Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia by Author "Aisyiah"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemNilai Pendidikan Novel 4 Masa 1 Mimpi Karya Agam Fachrul dan Wahyudi Pratama Serta Relevansinya Sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di Kelas XII SMA(Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-12-18) Aisyiahpenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel 4 Masa 1 Mimpi; (2) nilai pendidikan novel 4 Masa 1 Mimpi; (3) relevansi nilai pendidikan sebagai bahan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini difokuskan pada nilai pendidikan dan relevansinya sebagai bahan pembelajaran sastra di SMA fase F. Sumber data penelitian ini berupa kata, frasa, klausa, kalimat, paragraf, istilah-istilah yang tersusun dalam bentuk paragraf (kutipan langsung maupun tidak langsung) yang terdapat dalam novel 4 Masa 1 Mimpi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti, kartu pencatat data, dan alat tulisnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak catat. Analisis data dilakukan dengan teknis analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan metode informal. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel 4 Masa 1 Mimpi meliputi: a) tema: perjuangan. b) tokoh, tokoh utama: Agam Fachrul memiliki karakter sabar, percaya diri dan cerdas sedangkan tokoh tambahan: mama Agam, ayah Agam, Kiyai Abah Nur, Umi Faruq, dan Aisyah, c) alur: maju, d) latar/setting: latar dalam novel 4 Masa 1 Mimpi dibagi menjadi tiga bagian, antara lain: latar tempat: Pondok Pesantren Al-Iman Bengkulu, kota Bengkulu dan Pondok Pesantren Tahfidz Mataqu, latar waktu: pagi, sore, malam, latar suasana: sedih, ramai, dan sepi, e) sudut pandang: pengarang menggunakan pusat pengisahan orang pertama sebagai pelaku utama, dan f) amanat: novel 4 Masa 1 Mimpi mengajarkan untuk selalu melibatkan Allah dan doa orang tua serta tidak lupa untuk selalu ikhtiar dan yakin bahwa keputusan Allah yang terbaik; (2) nilai pendidikan dalam novel 4 Masa 1 Mimpi meliputi: nilai religius, moral, sosial dan budaya, nilai religius terdiri dari: mengaji, berdoa, shalat, nilai moral terdiri dari: sabar, patuh kepada orang tua, mandiri, bijaksana, pejuang, nilai sosial terdiri dari: peduli sosial, dan nilai budaya tari Andun, (3) relevansi nilai pendidikan sebagai bahan pembelajaran di SMA kelas XII fase F sesuai dengan KD 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel. Pada kompetensi dasar tersebut, peserta didik harus dapat menganalisis isi dan kebahasaan teks novel. Untuk menguasai isi dan kebahasaan novel, peserta didik perlu membaca dan memahami teks novel. Hasil kajian novel 4 Masa 1 Mimpi dapat dijadikan bahan ajar peserta didik untuk mendalami materi novel.