Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia by Author "Aminah Yuliyanti"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- Item“Pemerolehan Morfem Kompleks Anak Usia 4 Tahun si TK Az-Zahra Kedung Pomahan Kulon Tahun Ajaran 2024/2025 serta Relevansinya dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini(Prodi Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-07-09) Aminah YuliyantiYuliyanti, Aminah. 2025. “Pemerolehan Morfem Kompleks Anak Usia 4 Tahun si TK Az-Zahra Kedung Pomahan Kulon Tahun Ajaran 2024/2025 serta Relevansinya dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Kemampuan berbahasa merupakan keterampilan persiapan yang paling penting, karena di lingkungan TK anak-anak mulai belajar berkomunikasi, berinteraksi, dan bersosialisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) pemerolehan morfem kompleks anak usia 4 tahun di TK Az-Zahra Kedung Pomahan Kulon Tahun Ajaran 2024/2025, 2) pemerolehan kelas kata pada anak usia 4 tahun di TK Az-Zahra Kedung Pomahan Kulon Tahun Ajaran 2024/2025, dan 3) keterkaitan kajian psikolinguistik dalam pengembangan bahasa anak usia dini. Adapun jenis penelitian yang digunakan termasuk kualitatif. Lokasi penelitian ini di TK Az-Zahra Kedung Pomahan Kulon, Kec. Kemiri, Kab. Purworejo. Instrumen penelitian yang digunakan diantaranya kartu pencatat data, alat perekam, dan lembar observasi. Data diperoleh dari sampel 9 anak yang berusia 4 tahun di TK Az-Zahra Kedung Pomahan Kulon. Populasi di TK AzZahra Kedung Pomahan Kulon sejumlah 24 anak. Teknik pengumpulan data diantaranya meliputi observasi, wawancara, teknik rekam, dan teknik catat. Selanjutnya, teknik analisis data penelitian ini berupa metode agih. Teknik penyajian hasil analisis data disajikan menggunakan teknik informal. Hasil penelitian ini di antaranya: 1) pemerolehan morfem kompleks pada anak usia 4 tahun di TK Az-Zahra Kedung Pomahan Kulon telah mengalami bentuk penambahan, pengulangan, dan pemajemukan, selain itu, ditemukan bentuk ujaran yang kurang tepat penggunaannya seperti penambahan afiks –in yang membuat kata tersebut tidak baku dan bentuk infiks tidak ditemukan; 2) pemerolehan jenis kelas kata yang didapatkan pada anak usia 4 tahun di TK Az-Zahra Kedung Pomahan Kulon adalah verba sebanyak 52 kata, nomina 51 kata, adjektiva 2 kata, adverbia 2 kata, dan numeralia 10 kata; 3) relevansi kajian psikolinguistik pada pengembangan bahasa anak usia keterkaitannya pada pendidik, media pembelajaran, dan KD. 4.11 Siswa dapat menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan nonverbal). Selanjutnya, peran penting kajian psikolinguistik pada pengembangan bahasa anak usia dini adalah dengan mengetahui kemampuan berbahasa anak sejak awal dapat memaksimalkan kemampuan berbahasa mereka yang mencakup kemampuan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Selain itu, dijadikan pertimbangan dalam menentukan media pembelajaran yang disesuaikan dengan kognitif dan kemampuan berbahasa anak. Kata kunci: Pemerolehan bahasa, Morfem Kompleks, Anak Usia Dini