Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia by Author "Anindita Eksarianti"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemTindak Tutur Ekspresif dalam Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini Sutradara Angga Dwimas Sasongko dan Skenario Pembelajarannya di SMA(Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-10-13) Anindita EksariantiPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk tindak tutur ekspresif pada Film Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini karya Angga Dimas Sasongko, dan (2) fungsi tindak tutur ekspresif pada Film Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini karya Angga Dimas Sasongko, (3) skenario pembelajaran tindak tutur ekspresif dengan media film Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini karya Angga Dwimas Sasongko di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada analisis tindak tutur ekspresif pada film Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini Sutradara Angga Dwimas Sasongko dan Skenario Pembelajarannya di SMA. Penelitian ini difokuskan pada analisis tindak tutur ekspresif pada film Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini karya Angga Dwimas Sasongko dan Skenario Pembelajarannya di SMA. Sumber data penelitian ini adalah film Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini karya Angga Dwimas Sasongko. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dan steknik catat. Analisis ini dilakukan dengan metode padan. Penyajian data dilakukan dengan teknik informal. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) bentuk tindak tutur ekspresif yang terdapat dalam film Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini terdiri atas: mengucapkan terima kasih, mengeluh, meminta maaf, menyalahkan, dan memuji; (2) fungsi tindak tutur ekspresif pada Film Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini terdiri atas: fungsi tuturan ekspresif meminta maaf atas kesalahan yang telah diperbuat 23 data; tuturan ekspresif memuji untuk memberi apresiasi yang sifatnya positif atas hal yang dianggap baik 21 data; tuturan ekspresif mengucapkan terima kasih karena telah menerima bantuan 12 data; tuturan ekspresif mengeluh untuk menyatakan susah karena penderitaan dan kekecewaan 6 data; tindak tutur ekspresif menyalahkan seseorang 13 data; (3) skenario pembelajaran tindak tutur ekspresif dalam dialog film Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini di kelas XI SMA dilaksanakan berdasarkan KD. 3.19 menganalisis isi dan kebahasaan drama atau film yang dibaca atau ditonton menggunakan metode discovery learning. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan tahap pendahuluan, guru mengondisikan keadaan siswa agar siap untuk menerima materi pembelajaran yang disampaikan. Selanjutnya, tahap inti dilakukan dengan metode pembelajaran discovery learning (penemuan), guru memberi tugas siswa untuk berkelompok kemudian menemukan dialog yang termasuk tindak tutur direktif dalam film. Dalam tahap penutup, guru merefleksikan kegiatan pembelajaran untuk membangun karakter siswa