Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Guru Sekolah Dasar by Author "A. Ridho Afriyanto"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemUpaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Persiapan Kemerdekaan Melalui Metode Bermain Peran Pada Kelas V SDN 1 Tempurejo(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-07-25) A. Ridho AfriyantoPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi IPAS persiapan kemerdekaan melalui matode bermain peran kelas V SDN 1 Tempurejo. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Subyek pada penelitian ini peserta didik kelas V SDN 1 Tempurejo, dengan jumlah 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data ini mengunakan wawancara, observasi, dan tes. Analisis data mengunakan analisi deskriptif. Hasil penelitian adalah : (1) Pra siklus terlihat bahwa tingkat ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal hanya mencapai 16,6% dengan jumlah tuntas sebanyak 3 peserta didik sedangkan jumlah yang belum tuntas sebanyak 15 peserta didik (83,4%). Dengan rata-rata 48,05. Pada pra siklus data di peroleh dengan teknik analisis dokumen. (2) pada siklus I diperoleh 9 orang yang tuntas (50%) dan yang belum tuntas sebanyak 9 (50%). Dengan rata-rata 58,05. Dengan indikator keberhasilan ≥70, maka masih perlu dilakukan siklus ke II (3) Pada siklus II jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 17 peserta didik (94,4%) dan hanya 1 peserta didik yang belum tuntas (5.6%), dan rata-rata 76,05. Dengan demikian metode rolle playing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 1Tempurejo.