Pendidikan Fisika

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 5 of 19
  • Item
    Pengembangan E-LKPD berbasis Think Pair Share melalui permainan Tic Tac Toe untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik
    (Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-09-05) Nurul Hidayah
    Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan yang ditinjuau dari aspek valid, praktis, dan efektif dari E-LKPD berbasis Think Pair Share yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. penelitian ini dilaksanakan di MA Al Iman Bulus Purworejo dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 5 peserta didik dan pada tahap penerapapan berjumlah 34 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket keterampilan kolaborasi, lembar keterlaksanaan modul ajar, lembar observasi keterampilan kolabirasi, dan angket respon peserta didik. Hasil pembahasan yaitu: 1). Validitas E-LKPD berbasis Think Pair Share melalui permainan Tic Tac Toe dinyatakan valid. 2). Kepraktisan ELKPD berbasis Think Pair Share dapat dilihat dari lembbar keterlaksanaan modul ajar, lembar observasi keterampilan kolaborasi, dan angket respon peserta didik memperoleh rata- rata presentase dengan kategori sangat praktis.3) kefeektifan E-LKPD berbasis Think Pair Share dapat dilihat dari peningkatan keterampilan kolaborasi yang memperoleh skor N-gain sebesar 0,8 yang termasuk signifikan dalam kategori tinggi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis Think Pair Share yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik.
  • Item
    Implementasi Model Discovery Learning pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Peserta Didik
    (Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-09-05) Riza Nurihwana
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model Discovery Learning terhadap kemampuan psikomotorik dan peningkatan kemampuan psikomotorik peserta didik dalam implementasi model Discovery Learning pada mata pelajaran Getaran dan Gelombang di SMPN 15 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan yang ada di kelas. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VIII B tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran Getaran dan Gelombang dapat meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan psikomotorik siswa dari siklus I sebesar 75% mengalami peningkatan menjadi 88% pada siklus II. Hasil belajar pengetahuan siswa terlihat dari nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 75,94 dan meningkat pada siklus II rata-rata kelas menjadi 88,12. Dengan demikian terjadi peningkatan kemampuan psikomotorik peserta didik dalam implementasi model Discovery Learning di SMP Negeri 15 Purworejo.
  • Item
    Pengembangan Media Pembelajaran E Learning Berbantuan Google Sites Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Materi Kalor.
    (2024-09-05)
    Penelitian pengembangan media pembelajaran e-learning berbantuan google sites bertujuan untuk mengetahui kelayakan yang ditinjau dari validitas, praktikalitas dan efektivitas dari media pembelajaran e-learning berbantuan google sites yang telah dikembangkan. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran e-learning berbantuan google sites yang dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Petanahan dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 5 peserta didik dan pada tahap penerapan berjumlah 34 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain, lembar validasi, lembar respon peserta didik, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, lembar keterlaksanaan modul ajar, dan lembar angket kemampuan literasi sains. Teknik analisis data secara kuantitatif, uji normalitas, dan uji t-test. Hasil penelitian media pembelajaran e-learning berbantuan google sites diperoleh: (1) Media pembelajaran e-learning berbantuan google sites valid dilihat dari dua validator, ahli materi mendapatkan nilai Aiken V sebesar 0,93, ahli media sebesar 0,91. (2) Media pembelajaran e-learning berbantuan google sites praktis dilihat dari hasil angket respon peserta didik dengan nilai rata-rata sebesar 98% termasuk dalam kategori praktis, hasil rata-rata nilai pengamatan aktivitas sebesar 97% dan hasil rata-rata nilai keterlaksanaan modul ajar sebesar 98% termasuk dalam kategori praktis. (3) Media pembelajaran e-learning berbantuan google sites efektif berdasarkan hasil uji coba menggunakan paired sample t-test diperoleh nilai dari t hitung 0.000 < 0.05 yang artinya terdapat peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran e-learning berbantuan google sites. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran e-learning berbantuan google sites yang dikembangkan layak (valid, praktis, efektif) digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains.
  • Item
    Pengembangan Media Pembelajaran Materi Elastisitas Berbantuan Appsgeyser Untuk Meningkatkan Psikomotorik Peserta Didik
    (Program Studi Pendidi Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejokan Fisika Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-09-05) Sumiati
    Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari media pembelajaran berbantuan Appsgeyser yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap pengembangan yaitu (1) Analisis (Analysis), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), (5) Evaluasi (Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMA N 3 Purworejo dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 5 peserta didik dan uji coba luas berjumlah 29 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar validasi, lembar penilaian/pengamatan psikomotorik, dan lembar angket respon peserta didik. Teknik analisis data meliputi uji validitas, observasi, tes, angket respon dan data penilaian/pengamatan psikomotorik. Berdasarkan Hasil Pembahasan diantaranya: 1.) Kevalidan dapat dilihat dari hasil validasi ahli materi dan media menunjukan bahwa media pembelajaran berbantuan Appsgeyser yang telah dikembangkan oleh peneliti ialah layak digunakan dari segi validitas, dikarenakan hasil penilaian dari validator termasuk dalam kategori valid. 2.) Kepraktisan dapat dilihat dari hasil angket respon peserta didik terhadap media berbantuan Appsgeyser menunjukan hasil persentase sebesar 82,85% termasuk dalam kategori sangat praktis. Kepraktisan juga dinilai dari keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media berbantuan Appsgeyser dengan hasil rerata Reliable sebesar 94,53% dengan kategori sangat praktis. 3.) Keefektifan dapat dilihat dari hasil nilai pretest dan posttest diperoleh N-Gain sebesar 0,70 yang termasuk dalam kategori efektif. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berbantuan Appsgeyser yang dikembangakan ialah valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam meningkatkan psikomotorik peserta didik.
  • Item
    Pengembangan E-LKPD Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Thunkable untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Kalor di SMA N 5 Purworejo
    (Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-09-05) Ardiansyah Fahriza
    Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan yang ditinjau dari aspek valid, praktis, dan efektif dari e-LKPD. Berbasis android menggunakan aplikasi thunkable yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian ADDIE yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Purworejo dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 5 peserta didik dan pada tahap penerapan berjumlah 36 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar keterlaksanaan modul ajar, lembar Respon Peserta didik dan Soal Pretest Postest. Hasil pembahasan yaitu: 1) Validitas e-LKPD. Berbasis android menggunakan aplikasi thunkable yang dilihat dari dua validator memperoleh nilai rata-rata Aiken V sebesar 1 dengan kategori valid oleh ahli materi dan 1 dengan kategori valid oleh ahli media. Sehingga dapat dikatakan valid dan dapat digunakan untuk uji coba terbatas dan tahap penerapan. 2) Kepraktisan e-LKPD. Berbasis android menggunakan aplikasi thunkable dapat dilihat dari lembar keterlaksanaan modul ajar serta hambatan dan halangan, memperoleh rata-rata persentase dengan kategori sangat praktis dan reliabilitas secara keseluruhan termasuk kategori reliabel. 3) Keefektifan e-LKPD. Berbasis android menggunakan aplikasi thunkable dapat dilihat dari peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang memperoleh skor N-gain sebesar 0,72 yang termasuk signifikan dalam kategori tinggi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa e-LKPD. Berbasis android menggunakan aplikasi thunkable yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.