Pengaruh Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian dengan Customer Trust sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Pstore di Instagram)
No Thumbnail Available
Date
2022
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo
Abstract
Perkembangan bisnis yang sangat pesat saat ini tidak luput dari perkembangan
teknologi yang sangat pesat pula, hal ini menyebabkan pemasar harus jeli dalam
memanfaatkan teknologi dan terus berinovasi terhadap produk dan strategi
pemasarannya. Hal ini mengubah strategi pemasaran yang tadinya tradisional menjadi
digital. Salah satu Teknik yang digunakan adalah teknik pemasaran Viral Marketing,
pemasar berupaya meningkatkan kepercayaan konsumen menggunakan digital agar
konsumen melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
Viral Marketing mampu memberikan kepercayaan dan berpengaruh terhadap keputusan
pembelian.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi konsumen Pstore di Instagram.
Sampel yang digunaka pada penelitian ini sebanyak 150 orang, Teknik pengambilan
sampel meggunakan purposive sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner
dan jawaban dinilai menggunakan skala likert. Untuk mengetahui keakuratan pengukur
serta kestabilan parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan pengujian kuesioner
dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, untuk analisis data menggunakan
regresi dengan alat bantu SPSS 22.0 for windows dan untuk mendukung hasil mediasi
menggunakan Sobel Test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Viral Marketing berpengaruh positif
dan signifikan tergadap Keputusan pembelian, Viral Marketing berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Keputusan pembelian yang dimediasi oleh Customer Trust, dalam
hal ini berupa memediasi Sebagian (partial mediation).