Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pendidikan Guru Sekolah Dasar by Author "Akhadiyah Dwi Kusumaningtyas"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemPengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Kontekstual Dan Karakter Materi Hak Dan Kewajiban Anak Kelas IV Sekolah Dasar(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2024-07-16) Akhadiyah Dwi KusumaningtyasPenelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui prosedur mengembangkan media pembelajaran scrapbook berbasis kontektual dan karakter materi hak dan kewajiban anak untuk kelas IV Sekolah Dasar. 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran scrapbook berbasis kontektual dan karakter materi hak dan kewajiban anak untuk kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan Penelitian Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Wirun yang berjumlah 32 peserta didik. Penelitian ini mengacu pada model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry pada tahun 1996. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli media dan ahli materi, angket respon peserta didik, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penelitian pengembangan media pembelajaran scrapbook menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 (Lima) tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. 2) Kelayakan media pembelajaran scrapbook pada aspek kelayakan dari ahli media 96,6% dan ahli materi 93,75% dengan kategori sangat layak. Pada aspek kepraktisan dari hasil respon peserta didik saat uji coba terbatas mendapat 100%, uji coba lebih luas mendapat 99,6%. Hasil keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan 1 oleh observer I dan II mendapat 93,3%, dan pada pertemuan II oleh observer I dan II mendapat 100% dengan kriteria sangat praktis. Aspek keefektifan dari hasil tes peserta didik mendapat 92% dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan dari hasil kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan maka media pembelajaran scrapbook berbasis konteksstual dan karakter dapat dikatakan layak untuk digunakan.