Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia by Author "Laela Rahmawati"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemRepresentasi Dominasi Tokoh Utama Laki-laki dalam Novel Tembang dan Perang Karya Junaedi Setiyono serta Relevansinya sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di SMA(Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-03-12) Laela RahmawatiDominasi maskulinitas merupakan sesuatu yang mengacu pada konstruksi sosial dan budaya, menempatkan laki-laki pada posisi superioritas dan kekuasaan dibandingkan perempuan dan kelompok gender lainnya. Hal itu juga dapat terjadi dalam dunia karya sastra menjadikannya sebagai salah satu dokumen yang berisikan tentang pengalaman, kisah, dan kehidupan para tokoh dalam cerita yang berhubungan dengan dominasi maskulinitas. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan:(1)Representasi dominasi tokoh utama, dan (2) relevansi bahan pembelajaran novel Tembang dan Perang karya Junaedi Setiyono. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Fokus penelitian ini adalah Representasi dominasi tokoh utama laki-laki dalam novel Tembang dan Perang karya Junaedi Setiyono serta relevansinya sebagai bahan pembelajaran di SMA. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik catat. Teknik analisis data penelitian ini adalah dengan menggunakan metode analisis isi. Teknik validasi data yang dilakukan dengan teknik membaca ulang. Teknik penyajian data menggunakan teknik informal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) representasi dominasi tokoh utama laki-laki dalam novel Tembang dan Perang karya Junaedy Setiyono terdiri atas: (a) Penampilan fisik 14% berupa tubuh atletis dan keberanian yang dimiliki oleh tokoh utama yang di tunjukan kepada orang lain. (b). Fungsional 7% berupa tulang punggung yang dilakukan oleh tokoh utama dalam menopang kehidupan orang-orang yang ada disekitarnya. (c). Seksualitas laki-laki 10% yaitu sesuatu yang berhubungan dengan laki-laki dan perempuan yang dilakukan oleh tokoh utama kepada para perempuan. (d). Emosional 4% yaitu berupa dapat mengendalikan emosi dengan baik yang dilakukan oleh tokoh utama dalam menghadapi sikap orang-orang disekitarnya. (e). Intelektual 12% yaitu berupa berfikir logis dan cerdas saat berfikir yang dilakukan oleh tokoh utama dalam berinteraksi dengan orang lain.(f). Interpersonal merupakan tanggung jawab dan mendominasi yang dimiliki oleh tokoh utama dalam memimpin pasukanya sebanyak 14%. (g) Karakter personal berupa sifat-sifat yang dimiliki oleh tokoh utama yaitu berupa penyayang, sedih, ramah, egois, ambisius, dan kegemaran dalam berpetualang itu semua merupakan sisi lain yang dimiliki oleh tokoh utama sebayak 40%. (2) Relevansi bahan pembelajaran dalam novel Tembang dan perang karya Junaedi Setiyono, hubungan tersebut yaitu hubungan ketercapaian jangka panjang, hubungan tercapainya Kompetensi dasar, serta hubungan terhadap pemilikan bahan ajar.