Pendidikan Fisika
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Fisika by Author "Khusniyatin"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemPengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 5 Purworejo(Prodi Pend. Fisika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-08-26) KhusniyatinABSTRAK Khusniyatin. 212150009. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 5 Purworejo. Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2025. Pembelajaran fisika di tingkat menengah sering dianggap sulit karena memuat konsep-konsep abstrak dan perhitungan yang kompleks, sehingga peserta didik cenderung pasif dan keterampilan berpikir kritis belum berkembang secara optimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan media pembelajaran inovatif yang mampu menyajikan materi secara kontekstual sekaligus menumbuhkan keterlibatan aktif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik fisika berbasis literasi visual sebagai media pembelajaran dan menguji validitas, kepraktisan, serta efektivitasnya dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah peserta didik SMA pada mata pelajaran fisika dengan pokok bahasan pengukuran. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli media dan ahli materi, angket respon guru dan peserta didik, serta tes keterampilan berpikir kritis. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik fisika berbasis literasi visual dinyatakan valid oleh para ahli dengan kategori sangat layak, praktis berdasarkan respon positif guru dan peserta didik, serta efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang ditunjukkan oleh adanya peningkatan hasil uji pretest dan posttest dengan analisis N-gain pada kategori sedang hingga tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa komik fisika layak digunakan sebagai media pembelajaran alternatif yang mampu mendukung proses pembelajaran abad ke-21 sekaligus meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA. Kata kunci: Komik Pembelajaran, Literasi Visual, Keterampilan Berpikir Kritis.