Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia by Author "Dede Eka Saputra,"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemNilai Moral Tokoh Utama Bulan Karya Tere Liye dan Penerapannya dalam Pembelajaran Analisis Teks Novel di SMA Kelas XII(Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2017-08) Dede Eka Saputra,Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi: (1) unsur intrinsik novel Bulan karya Tere Liye, (2) nilai moral novel Bulan karya Tere Liye, dan (3) penerapan pembelajaran analisis teks novel Bulan karya Tere Liye di SMA kelas XII. Sumber data penelitian ini adalah novel Bulan karya Tere Liye. Objek penelitian ini adalah nilai moral novel Bulan karya Tere Liye. Fokus penelitian ini, yaitu: unsur intrinsik (tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang, dan amanat), nilai moral (hubungan manusia dengan manusia, hubungan manusia dengan dirinya sendiri dan hubungan manusia dengan alam sekitar), dan penerapan pembelajaran analisis teks novel Bulan karya Tere Liye di SMA kelas XII. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi yaitu dengan membaca secara kritis dan teliti serta penuh pemahaman seluruh teks novel Bulan karya Tere Liye. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah penulis yang dibantu dengan kartu pencatat data. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara content analysis (analisis isi). Hasil analisis data disajikan dengan menggunakan metode penyajian internal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) unsur intrinsik novel Bulan, meliputi tema: petualangan di dunia paralel; tokoh dan penokohan: tokoh utama: Raib (peduli dan tegas), Seli (penakut dan mudah pesimis), dan Ali (pemalas tetapi memiliki otak jenius); tokoh tambahan: Pak Gun (bijaksana dan cerdas), Miss Selena (peduli dan tegas), Av (tegas dan bijaksana), Ily (pintar bertarung dan kuat), Fala-tara-tana IV (licik dan jahat), Hana-tara-hata (penolong), Mena-tara-neta II (peduli); alur: campuran; latar tempat: Ruang Kelas, Stadion, Kota Iliyos, Padang Perdu, Air Terjun, Danau Teluk Jauh, Bendungan Besar, Kampung Sawah, Lembah Jamur dan Pegunungan Dinding Batu; latar waktu: Waktu/menit, Waktu/jam, Hari, Minggu, Bulan, Tahun. Pagi hari, Siang hari, Sore hari, dan Malam hari; latar sosial: Festival Bunga Matahari, Rumah Adat Klan Matahari, dan Pemberian Nama Klan Matahari; sudut pandang: menggunakan sudut pandang pesona pertama, gaya “aku”; amanat: jangan merusak alam tempat tinggal kita, sesama manusia saling tolong menolong, jangan berprasangaka buruk dengan orang lain, dan tidak boleh berkecil hati dengan apa yang kita miliki (2) nilai moral yang tedapat dalam novel Bulan karya Tere Liye meliputi: nilai moral hubungan manusia dengan manusia lain, nilai moral hubungan manusia dengan dirinya sendiri, nilai moral hubunga manusia dengan alam sekitar (3) penerapan pembelajaran analisis teks novel Bulan karya Tere Liye menggunakan model pembelajaran Group Investigation, langkah-langkahnya: guru membagi kelompok, guru memberikan subjek penelitian, siswa membuat laporan, siswa mempresentasikan, dan guru memberi kesimpulan. Evaluasi dalam pembelajaran sastra ini meliputi penilaian dalam aspek kognitif (pengetahuan), psikomotorik (ketrampilan), dan afektif (sikap).