Pendidikan Fisika
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Fisika by Title
Now showing 1 - 20 of 43
Results Per Page
Sort Options
- Itemengembangan E-Modul Collaborative Teamwork Learning Berbantuan Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik(PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO, 2023-09-11) Gigih Anggita.Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan yang ditinjau dari aspek valid, praktis, dan efektif dari e-modul CTL berbantuan Flip PDF Professional yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian ADDIE yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Purworejo dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 5 peserta didik dan pada tahap penerapan berjumlah 71 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket keterampilan kolaborasi, lembar keterlaksanaan modul ajar, lembar observasi keterampilan kolaborasi, dan angket respon peserta didik. Hasil pembahasan yaitu: 1) Validitas e-modul CTL berbantuan Flip PDF Professional yang dilihat dari dua validator memperoleh nilai rata-rata Aiken V sebesar 0,89 dengan kategori valid oleh ahli materi dan 0,88 dengan kategori valid oleh ahli media. Sehingga dapat dikatakan valid dan dapat digunakan untuk uji coba terbatas dan tahap penerapan. 2) Kepraktisan e-modul CTL berbantuan Flip PDF Professional dapat dilihat dari lembar keterlaksanaan modul ajar, lembar observasi keterampilan kolaborasi, dan angket respon peserta didik memperoleh rata-rata persentase dengan kategori sangat praktis dan reliabilitas secara keseluruhan termasuk kategori reliabel. 3) Keefektifan e-modul CTL berbantuan Flip PDF Professional dapat dilihat dari peningkatan keterampilan kolaborasi yang memperoleh skor N-gain sebesar 0,68 yang termasuk signifikan dalam kategori sedang. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa e-modul CTL berbantuan Flip PDF Professional yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik.
- Itemengembangan E-modul Cooperative Learning berbantuan Sigil Software untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains(PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUAHMMADIYAH PURWOREJO, 2023-08-16) Deky WahyudiPenelitian Pengembangan Pengembangan E-modul Cooperative Learning berbantuan Sigil Software bertujuan untuk mengetahui kelayakan yang ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan keefektifan dari Pengembangan E-modul Cooperative Learning berbantuan Sigil Software yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yaitu Define, Design, Development dan Dissemination. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Purworejo dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas di kelas X6 berjumlah 10 peserta didik dan pada tahap penerapan atau uji coba luas berjumlah 36 peserta didik kelas X7. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket respon peserta didik, observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan tes keterampilan proses sains. Analisis data dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji N-gain. Hasil analisis data: (1) validitas media pembelajaran fisika menggunakan E-modul Cooperative Learning berbantuan Sigil Software yang dilihat dari dua validator mendapat nilai rerata 3,4 dengan kategori “baik” dan validitas materi mendapatkan nilai rerata 3,4 dengan kategori “baik”. Sehingga dapat dikatakan valid dan dapat dipakai dalam uji coba terbatas dan tahap penerapan. (2) kepraktisan media pembelajaran fisika menggunakan E-modul Cooperative Learning berbantuan Sigil Software yang dilihat dari hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan percentage agreement sebesar 99% yang termasuk dalam kategori “realiabel” dan angket respon peserta didik (uji coba luas) dengan persentase sebesar 83,43% yang termasuk dalam kategori “baik, dan (3) keefektifan media pembelajaran fisika menggunakan E-modul Cooperative Learning berbantuan Sigil Software yang dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar keterampilan proses sains peserta didik yang memperoleh nilai Normalized gain sebesar 0,80 yang termasuk dalam kategori “tinggi”. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa E-modul Cooperative Learning berbantuan Sigil Software yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik
- ItemIMPLEMENTASI LABORATORIUM MAYA RUMAH BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK(PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO, 2023-08-19) Arviani Nur WahidahPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan psikomotorik dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik melalui implementasi laboratorium maya serta respon peserta didik setelah melakukan pembelajaran dengan laboratorium maya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Purworejo semester genap tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 36 peserta didik. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap akhir siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang diberikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa hasil penelitian telah mencapai indikator keberhasilan tindakan yang telah ditentukan. Hal tersebut didukung dengan hasil pengamatan kemampuan psikomotorik peserta didik pada siklus I sebesar 47% mengalami peningkatan menjadi 82% pada siklus II. Kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada siklus I sebesar 65% yang kemudian mengalami peningkatan menjadi 79% pada siklus II. Sedangkan hasil angket respon peserta didik mendapat rerata 80% dengan kategori baik. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan laboratorium maya dapat meningkatkan kemampuan psikomotorik dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik.
