Pendidikan Fisika
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Fisika by Author "Hana Wahyuni"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemPengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis LMS Moodle Berbantuan Modellus untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Peserta didik(Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2022-09-27) Hana WahyuniPenelitian pengembangan media pembelajaran fisika berbasis LMS Moodle berbantuan Modellus dengan materi persamaan gelombang bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran fisika, mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan sehingga dinyatakan layak untuk meningkatkan kemampuan analisis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Petanahan Kabupaten Kebumen dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah lima peserta didik dan pada tahap penerapan berjumlah delapan belas peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah lembar validasi, angket respon peserta didik, lembar observasi, dan tes hasil belajar. Hasil pembahasan yaitu (1) Kevalidan media pembelajaran fisika berbasis LMS Moodle berbantuan Modellus yang dilihat dari dua validator mendapat nilai 3,10 oleh ahli materi dengan kategori baik dan 3,27 oleh ahli media dengan kategori baik. Sehingga dapat dikatakan valid dan dapat dipakai dalam uji coba terbatas dan tahap penerapan. (2) Kepraktisan media pembelajaran fisika berbasis LMS Moodle berbantuan Modellus yang dapat dilihat dari angket respon peserta didik dengan presentase sebesar 86,37% yang termasuk dalam kategori sangat baik, dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan percentage agreement sebesar 99% yang termasuk dalam kategori reliabel. (3) Keefektifan media pembelajaran fisika berbasis LMS Moodle berbantuan Modellus dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar kemampuan analisis yang memperoleh nilai N-gain sebesar 0,70 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis LMS Moodle berbantuan Modellus yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan analisis peserta didik.