Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Guru Sekolah Dasar by Author "Adam Ilham Said"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemAnalisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri Kledung Kradenan(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-07-04) Adam Ilham SaidPenelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas IV sekolah dasar negeri Kledung Kradenan. Penelitian ini merupakan penelitian analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan angket. Dimana dalam penelitian ini melibatkan hasil angket dan wawancara orang tua orang tua serta wawancara guru. Penelitian ini melibatkan 13 Siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Untuk orang tua yang diwawancarai melibatkan 4 orang tua. Hasil analisis yang telah dilakukan bahwasanya orang tua berpengaruh besar terhadap motivasi belajar siswa. analisis data yang dilakukan maka ditemukan hasil penelitian tentang bentuk pola asuh yang diterapkan oleh orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri kledung kradenan. Hal ini tergambar dari hasil observasi dan wawancara dengan orang tua dan anak, dimana bentuk pola asuh yang dominan diterapkan oleh orang tua yaitu pola asuh demokratis. Selain bentuk pola asuh demokratis, ada juga yang menerapkan pola asuh otoriter dan pola asuh permisif. Penerapan pola asuh yang baik dapat diwujudkan lewat perlakuan, perhatian, pemenuhan kebutuhan, serta sikap orang tua dalam kehidupan sehari-hari dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar anak di sekolah. Jenis pola asuh yang diterapkan oleh orang tua dapat berpengaruh terhadap karakteristik anak di kemudian hari. Memberikan sikap yang positif, perlakuan yang sesuai dari orang tua dalam mendidik anak, maka akan lebih mudah meningkatkan motivasi anak dalam belajar yang terdiri dari 13 siswa, 13 orang tua dan 4 orang tua yang diwawancarai Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat disampaikan bagi orang tua dapat memberikan pola asuh yang tepat dan memberi perhatian serta dukungan penuh terhadap kegiatan positif anak agar anak menjadi lebih termotivasi lagi dalam belajarnya, sehingga anak dapat mengembangkan bakat yang dimilikinya. Bagi siswa, dapat menjadi bahan masukan bagi siswa agar lebih giat lagi dalam mengikuti pembelajaran agar mencapai suatu prestasi. Bagi guru, dapat memberikan informasi bahwa peran orang tua mempunyai pengaruh yang positif terhadap motivasi belajar siswa dan dapat bekerja sama dengan orang tua siswa dalam memberikan bimbingan serta arahan kepada anak didiknya agar mencapai keberhasilan.