Teknologi Informasi

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 5 of 75
  • Item
    PENGEMBANGAN PLATFORM MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN METODE MDLC (MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE) PADA PENCAK SILAT TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH
    (PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO, 2023-08-16) Hendra darmawan
    Pembelajaran pencak silat di UKM Tapak Suci Universitas Muhammadiyah Purworejo mengalami kendala yaitu pada hafalan teknik dasar masih banyak anggota UKM yang tidak hafal teknik dasar tapak suci. Kedua waktu latihan yang terbatas karena dilakukan dua kali dalam seminggu. Permasalahan lain yaitu jadwal yang bersinggungan dengan jam kuliah. Tujuan dari penelitian ini mengetahui efektifitas pengembangan Platform Media Pembelajaran berbasis multimedia menggunakan metode MDLC Pencak Silat Tapak Suci bagi anggota UKM tapak suci dan agar dapat memberikan informasi melalui Platform Media Pembelajaran berbasis multimedia pada Pencak Silat Tapak Suci. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data Wawancara dalam memperoleh data pada UKM, Observasi mengumpulkan data dengan melakukan pengamatan secara langsung ke pihak UKM, Hasil studi pustaka dengan 50 jurnal. Pengembangan pada penelitian ini menggunakan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dalam menggembangkan platform media pembelajaran berbasis multimedia pada UKM tapak suci putera Muhammadiyah Universitas Muhammadiyah Purworejo. Ada enam tahapan pada proses pengembangan menggunakan Multimedia Life Cycle (MDLC). Tahap pertama yaitu concept (konsep), tahap kedua design (perancangan), tahap ketiga material collecting (prngumpulan bahan materi), tahap keempat assembly (pembuatan), tahap kelima testing (pengujian), tahap keenam distribution (distribusi). Menggunakan Analisis data angket untuk mengetahui Efektifitas Materi dan Media. Hasil pengembangan platform media pembelajaran yang dibuat dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan, mulai dari prmbuatan video pembelajaran dan platform media pembelajaran. Dari hasil analisis data angket pada pengembangan platform media pembelajaran pada UKM tapak suci dinilai sangat efektif. Hal ini dibuktikan dengan perolehan indeks presentase efektifitas materi sebesar 86,67% dan indeks presentase efektifitas media sebesar 88,57% dari 13 total pernyataan yang diajukan kepada 15 responden sehingga dikategorikan sangat efektif untuk digunakan.
  • Item
    RANCANG BANGUN WEB PORTAL TUGAS AKHIR DAN KERJA PRAKTIK DI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
    (PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO, 2023-08-16) Arif Muntaha
    Dalam mengelola data mahasiswa yang mengambil tugas akhir maupun kerja praktik pada Program Studi Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Purworejo sudah terkomputerisasi tetapi mengalami beberapa kendala. Ketika terdapat mahasiswa yang mendaftar tugas akhir maupun kerja praktik tidak ada proses persetujuan terlebih dahulu, sehingga data pendaftar langsung masuk ke database ketika sudah mengisi form yang disediakan. Sedangkan untuk pendaftaran seminar kerja praktik dan sidang tugas akhir masih dilakukan secara manual atau tertulis. Kendala lainnya mahasiswa yang akan melakukan bimbingan hanya bisa dilakukan secara langsung, tidak bisa secara online. Pembuatan Web Portal Tugas Akhir dan Kerja Praktik dapat menangani kendala-kendala tersebut. Dalam merancang dan membangun Web Portal Tugas Akhir dan Kerja Praktik menggunakan metode Waterfall. Metode ini memiliki 5 tahapan yaitu, Requirement, Design, Implementation, Verification dan Maintenance. Untuk menggambarkan aliran data menggunakan DFD (Data Flow Diagram). Hasil akhir dari penelitian ini menghasilkan Web Portal Tugas Akhir dan Kerja Praktik yang sudah disesuaikan dengan proses bisnis yang ada pada Program Studi Teknologi Informasi. Diharapkan dengan adanya Web Portal ini dapat membantu dalam mengelola data Tugas Akhir dan Kerja Praktik para mahasiswa.