- ItemImplementasi Laboratorium Maya Rumah Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Peserta Didik(Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-08-08) Hesti NoviyantiPsikomotor berhubungan dengan hasil belajar yang pencapaiannya melalui keterampilan (skill) sebagai hasil dari tercapainya kompetensi pengetahuan. Pembelajaran yang masih menggunakan metode demonstrasi dan belum mengoptimalkan kegiatan pembelajaran di laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi laboratorium maya rumah belajar untuk meningkatkan kemamampuan psikomotorik peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode quasi exsperimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 46 responden yang berasal dari Jurusan MIPA di SMA NEGERI 8 Purworejo. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 26 dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 20. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan psikomotorik, angket respon peserta didik, dan instrumen tes kemampuan psikomotorik peserta didik. teknik analisis data dalam peneltian ini secara kuantitatif, dan uji t-test Hasil analisis data tes menggunakan N-gain diperoleh hasil belajar peserta didik hasil 0,75 pada kelas eksperimen dengan kategori tinggi dan 0,29 pada kelas kontrol dengan kategori rendah. Hasil analisis statistik Independent Sample T-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) peserta didik 0,000 nilai Sig. < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian ada pengaruh implementasi laboratorium maya rumah belajar yang signifikan terhadap kemampuan psikomotorik peserta didik SMA Negeri 8 Purworejo.
- ItemImplementasi Model Discovery Learning pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Peserta Didik(Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-09-05) Riza NurihwanaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model Discovery Learning terhadap kemampuan psikomotorik dan peningkatan kemampuan psikomotorik peserta didik dalam implementasi model Discovery Learning pada mata pelajaran Getaran dan Gelombang di SMPN 15 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan yang ada di kelas. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VIII B tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran Getaran dan Gelombang dapat meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan psikomotorik siswa dari siklus I sebesar 75% mengalami peningkatan menjadi 88% pada siklus II. Hasil belajar pengetahuan siswa terlihat dari nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 75,94 dan meningkat pada siklus II rata-rata kelas menjadi 88,12. Dengan demikian terjadi peningkatan kemampuan psikomotorik peserta didik dalam implementasi model Discovery Learning di SMP Negeri 15 Purworejo.
- ItemImplementasi Model Discovery Learning pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Peserta Didik(Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-08-22) Riza NurihwanaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model Discovery Learning terhadap kemampuan psikomotorik dan peningkatan kemampuan psikomotorik peserta didik dalam implementasi model Discovery Learning pada mata pelajaran Getaran dan Gelombang di SMPN 15 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan yang ada di kelas. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VIII B tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran Getaran dan Gelombang dapat meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan psikomotorik siswa dari siklus I sebesar 75% mengalami peningkatan menjadi 88% pada siklus II. Hasil belajar pengetahuan siswa terlihat dari nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 75,94 dan meningkat pada siklus II rata-rata kelas menjadi 88,12. Dengan demikian terjadi peningkatan kemampuan psikomotorik peserta didik dalam implementasi model Discovery Learning di SMP Negeri 15 Purworejo.
- ItemImplementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika SMA(PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO, 2023-08-09) Lili WahyuningsihTelah dilakukan penelitian untuk mengetahui dan mengidentifikasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar dapat diterapkan disekolah pada pembelajaran fisika SMA dan dapat meningkatkan kemampuan analisis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran (Mixed Methods), dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian peserta didik kelas X MAN 1 Purworejo. Sampel penelitian kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 28 dan kelas X5 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 28. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan modul ajar, angket gaya belajar, angket respon peserta didik, dan soal pretest dan posttest kemampuan analisis. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Validitas instrument implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan analisis peserta didik dalam pembelajaran fisika SMA dari tiga validator diperoleh kesimpulan bahwa instrument yang akan digunakan untuk penelitian layak digunakan. (2) Keterlaksanaan pembelajaran percentage agreement diperoleh sebesar 98,8% dengan kriteria tinggi. (3) Respon peserta didik terhadap pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan analisis peserta didik diperoleh persentase 82% dengan kategori baik. (4) Hasil angket gaya belajar peserta didik diperoleh gaya belajar visual sebanyak 10 peserta didik, gaya belajar auditori sebanyak 10 peserta didik dan gaya belajar kinestetik sebanyak 8 peserta didik. (5) Hasil soal pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan kemampuan analisis pada indikator kemampuan analisis seperti mengaitkan, memilih, menganalisis, memecahkan dan menelaah diperoleh kenaikan setiap indikator. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa adanya implementasi pembelajaran berdiferensiasi dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan analisis pada pembelajaran fisika SMA secara signifikan.
- ItemMeta Analisis Peningkatan Hasil Belajar Fisika dengan Pendekatan Kooperatif(PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO, 2023-08-11) Nanggih Setya AsihTelah dilakukan penelitian meta analisis peningkatan hasil belajar fisika dengan pendekatan kooperatif bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar fisika pada jenjang SMP/sederajat dan SMA /Sederajat. Hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan pendidik dalam memilih model pembelajaran kooperatif tipe mana yang cocok digunakan pada jenjang SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat. Jenis penelitian yang digunakan adalah meta analisis group contrasts. Populasi dalam penelitian ini adalah jurnal penelitian terpublikasi nasional tahun 2013 – 2023 tentang pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar fisika pada platform sumber informasi publikasi ilmiah yakni Garba Rujukan Digital (Garuda). Sampel dalam penelitian ini adalah artikel yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif secara umum berpengaruh terhadap hasil belajar fisika peserta didik SMP dan SMA/sederajat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari berbagai tipe pembelajaran kooperatif yang diteliti terdapat beberapa yang tidak berpengaruh terhadap hasil belajar fisika yakni penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions, Make A Match, dan Two Stay Two Stray pada jenjang SMP/sederajat serta tipe Make A Match pada jenjang SMA/sederajat
- ItemPemanfaata Aplikasi Tiktok Pada Materi Pengukuran dengan Model PBLA Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Peserta Didik(Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-07-21) Ayu Nita PrastiwiTelah dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan argumentasi pada pembelajaran fisika peserta didik MA kelas X mengenai pokok pengukuran dalam kerja ilmiah. Sebagai subyek penelitian adalah peserta didik kelas X-E MA Negeri Purworejo tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 36 peserta didik. Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ini menggunakan model penelitian ADDIE dengan tahapan Analisis (Analysis), perancangan (Design), pengembangan (Develop), implementasi (Implementation) dan evaluasi (Evaluation). Penelitian ini difokuskan pada penyusunan media pembelajaran fisika berbantuan Aplikasi Tiktok untuk mengukur kemampuan argumentasi peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji validitas. Tingkat ketercapaian penilaian kemampuan argumentasi ini ditunjukkan oleh persentase yang diperoleh peserta didikuntuk masing-masing aspek yang diukur. Hasil penelitian diperoleh: 1) Media video pembelajaran fisika menggunakan aplikasi tiktok dengan model PBLA valid dilihat dari dua validator, ahli materi mendapat nilai sebesar 3,45, ahli media sebesar 3,58 sehingga dapat dipakai untuk uji coba terbatas dan tahap penerapan. (2) pemanfaatan aplikasi tiktok dengan model PBLA praktis dilihat dari hasil angket respon peserta didik sebesar 85,5%, dan keterlaksanaan modul ajar sebesar 99%. (3) pemanfaatan aplikasi tiktok dengan model PBLA efektif berdasarkan hasil uji coba menggunakan paired sample t-test diperoleh nilai t hitung 0.000 < 0.05, yang artinya terdapat peningkatan keterampilan argumentasi setelah menggunakan media pembelajranfisika dengan aplikasi tiktok. Dengan demikian, media pembelelajaaran fisika yang dikembangkan layak (valid, praktis, efektif) digunakan untuk meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik
- ItemPemanfaata Aplikasi Tiktok Pada Materi Pengukuran dengan Model PBLA Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Peserta Didik(Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-04-18) Ayu Nita PrastiwiTelah dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan argumentasi pada pembelajaran fisika peserta didik MA kelas X mengenai pokok pengukuran dalam kerja ilmiah. Sebagai subyek penelitian adalah peserta didik kelas X-E MA Negeri Purworejo tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 36 peserta didik. Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ini menggunakan model penelitian ADDIE dengan tahapan Analisis (Analysis), perancangan (Design), pengembangan (Develop), implementasi (Implementation) dan evaluasi (Evaluation). Penelitian ini difokuskan pada penyusunan media pembelajaran fisika berbantuan Aplikasi Tiktok untuk mengukur kemampuan argumentasi peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji validitas. Tingkat ketercapaian penilaian kemampuan argumentasi ini ditunjukkan oleh persentase yang diperoleh peserta didikuntuk masing-masing aspek yang diukur. Hasil penelitian diperoleh: 1) Media video pembelajaran fisika menggunakan aplikasi tiktok dengan model PBLA valid dilihat dari dua validator, ahli materi mendapat nilai sebesar 3,45, ahli media sebesar 3,58 sehingga dapat dipakai untuk uji coba terbatas dan tahap penerapan. (2) pemanfaatan aplikasi tiktok dengan model PBLA praktis dilihat dari hasil angket respon peserta didik sebesar 85,5%, dan keterlaksanaan modul ajar sebesar 99%. (3) pemanfaatan aplikasi tiktok dengan model PBLA efektif berdasarkan hasil uji coba menggunakan paired sample t-test diperoleh nilai t hitung 0.000 < 0.05, yang artinya terdapat peningkatan keterampilan argumentasi setelah menggunakan media pembelajranfisika dengan aplikasi tiktok. Dengan demikian, media pembelelajaaran fisika yang dikembangka layak (valid, praktis, efektif) digunakan untuk meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik
- ItemPengaruh Kreativitas Mengajar Guru dan Cara Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XI IPS SMA Negeri 7 Purworejo Tahun Ajaran 2021/2022(Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-03-29) Annisa Ashlichati.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru dan cara belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Purworejo Tahun Ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Purworejo sebanyak 108 siswa. Sampel berjumlah 84 siswa di tentukan dengan pedoman penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dalam Sugiyono (2016: 128) dengan tingkat kesalahan 5%. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode analisis dokumen dan metode angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Untuk uji validitas menggunakan validitas konstruk dan reliabilitasnya dengan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan korelasi parsial dan korelasi ganda. Berdasarkan analisis deskriptif, kreativitas mengajar guru memiliki kategori tinggi (45,2%), cara belajar memiliki kategori cukup (38,1%), dan hasil belajar memiliki kategori kurang (31,0%). Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar siswa sebesar 16,74% dengan rhitung = 0,237, t = 2,197, sig (0.031 < 0,05 maka siginifikan); (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara cara belajar siswa terhadap hasil belajar siswa sebesar 15,46% dengan rhitung = 0,219, t = 2,024, sig = 0,046 (0,046 < 0,05 maka signifikan); (4) ada pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru dan cara belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa sebesar 32,2% dan 67,80% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini (R = 0,568 ; Fhitung = 19,262 ; sig 0,000 (0,000 < 0,05 maka signifikan) dengan demikian seluruh hipotesis yang diajukan diterima.
