Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Guru Sekolah Dasar by Author "Achmat Iwan Wanandi"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemMedia Display Dari Bahan Limbah An-Organik Sebagai Media Pembelajaran IPA Kelas V Di SD Negeri 2 Banyumudal(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-07-26) Achmat Iwan WanandiPenelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media display dari bahan limbah an-organik, (2) mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pengembangan media display dari bahan limbah an-organik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 2 Banyumudal. Penelitian dilakukan pada tahun pelajaran 2023/2024. Uji coba terbatas dilakukan terhadap 9 peserta didik, uji coba luas dilakukan terhadap 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Instrumen pembelajaran berupa silabus dan modul ajar sedangkan instrumen penilaian berupa lembar validasi ahli media, materi dan praktisi. dan angket respons peserta didik. Teknik analisis data kelayakan media display berdasarkan hasil validasi ahli media, ahli materi, dan praktisi. Kepraktisan media display diukur berdasarkan hasil angket respons peserta didik, keefektifan diukur berdasarkan nilai evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian pengembangan media display: (1) dihasilkan produk berupa media display yang dapat digunakan sebagai bahan referensi sumber dan media belajar, (2) hasil kevalidan media display dari mendapat rata-rata 3.6 dengan kriteria valid, (3) kepraktisan media display dilihat dari respons peserta didik pada tahap uji coba luas mendapat persentase 89,55% dengan kategori sangat praktis. (4) keefektifan media display dilihat dari nilai evaluasi pada tahap uji coba luas mendapat rata - rata 87.2 dengan kategori sangat efektif. Maka, disimpulkan bahwa media display dari bahan limbah an-orga nik dapat dikategorikan valid, praktis, dan efektif sebagai sumber belajar untuk pembelajaran di SD.