Pendidikan Fisika
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Fisika by Author "Annisa Ashlichati."
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemPengaruh Kreativitas Mengajar Guru dan Cara Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XI IPS SMA Negeri 7 Purworejo Tahun Ajaran 2021/2022(Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-03-29) Annisa Ashlichati.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru dan cara belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Purworejo Tahun Ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Purworejo sebanyak 108 siswa. Sampel berjumlah 84 siswa di tentukan dengan pedoman penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dalam Sugiyono (2016: 128) dengan tingkat kesalahan 5%. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode analisis dokumen dan metode angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Untuk uji validitas menggunakan validitas konstruk dan reliabilitasnya dengan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan korelasi parsial dan korelasi ganda. Berdasarkan analisis deskriptif, kreativitas mengajar guru memiliki kategori tinggi (45,2%), cara belajar memiliki kategori cukup (38,1%), dan hasil belajar memiliki kategori kurang (31,0%). Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar siswa sebesar 16,74% dengan rhitung = 0,237, t = 2,197, sig (0.031 < 0,05 maka siginifikan); (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara cara belajar siswa terhadap hasil belajar siswa sebesar 15,46% dengan rhitung = 0,219, t = 2,024, sig = 0,046 (0,046 < 0,05 maka signifikan); (4) ada pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru dan cara belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa sebesar 32,2% dan 67,80% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini (R = 0,568 ; Fhitung = 19,262 ; sig 0,000 (0,000 < 0,05 maka signifikan) dengan demikian seluruh hipotesis yang diajukan diterima.