- ItemPengembangan Bahan Ajar Fisika Terintegrasi Ayat AlQur’an pada Materi Pengukuran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik(Prodi Pend. Fisika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-08-27) Ririn Anita SarABSTRAK Ririn Anita Sari. 212150004. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Terintegrasi Ayat AlQur’an pada Materi Pengukuran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2025. Penelitian pengembangan bahan ajar fisika terintegrasi ayat Al-Qur’an bertujuan untuk menghasilkan modul ajar fisika terintegrasi ayat Al-Qur’an yang kontekstual, sistematis serta mengetahui kelayakan yang ditinjau dari aspek validitas, praktikalitas, dan efektivitas dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang terdiri atas tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Purworejo dengan subjek penelitian peserta didik kelas VII. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli materi, ahli media, ahli integrasi, angket respon peserta didik, lembar observasi keterlaksanaan, serta soal pre-test dan post-test keterampilan berpikir kreatif. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kuantitatif, N-gain, dan uji t-test. Hasil penelitian diperoleh: 1) Modul ajar fisika terintegrasi ayat Al-Qur’an valid dilihat dari tiga validator, ahli materi mendapat nilai Aiken V sebesar 0,93, ahli media sebesar 0,93, ahli Guru Fisika sebesar 0,94 sehingga dapat dipakai untuk uji coba terbatas dan tahap penerapan. (2) Modul ajar fisika terintegrasi ayat Al-Qur’an untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik praktis dilihat dari hasil angket respon peserta didik sebesar 96%, pengamatan aktivitas peserta didik sebesar 96%, dan keterlaksanaan modul ajar sebesar 95%. (3) Modul ajar fisika terintegrasi ayat Al-Qur’an efektif berdasarkan hasil uji coba menggunakan paired sample t-test diperoleh nilai thitung 0,000 < 0.05, yang artinya terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik secara signifikan setelah menggunakan modul ajar fisika terintegrasi ayat Al-Qur’an . Kesimpulan dari penelitian ini adalah modul ajar fisika terintegrasi ayat Al-Qur’an yang dikembangkan layak (valid, praktis, dan efektif) digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik sekaligus menumbuhkan kesadaran religius dalam pembelajaran fisika. Kata kunci: Bahan ajar fisika, integrasi Al-Qur’an, keterampilan berpikir kreatif, pengembangan modul.
- ItemPengembangan E-Booklet Interaktif Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Sains Peserta Didik(PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO, 2023-09-11) Laila Fauzizah.Penelitian pengembangan e-booklet interaktif berbasis PjBL bertujuan untuk mengetahui kelayakan yang ditinjau dari validitas, praktikalitas, dan efektivitas dari e-booklet yang dikembangkan. Penelitian ini menghasilkan e-booklet interaktif berbasis PjBL yang dapat meningkatkan keterampilan komunikasi sains peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 4 Purworejo dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 5 peserta didik dan pada tahap penerapan berjumlah 36 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar angket keterampilan komunikasi sains, lembar angket respon peserta didik, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, dan lembar keterlaksanaan modul ajar. Hasil penelitian diperoleh: 1) e-booklet interaktif berbasis PjBL valid dilihat dari tiga validator, ahli materi mendapat nilai Aiken V sebesar 1, ahli media sebesar 0,98, ahli Guru Fisika sebesar 1 sehingga dapat dipakai untuk uji coba terbatas dan tahap penerapan. (2) E-Booklet interaktif berbasis project based learning praktis dilihat dari hasil angket respon peserta didik sebesar 89%, pengamatan aktivitas peserta didik sebesar 93%, dan keterlaksanaan modul ajar sebesar 92%. (3) E- Booklet interaktif berbasis PjBL efektif berdasarkan hasil uji coba menggunakan paired sample t-test diperoleh nilai t hitung 0.000 < 0.05, yang artinya terdapat peningkatan keterampilan komunikasi sains peserta didik setelah menggunakan e- booklet interaktif berbasis PjBL. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa e- booklet interaktif berbasis PjBL yang dikembangkan layak (valid, praktis, efektif) digunakan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi sains.