  • Item
    PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI EXPLAINER DENGAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE SEBAGAI MEDIA PROMOSI
    (PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO, 2023-07-07) Restu Rizal Nasrul Khaq
    Salah satu faktor penting sebuah lembaga untuk menarik perhatian masyarakat adalah dari bentuk promosinya. Kantor Layanan Lazismu Universitas Muhammadiyah Purworejo adalah salah satu lembaga amil zakat yang bentuk promosinya masih monoton sehingga mempengaruhi jumlah penggunaan program dan layanan yang tersedia. Penelitian ini terfokus pada bentuk media promosi yang digunakan untuk mendistribusikan informasi program dan layanan serta pengaruh media promosi yang dikembangkan terhadap daya tarik penggunaan program dan layanan di Kantor Layanan Lazismu Universitas Muhammadiyah Purworejo. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan video animasi explainer yang menarik dan variatif sehingga diharapkan mampu meningkatkan minat donatur terhadap penggunaan program dan layanan Lazismu Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini menggunakan 3 teknik pengumpulan data yang meliputi Wawancara untuk memperoleh data pada lembaga, Studi Pustaka dengan 26 jurnal sebagai referensi, dan Observasi sebagai proses pengamatan untuk mengkonfirmasi temuan pada lembaga. Pada permasalahan yang ada, peneliti menganalisis masalah menggunakan metode SWOT. Analisis masalah metode SWOT memiliki 4 kategori analisis yaitu Kekuatan pada media lama (Strengths), Kelemahan pada media lama (Weaknesses), Peluang pada media baru (Opportunities), dan Ancaman pada media baru (Threats).Pengembangan pada penelitian ini menggunakan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Metode ini memiliki 6 tahapan yang dapat diikuti untuk memperoleh hasil yang sesuai, yaitu concept (pengonsepan), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (pengujian), dan distribution (pendistribusian). Dari hasil Pengujian Beta (Beta Test) yang diambil dari kuisioner dengan metode perhitungan Skala Likert, Pengembangan Video Animasi Explainer Sebagai Media Promosi dinilai mampu mempengaruhi daya tarik masyarakat terhadap penggunaan program dan layanan pada Kantor Layanan Lazismu Universitas Muhammadiyah Purworejo. Hal tersebut dinilai dari keseluruhan aspek pernyataan terkait daya tarik pada video promosi yang diajukkan kepada 23 responden dengan memperoleh Indeks Persentase sebesar 80,43%
  • Item
    SISTEM INFORMASI POINT OF SALES BERBASIS WEB MENGGUNAKAN LARAVEL DAN MYSQL
    (PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO, 2023-07-07) Arif Ibrahim
    Peran teknologi dalam kegiatan bisnis pada saat ini sangat penting untuk menunjang salah satu faktor keberhasilan para pebisnis. Salah satunya peran teknologi pada kegiatan bisnis untuk mengintegrasikan data kedalam sistem. Gummy Store merupakan salah satu pelaku bisnis yang menjual berbagai macam barang mulai dari baju, tas, make up, kaos kaki, spatu dan lain-lain. Berdasarkan hasil wawancara dengan pemilik Gummy Store mengatakan bahwa dalam pengelolaan barang dicatat didalam buku. Sehingga masalah yang mungkin terjadi adalah tidak adanya laporan penjualan khusus yang tercatat, Pencatatan mutasi barang sangat diperlukan bagi kepentingan audit. Semua itu dapat dikerjakan pada sebuah catatan fisik berupa buku. Point of Sales akan sangat membantu dan mengoptimalkan kinerja perusahaan karena sistemnya yang serba terkomputerisasi Point of Sales atau disingkat POS dapat diterjemahkan bebas menjadi sistem kasir Gummy Store belum memiliki sistem dalam pengelolaan barang, hal tersebut sulit bagi pihak Gummy Store untuk mengetahui barang apa saja yang masih tersedia di toko dan sulit juga untuk mengetahui laba yang sudah diperoleh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Waterfall. Model ini menggunakan pendekatan sistematis dan berurutan, metode ini memiliki 5 tahapan yang ada untuk memperoleh hasil yang sesuai, yaitu analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian dan pemeliharaan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, studi pustaka dan angket, Dari hasil pengujian Black Box dan kebergunaan atau Usability testing untuk mengukur responden terhadap sistem yang telah di buat, dengan melibatkan karyawan Gummy Store sebagai subyek penelitian. Jumlah responden penelitian terdiri dari 3 karyawan. Hasil Black Box testing tidak ditemukan masalah atau dapat dikatakan semua fitur yang telah diuji dapat berjalan dengan benar. Hasil dari usability testing dengan diperolehnya nilai sebesar 89.17 maka dapat disimpulkan bahwa sistem informasi Point of Sales ini layak digunakan.
  • Item
    PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BELAJAR MEMBACA BAGI ANAK PAUD MENGGUNAKAN METODE RESEARCH AND DEVELOPMENT DENGAN ACTION SCRIPT 3.0
    (PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO, 2023-07-07) Oktaviyany
    Media pembelajaran interaktif dapat membantu dan mempermudah dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan terutama bagi anak – anak. PAUD Tunas Bangsa Sembirkadipaten adalah salah satu Lembaga Pendidikan yang membutuhkan media pembelajaran interaktif karena masih menggunakan media buku. Dalam pengenalan huruf abjad dan membaca sederhana menggunakan metode dicontohkan dan meniru. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan pengembangan media interaktif belajar membaca bagi anak PAUD. Dalam pengembangan media interaktif belajar membaca, peneliti menggunakan metode penelitian Research and Development dengan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Dalam mengumpulkan data menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif yaitu wawancara dan observasi. Perancangan low fidelity mockup menggunakan balsamiq wireframe, pengembangan media menggunakan Adobe Animate 2021, tahap implementasi dilakukan pengujian menggunakan black box, dan evaluasi menggunakan metode sytem usability scale untuk menghitung tingkat usability atau kebergunaan media interaktif belajar membaca bagi anak PAUD. Kuesioner SUS diberikan kepada 15 orang responden yaitu 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru, dan 13 orang siswa. Berdasarkan pengujian black box testing tidak terdapat fitur yang bermasalah. Hasil nilai persentase usability testing sebesar 78,33%. Acceptability Ranges, skor 78,33 masuk ke dalam range Acceptable. Grade Scale, skor 78,33 masuk ke dalam grade C. Adjective rating, skor 78, 33 masuk ke dalam rating Good. Dapat disimpulkan nilai persentase 78,33% pada media interaktif belajar membaca bagi anak PAUD dapat diterima dan digunakan oleh pengguna. Media interaktif belajar membaca masih bisa untuk dikembangkan lebih baik lagi.