Pendidikan Fisika
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Fisika by Author "Atik Ma’rifah"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemPengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Scratch untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik(PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO, 2023-08-16) Atik Ma’rifahTelah dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan scratch untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan materi efek Doppler yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan media tersebut yang ditinjau dari kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan guna untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu Analysis,Design,Development,Implementation dan Evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 3 Banyumas dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 6 peserta didik dan pada tahap penerapan berjumlah 26 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket peserta didik, tes hasil belajar, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Hasil pembahasan yaitu (1) Kevalidan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Scratch yang dilihat dari dua validator mendapat nilai 3,68 oleh ahli materi dengan kategori sangat baik dan 3,67 oleh ahli media dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat dikatakan valid dan dapat dipakai dalam uji coba terbatas dan tahap penerapan. (2) Kepraktisan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Scratch yang dapat dilihat dari angket respon peserta didik dengan persentase sebesar 87,1% yang termasuk dalam kategori sangat baik, dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan percentage agreement sebesar 93,3% yang termasuk dalam kategori reliable. (3) Keefektifan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Scratch dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar yang memperoleh nilai N-gain sebesar 0,64 yang termasuk dalam kategori sedang. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Scratch yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.