- ItemPengembangan E-LKPD Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Thunkable untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Kalor di SMA N 5 Purworejo(Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-09-05) Ardiansyah FahrizaPenelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan yang ditinjau dari aspek valid, praktis, dan efektif dari e-LKPD. Berbasis android menggunakan aplikasi thunkable yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian ADDIE yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Purworejo dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 5 peserta didik dan pada tahap penerapan berjumlah 36 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar keterlaksanaan modul ajar, lembar Respon Peserta didik dan Soal Pretest Postest. Hasil pembahasan yaitu: 1) Validitas e-LKPD. Berbasis android menggunakan aplikasi thunkable yang dilihat dari dua validator memperoleh nilai rata-rata Aiken V sebesar 1 dengan kategori valid oleh ahli materi dan 1 dengan kategori valid oleh ahli media. Sehingga dapat dikatakan valid dan dapat digunakan untuk uji coba terbatas dan tahap penerapan. 2) Kepraktisan e-LKPD. Berbasis android menggunakan aplikasi thunkable dapat dilihat dari lembar keterlaksanaan modul ajar serta hambatan dan halangan, memperoleh rata-rata persentase dengan kategori sangat praktis dan reliabilitas secara keseluruhan termasuk kategori reliabel. 3) Keefektifan e-LKPD. Berbasis android menggunakan aplikasi thunkable dapat dilihat dari peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang memperoleh skor N-gain sebesar 0,72 yang termasuk signifikan dalam kategori tinggi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa e-LKPD. Berbasis android menggunakan aplikasi thunkable yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.
- ItemPengembangan E-LKPD Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Thunkable untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Kalor di SMA N 5 Purworejo(Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-08-22) Ardiyansyah FahrizaPenelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan yang ditinjau dari aspek valid, praktis, dan efektif dari e-LKPD. Berbasis android menggunakan aplikasi thunkable yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian ADDIE yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Purworejo dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 5 peserta didik dan pada tahap penerapan berjumlah 36 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar keterlaksanaan modul ajar, lembar Respon Peserta didik dan Soal Pretest Postest. Hasil pembahasan yaitu: 1) Validitas e-LKPD. Berbasis android menggunakan aplikasi thunkable yang dilihat dari dua validator memperoleh nilai rata-rata Aiken V sebesar 1 dengan kategori valid oleh ahli materi dan 1 dengan kategori valid oleh ahli media. Sehingga dapat dikatakan valid dan dapat digunakan untuk uji coba terbatas dan tahap penerapan. 2) Kepraktisan e-LKPD. Berbasis android menggunakan aplikasi thunkable dapat dilihat dari lembar keterlaksanaan modul ajar serta hambatan dan halangan, memperoleh rata-rata persentase dengan kategori sangat praktis dan reliabilitas secara keseluruhan termasuk kategori reliabel. 3) Keefektifan e-LKPD. Berbasis android menggunakan aplikasi thunkable dapat dilihat dari peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang memperoleh skor N-gain sebesar 0,72 yang termasuk signifikan dalam kategori tinggi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa e-LKPD. Berbasis android menggunakan aplikasi thunkable yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.
- ItemPengembangan E-LKPD berbasis Think Pair Share melalui permainan Tic Tac Toe untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik(Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-09-05) Nurul HidayahPenelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan yang ditinjuau dari aspek valid, praktis, dan efektif dari E-LKPD berbasis Think Pair Share yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. penelitian ini dilaksanakan di MA Al Iman Bulus Purworejo dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 5 peserta didik dan pada tahap penerapapan berjumlah 34 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket keterampilan kolaborasi, lembar keterlaksanaan modul ajar, lembar observasi keterampilan kolabirasi, dan angket respon peserta didik. Hasil pembahasan yaitu: 1). Validitas E-LKPD berbasis Think Pair Share melalui permainan Tic Tac Toe dinyatakan valid. 2). Kepraktisan ELKPD berbasis Think Pair Share dapat dilihat dari lembbar keterlaksanaan modul ajar, lembar observasi keterampilan kolaborasi, dan angket respon peserta didik memperoleh rata- rata presentase dengan kategori sangat praktis.3) kefeektifan E-LKPD berbasis Think Pair Share dapat dilihat dari peningkatan keterampilan kolaborasi yang memperoleh skor N-gain sebesar 0,8 yang termasuk signifikan dalam kategori tinggi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis Think Pair Share yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik.
