisoft flipbook maker untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan materi Usaha dan Energi yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-modul tersebut yang ditinjau dari kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan guna untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian ini menggunakan model penelitian 4D yaitu (1) define atau pendefinisian, (2) design atau perancangan, (3) develop atau pengembangan, dan (4) disseminate atau penyebarluasan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Majenang dengan subjek penelitian yaitu kelas X MIPA 4 pada uji coba terbatas berjumlah 6 peserta didik dan uji coba luas berjumlah 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kisi-kisi, lembar validasi modul, lembar validasi tes kemampuan literasi sains, lembar validasi RPP, lembar validasi angket respon peserta didik, lembar keterlaksanaan RPP, lembar aktivitas peserta didik, lembar tes kemampuan literasi sains, rubrik penilaian, angket respon peserta didik, serta lembar catatan kendala kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data secara kuantitatif, n-gain, dan uji t-test. Hasil penelitian diperoleh (1) Kevalidan e-modul fisika berbasis etnosains menggunakan kvisoft flipbook maker dinyatakan valid, (2) Kepraktisan e-modul fisika berbasis etnosains menggunakan kvisoft flipbook maker yang dapat dilihat dari keterlaksanaan RPP memperoleh skor rata-rata 3,77 dengan kategori sangat praktis dan uji reliabilitasnya sebesar 95,3% yang termasuk kategori reliabel, (3) Keefektifan e-modul fisika berbasis etnosains menggunakan kvisoft flipbook maker dapat dilihat dari hasil peningkatan hasil belajar kemampuan literasi sains yang memperoleh nilai N-gain sebesar 0,65 yang termasuk ke dalam kategori sedang, angket respon peserta didik dengan kategori sangat baik, dan aktivitas peserta didik dengan kategori sangat baik. Dengan demikian hasil penelitian e-modul fisika berbasis etnosains menggunakan kvisoft flipbook maker ini dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik
- Itempengembangan Media E-learning berbantuan Web Appgeyser untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik(Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-09-27) Sintya DelisaPenelitian Pengembangan media E-learning berbantuan Web Appgeyser dengan materi Besaran dan Satuan bertujuan untuk mengetahui kelayakan yang ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan keefektifan dari media E-learning berbantuan Web Appgeyser menggunakan E-modul yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yaitu Define, Design, Development dan Dissemination. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Purworejo dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas di kelas X6 berjumlah 10 peserta didik dan pada tahap penerapan atau uji coba luas berjumlah 36 peserta didik kelas X4 dan 35 peserta didik kelas X7. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket respon peserta didik, observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan tes keterampilan berpikir kritis. Analisis data dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji N- gain. Hasil analisis data: (1) validitas media pembelajaran fisika menggunakan media E-learning berbantuan Web Appgeyser menggunakan E-modul yang dilihat dari dua validator mendapat nilai rerata 3,8 dengan kategori “sangat baik” dan ahli media mendapatkan nilai rerata 3,8 dengan kategori “sangat baik”. Sehingga dapat dikatakan valid dan dapat dipakai dalam uji coba terbatas dan tahap penerapan. (2) kepraktisan media pembelajaran fisika menggunakan media E-learning berbantuan Web Appgeyser menggunakan E-modul yang dilihat dari hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan percentage agreement sebesar 99% yang termasuk dalam kategori “realiabel” dan angket respon peserta didik (uji coba luas) dengan persentase sebesar 82,06% yang termasuk dalam kategori “baik, dan (3) keefektifan media pembelajaran fisika menggunakan media E- learning berbantuan Web Appgeyser menggunakan E-modul yang dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar keterampilan berpikir kritis peserta didik yang memperoleh nilai Normalized gain sebesar 0,78 yang termasuk dalam kategori “tinggi”. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media E-learning berbantuan Web Appgeyser menggunakan E-modul yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
- ItemPENGEMBANGAN MAJALAH FISIKA DIGITAL BERBANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP(Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-10-21) Tutut PratiwiTelah dilakukan Penelitian Pengembangan Majalah Fisika Digital Berbantuan Canva Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan majalah fisika digital berbantuan canva untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP. Desain Penelitian ini menggunakan ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 34 Purworejo dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 5 siswa dan pada uji coba luas berjumlah 31 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, RPP, lembar soal kemampuan literasi sains, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon mahasiswa, dan lembar kendala selama pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Majalah fisika digital berbantuan Canva telah memnuhi kriteria valid berdasarkan hasil validasi dengan kategori sangat baik sehingga layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasis sains siswa SMP. (2) Majalah fisika digital berbantuan Canva yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan yang menunjukan kriteria reliabel sehingga dapat dilaksanakan pada uji luas dengan baik. (3) Majalah fisika digital berbantuan Canva telah memenuhi kriteria efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa dan peningkatanya yang di tunjukan berdasarkan hasil uji wilcoxon yang menyatakan bahwa ada pengaruh peningkatan kemampuan literasi sains, dan siswa merespon positif proses pembelajaran yang ditunjukan dengan respon siswa yang termasuk dalam kategori “Baik