Pendidikan Fisika
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Fisika by Author "Intan Nur Adila"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemPengembangan Media Pembelajaran Terintegrasi HOTS Untuk meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Peserta Didik(Prodi Pend. Fisika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2025-08-27) Intan Nur AdilaABSTRAK Intan Nur Adilah, 212150008. Pengembangan Media Pembelajaran Terintegrasi HOTS Untuk meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Peserta Didik. Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2025. Telah dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran fisika SMK berbasis kearifan lokal guna meningkatkan hasil belajar dan motivasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE yaitu, Analisys, Desain, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian dilaksanakan di SMK Pancasila 2 Kutoarjo dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 5 peserta didik dan pada tahap penerapan berjumlah 28 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar soal pre-tes dan post-test, lembar angket respon peserta didik, lembar angket motivasi peserta didik, lembar soal pre-tes dan post-test hasil belajar, lembar penngamatan aktivitas peserta didik, dan lembar keterlaksanaan modul ajar. Teknik analisis data secara kuantitatif, N-gain dan t-test. Hasil penelitian diperoleh: (1) media pembelajaran berbasis kearifann lokal terintegrasi HOTS valid dilihat dari tiga validator, ahli materi mendapatkan nilain Aiken V sebesar 0,89, ahli media sebesar 0,9, ahli Guru Fisika sebesar 0,89 sehingga dapat dipakai untuk uji coba terbatas dan tahap penerapan. (2) media pembelajaran berbasis kearifann lokal terintegrasi HOTS dengan model inquiri based learning praktis dilihat dari hasil angket respon peserta didik sebesar 89,82%. Pengamatan aktivitas peserta didik sebesar 84,38% dan keterlaksanaan modul ajar sebesar 95%. (3) media pembelajaran berbasis kearifan lokal terintegrasi HOTS efektif berdasarkan dari hasil uji coba menggunakan paired sample t-test diperoleh nilai ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐ 0.000 < 0.05, yang artinya terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 0,84 dengan kategori tinggi setelah menggunakan media pembelajaran berbasis kearifan lokal terintegrasi HOTS. Berdasarkan hasil angket motivasi belajar terdapat peningkatan sebesar 96% dikategorikan sangat baik. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis kearifan lokal terintegrasi HOTS yang dikembangkan layak (valid, praktis, efektif) digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi peserta didik dalam pembelajaran fisika serta sebagai alternatif bahan ajar. Kata kunci: Media Pembelajaran Fisika, Kearifan Lokal, HOTS, Hasil Belajar, Motivasi Peserta Didik