- ItemPengembangan E-LKPD berbasis Think Pair Share melalui permainan Tic Tac Toe untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik(Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-08-28) Nurul HidayahPenelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan yang ditinjuau dari aspek valid, praktis, dan efektif dari E-LKPD berbasis Think Pair Share yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. penelitian ini dilaksanakan di MA Al Iman Bulus Purworejo dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 5 peserta didik dan pada tahap penerapapan berjumlah 34 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket keterampilan kolaborasi, lembar keterlaksanaan modul ajar, lembar observasi keterampilan kolabirasi, dan angket respon peserta didik. Hasil pembahasan yaitu: 1). Validitas E-LKPD berbasis Think Pair Share melalui permainan Tic Tac Toe dinyatakan valid. 2). Kepraktisan ELKPD berbasis Think Pair Share dapat dilihat dari lembbar keterlaksanaan modul ajar, lembar observasi keterampilan kolaborasi, dan angket respon peserta didik memperoleh rata- rata presentase dengan kategori sangat praktis.3) kefeektifan E-LKPD berbasis Think Pair Share dapat dilihat dari peningkatan keterampilan kolaborasi yang memperoleh skor N-gain sebesar 0,8 yang termasuk signifikan dalam kategori tinggi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis Think Pair Share yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik.
- ItemPengembangan E-Modul berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi dan literasi sains siswa(Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan Universitas Muhaammadiyah Purworejo, 2025-02-19) Umi NurussalamahPenelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan yang ditinjau dari aspek valid, praktis, dan efektif dari E-modul berbasis Project Based Learning yang telah dikembangkan. Penelitian ini menghasilkan e-modul berbasis project based learning yang dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi dan literasi sains siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian ADDIE, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di MA Al Iman Bulus Purworejo dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 5 siswa dan pada tahap penerapan (uji coba luas) berjumlah 31 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket keterampilan kolaborasi, soal tes literasi sains, lembar keterlaksanaan modul ajar, lembar observasi keterampilan kolaborasi, dan angket respon siswa. Hasil pembahasan yaitu : 1). E-modul berbasis project based learning valid dilihat dari dua validator, ahli materi diperoleh rerata 3,50, ahli media diperoleh rerata 3,50 sehingga dapat digunakan untuk uji coba terbatas dan penerapan. 2). E-modul berbasis project based learning praktis dilihat dari lembar keterlaksanaan modul ajar memperoleh presentase 100%, angket respon siswa memperoleh rata-rata presentase 84,47% dengan kategori sangat praktis, dan lembar observasi keterampilan kolaborasi memperoleh presentase 80,5% denan kategori praktis. 3). keefektifan e-modul berbasis project based learning dilihat dari peningkatan kemampuan kolaborasi memperoleh skor N-Gain sebesar 0,8 dalam kategori tinggi. peningkatan kemampuan literasi sains memperoleh skor N-Gain sebesar 0,74 dengan kategori tinggi. hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa E-Modul berbasis Project Based Learning yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuuan kolaborasi dan literasi sains siswa.
- ItemPengembangan E-Modul Fisika Berbantuan Articulate Storyline Berbasis STREM untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik.(Prodi Pend. Fisika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-05-22) Jundatur RohmahABSTRAK Jundatur Rohmah. 202150006. Pengembangan E-Modul Fisika Berbantuan Articulate Storyline Berbasis STREM untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran yang ditinjau dari validitas, praktikalitas, dan efektivitas serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik menggunakan e-modul berbantuan articulate storyline berbasis STREM. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Purworejo dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 10 peserta didik dan pada tahap penerapan berjumlah 35 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validasi, lembar tes hasil belajar, lembar tes keterampilan proses sains, lembar angket respon peserta didik, lembar observasi Keterampilan proses sains, dan lembar keterlaksanaan modul ajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan indeks Aiken V, uji percentage aggrement (PA), uji N-gain score, uji normalitas shapiro wilk, uji homogenitas, dan uji T. Berdasrkan hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) e-modul valid dilihat dari tiga validator, ahli materi memperoleh skor rerata sebesar 0.94, ahli media memperoleh skor rerata sebesar 0.93, serta ahli guru dan validator ahli memperoleh skor rerata sebesar 0.91 sehingga dapat dipakai untuk uji coba terbatas dan tahap penerapan. 2) e-modul fisika berbantuan articulate storyline berbasis STREM praktis dapat dilihat dari hasil angket respon peserta didik dengan persentase sebesar 84% yang termasuk dalam kategori sangat praktis dan keterlaksanaan modul ajar dengan persentase sebesar 91,67% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. 3) e-modul fisika berbantuan articulate storyline berbasis STREM efektif dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar memperoleh nilai N-gain sebesar 0.75 yang termasuk signifikan dalam kategori tinggi dan peningkatan keterampian proses sains memperoleh nilai N-gain sebesar 0.66 yang termasuk signifikan dalam kategori sedang. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa e-modul fisika berbantuan articulate storyline berbasis STREM layak (valid, praktis, efektif) dan dapat untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik. Kata kunci: E-modul, Articulate Storyline, STREM, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains
- ItemPengembangan E-Modul Fisika Berbasis Etnosains Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik(Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-09-27) Endang YulyantiTelah dilakukan penelitian pengembangan e-modul fisika berbasis etnosains menggunakan kvisoft flipbook maker untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan materi Usaha dan Energi yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-modul tersebut yang ditinjau dari kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan guna untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian ini menggunakan model penelitian 4D yaitu (1) define atau pendefinisian, (2) design atau perancangan, (3) develop atau pengembangan, dan (4) disseminate atau penyebarluasan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Majenang dengan subjek penelitian yaitu kelas X MIPA 4 pada uji coba terbatas berjumlah 6 peserta didik dan uji coba luas berjumlah 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kisi-kisi, lembar validasi modul, lembar validasi tes kemampuan literasi sains, lembar validasi RPP, lembar validasi angket respon peserta didik, lembar keterlaksanaan RPP, lembar aktivitas peserta didik, lembar tes kemampuan literasi sains, rubrik penilaian, angket respon peserta didik, serta lembar catatan kendala kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data secara kuantitatif, n-gain, dan uji t-test. Hasil penelitian diperoleh (1) Kevalidan e-modul fisika berbasis etnosains menggunakan kvisoft flipbook maker dinyatakan valid, (2) Kepraktisan e-modul fisika berbasis etnosains menggunakan kvisoft flipbook maker yang dapat dilihat dari keterlaksanaan RPP memperoleh skor rata-rata 3,77 dengan kategori sangat praktis dan uji reliabilitasnya sebesar 95,3% yang termasuk kategori reliabel, (3) Keefektifan e-modul fisika berbasis etnosains menggunakan kvisoft flipbook maker dapat dilihat dari hasil peningkatan hasil belajar kemampuan literasi sains yang memperoleh nilai N-gain sebesar 0,65 yang termasuk ke dalam kategori sedang, angket respon peserta didik dengan kategori sangat baik, dan aktivitas peserta didik dengan kategori sangat baik. Dengan demikian hasil penelitian e-modul fisika berbasis etnosains menggunakan kvisoft flipbook maker ini dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik
- «
- 1 (current)
- 2
- 3
- »